Mommies Info

Yuk Jadi Konsumen Cerdas dengan CEK KLIK!

Saat ini jumlah penduduk Indonesia semakin banyak dan terus berkembang dengan pesat. Kondisi inilah yang membuat masyarakat Indonesia menjadi sasaran empuk para produsen dari dalam maupun luar negeri. Ditambah lagi seringnya ada embel-embel diskon di berbagai pusat perbelanjaan semakin membuat masyarakat menjadi konsumtif sehingga terkadang lupa untuk mengecek tanggal kadaluarsa, izin edar, kemasan dan sebagainya. Hal ini yang membuat pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tergerak untuk melakukan suatu edukasi bagi masyarakat Indonesia untuk mengetahui bagaimana caranya memilih obat dan makanan yang baik dan layak untuk dikonsumsi.

Talk Show

Tepatnya pada hari Sabtu tanggal 7 September 2019 lalu bertempat di Bonnet Supermarket Surabaya, Mommiesharing berkesempatan untuk menghadiri Talk Show dan Launching Program “Ayo Cek Klik Sebelum Belanja”.

Cek Klik adalah salah satu program nasional dari Badan POM. Lalu apa sih CEK KLIK itu ? KLIK merupakan kepanjangan dari Kemasan, Label, Izin edar, dan Kadaluarsa. Jadi sebelum membeli suatu produk di harapkan masyarak bisa cermat mengecek obat dan makanan agak terhindar dari hal yang merugikan.

CEK KEMASAN

Pastikan kemasan produk dalam kondisi baik, tidak berlubang, sobek, karatan, penyok dan lain-lain.

CEK LABEL

Baca informasi produk yang tertera pada labelnya dengan cermat. Label harus memberikan informasi tentang produk tersebut.

CEK IZIN EDAR
Pastikan produk yang akan dibeli memiliki izin edar dari Badan POM.

CEK KADALUARSA
Pastikan produk tidak melewati masa kadaluarsa. 

Dan untuk memudahkan CEK KLIK, Badan POM juga mebuat aplikasi yang di beri nama BPOM MOBILE. Aplikasi ini sudah tersedia di Playstore maupun Appstore. Dengan menggunakan aplikasi ini masyarakat bisa semakin mudah untuk CEK KLIK. Caranya tinggal scan QR Barcode yang tertera pada kemasan lalu detail produk akan muncul.

Jika produk belum memiliki QR Barcode, kita bisa mengetik secara manual Nomer Izin Edar. Lalu misalkan scan barcode dan ketik manual detail produk masih belum muncul, apakah produk tersebut tidak memiliki izin edar ? Belum tentu juga, karena aplikasi ini di buat untuk memudahkan jadi jangan men-judge terlebih dahulu.

Jika Anda merasa ragu-ragu terhadap izin suatu produk maka bisa konfirmasi terlebih dahulu ke Badan POM bisa melalui aplikasi atau via telepon. Yuk mari sisihkan waktu 30 detik untuk melakukan CEK KLIK untuk jadi konsumen yang cerdas dan berdaya dalam memilih obat dan makanan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *