Health Mommies News

Waspada! Wabah Covid-19 Menyebabkan Lonjakan Harga Hand Sanitizer, Ketahui Cara Tepat dalam Penggunaannya

Tahun 2020 baru berjalan selama beberapa bulan tetapi warga seluruh penjuru dunia dihadapkan pada wabah mengerikan yang telah menjangkit dan menelan banyak nyawa. Corona atau Covid-19 namanya. Penyakit yang memiliki gejala awal mirip dengan flu biasa tersebut telah menimbulkan banyak kegelisahan karena bisa berujung pada kematian.

 

Covid-19 awalnya muncul di Wuhan, China pada desember 2019 dan menimbulkan kegemparan karena cepatnya penyebaran penyakit tersebut. Setelah beberapa saat penyakit tersebut pun tanpa diduga sudah teridentifikasi di negara lainnya. Bagaimana dengan Indonesia? Hingga Sabtu (21/03/2020) sudah mencapai angka 450 orang yang positif terkena virus Covid-19.

Sebaran Covid-19 Indonesia

Ketika awal mula berita tentang virus Covid-19 menyebar hingga Indonesia, salah satu hal yang justru menarik perhatian adalah kelangkaan alat kesehatan yaitu masker. Harganya melambung tinggi dan sulit untuk ditemukan. Kini harga hand sanitizer pun ikut mengalami peningkatan dan sudah mulai sulit ditemukan. Menurut mommies seberapa penting penggunaan hand sanitizer dalam rangka menjaga kebersihan dan kesehatan keluarga Anda?

 

Terlepas dari penting atau tidaknya penggunaan hand sanitizer, tidak bisa dipungkiri bahwa kesadaran untuk menjaga kebersihan diri harus ditingkatkan. Kinerja hand sanitizer dapat terasa maksimal apabila digunakan dengan benar, berikut adalah cara yang tepat dalam penggunaannya :

 

  • Melepaskan perhiasan dari tangan sebelum menggunakan hand sanitizer
  • Tuangkan atau semprotkan cairan hand sanitizer pada salah satu telapak tangan Anda
  • Gosokkan ke telapak tangan Anda yang lainnya
  • Ratakan cairan hand sanitizer tersebut ke seluruh permukaan tangan dan jari tangan hingga mengering
  • Jika tangan Anda sangat kotor, maka disarankan untuk mencuci tangan dahulu menggunakan air dan sabun lalu Anda dapat menggunakan hand sanitizer

 

Penggunaan hand sanitizer tergolong sangat mudah, namun tidak dapat dipungkiri bahwa perannya belum mampu menggantikan fungsi mencuci tangan dengan air dan sabun dalam membunuh kuman di tangan Anda. Selain itu, harga hand sanitizer meningkat karna banyak masyarakat yang terkesan menimbun barang tersebut padahal dapat merugikan orang lain.

 

Hal yang perlu diperhatikan selain bagaimana bijak dalam membeli hand sanitizer dan cara penggunaan hand sanitizer yang tepat ialah kapan waktu yang tepat Anda dapat menggunakannya. Semoga virus Covid-19 segera dapat teratasi dan mommies beserta keluarga diberi kesehatan.

 

Sumber :

 

Sumber gambar :

Ciptaningtyas D. A. Ikaningrum

Seorang Ibu muda yang ingin sepenuhnya membersamai anak di rumah dan menjadikan rumah sebagai tempat bermain yang menyenangkan.
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *