Mommies Info

Waspada Baby Blues Syndrome

Baby Blues Syndrome adalah suatu kondisi yang biasa terjadi pada ibu pasca melahirkan seperti perasaan cemas, sedih, hingga akhirnya stress.

Baby Blues ini memang sering terjadi pada kebanyakan ibu yang baru melahirkan anak nya. Namun, jika tidak diatasi dengan baik & benar akan berbahaya karena dapat berpotensi terjadi Post Partum Depression (PPD) yang berakibat menyakiti diri sendiri maupun orang lain.

Beberapa hari yang lalu ramai kabar tentang bayi yang ditusuk sebanyak 90 kali menggunakan gunting oleh ibunya sendiri karena menggigit puting ibunya saat menyusu. Akibatnya, Xiao Bao (bayi 8 bulan yang malang) tersebut membutuhkan lebih dari 100 jahitan. Peristiwa tersebut terjadi di Xuzhuo, Provinsi Jiangsu, Tiongkok Timur.

Kabarnya, Xiao Bao tinggal bersama ibunya dan kedua pamannya dengan menggantungkan hidupnya dari hasil membuat sampah daur ulang. Salah satu pamannya menemukan bayi malang tersebut bersimbah darah di halaman rumah nya, kemudian langsung melarikannya ke rumah sakit & dibutuhkan lebih dari 100 jahitan. Si Ibu mengaku bahwa Ia telah menikam bayi nya setelah ia digigit selama menyusui.

Dilansir dari beberapa sumber, di China modern ini penyakit mental masih menjadi topik yang relatif tertutup dan pengobatan psikiatrik modern tidak banyak digunakan. Jurnal Media Inggris The Lancet tahun 2009 menganalisis kesehatan mental di empat provinsi di China dan memperkirakan bahwa 91% dari 173 juta orang dewasa China yang diyakini memiliki masalah kesehatan mental tidak pernah menerima bantuan profesional.

Terlepas dari masalah mental yang kemungkinan terjadi pada si Ibu ini, baby blues syndrome memang kerapkali menakut-nakuti kebanyakan ibu yang baru saja melahirkan. Apalagi jika ternyata tidak disadari hingga mengarah ke PDD (Post Partum Depression) yang akan berakibat buruk bagi ibu itu sendiri, bayi, maupun orang lain. Salah satu akibatnya jika sudah baby blues dan disimpan berkepanjangan dalam hati adalah bisa saja seorang ibu menyakiti diri sendiri atau bahkan bunuh diri. Semoga hal itu tidak terjadi diantara kita semua.

Lalu, adakah cara mengatasinya?
Faktanya, baby blues bukanlah suatu penyakit & dapat hilang sendiri seiring berjalannya waktu.

Berikut beberapa cara mengatasi baby blues:

1. Memiliki waktu yang cukup untuk tidur. Karena baby blues akan memburuk ketika seorang ibu sulit/kurang tidur. Maka dari itu sebaiknya cukupkan waktu tidur, jika anak tidur ikutlah tidur untuk mempersiapkan fisik mengurus anak kembali setelah ia terjaga.

2. Peran suami sebagai support system terbaik. Setelah menikah, tentu saja suami menjadi satu-satunya orang yang paling dekat & menjadi tempat keluh kesah seorang istri. Tugas suami disini adalah menyiapkan tenaga & perasaan peka nya dalam membantu dan memberi semangat istri yang baru saja melahirkan. Ketika seorang istri terlihat lelah & menganggap bahwa dirinya bukanlah sosok ibu yang baik, disinilah peran suami untuk sekedar membantu pekerjaan istri & memberikan semangat kepada istri bahwa tidak ada seorang ibu yang sempurna, namun selalu ada ibu yang memberikan yang terbaik untuk anaknya.

3. Libatkan Sang Pencipta setiap waktu. Karena atas kuasa Nya lah kita bisa menjadi ibu seperti sekarang ini dan atas pertolongan Nya pula setiap masalah bisa kita hadapi. Sabar dan bersyukur adalah kunci.

Semoga bermanfaat.

Sumber:
Instagram: @makassarinfo
www.frisco.co.id
idntimes.com

Ziana Walida

Ziana Walida

Fulltime mother & fulltime learnerđź’•
Follow Me:

Related Posts