Mommies Daily

Viral! Bocah Berbobot 110 Kg Meninggal : Hindarkan Anak dari Obesitas dengan 6 Tips Ini

Satia namanya, seorang bocah asal Karawang yang sempat viral karena mengidap obesitas parah ini akhirnya menghembuskan nafas terakhir karena penyakit yang dideritanya. Dilansir dari kompas.com, Satia memang menderita obesitas dikarenakan pola makan yang berlebihan. Hal inilah yang menyebabkan bocah yang seharusnya masuk SD tahun ini menderita obesitas hingga berbobot 110 kg.

Nah, supaya anak-anak mommies terhindar dari penyakit serupa, berikut Mommiesharing berikan 6 cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah kasus diabetes pada anak.

1. Biasakan anak makan makanan dengan gizi seimbang sesuai dengan jadwal
Hal pertama yang bisa mommies lakukan untuk mencegah diabetes pada anak adalah memastikan asupan nutrisi yang masuk ke tubuhnya. Pastikan anak memakan makanan bergizi cukup dan tidak berlebihan. Selain itu, pastikan juga anak makan dengan jadwal yang teratur. Hal ini akan sangat membantu mengurangi resiko obesitas.

2. Berikan snack yang sehat
Snack time memang jadi hal yang penting untuk anak, terutama dalam mendukung pertumbuhan nya. Meski begitu, hindari memberikan snack yang mengandung sedikit nutrisi tapi tinggi gula, garam, ataupun lemak. Berikan snack seperti buah-buahan yang dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh.

3. Batasi jajanan
Di masa kanak-kanak jajanan memang jadi hal yang sangat menggoda. Meski begitu mommies tidak boleh lengah dengan permintaan anak untuk jajanan. Buat perjanjian tentang berapa budget uang jajannya dan berani berkata tidak bila anak menginginkan jajanan tidak sehat atau melebihi anggaran hariannya.

4. Ajarkan anak untuk menabung
Tahukah mommies? Selain bagus untuk meningkatkan life skill anak, mengajarkan anak untuk menabung sejak dini akan membantu mereka belajar menahan diri saat ingin memiliki hal-hal yang mereka inginkan. Hal ini termasuk makanan, yang tentunya akan membantu menurunkan resiko obesitas.

5. Biasakan anak membantu pekerjaan rumah
Membantu pekerjaan rumah ternyata bukan hal sepele loh. Selain membantu mempersiapkan anak untuk kehidupan nanti, membiasakan mereka mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti menyapu, ngepel, dan bebenah juga bisa berfungsi sebagai sarana olahraga bagi anak. Olahraga inilah yang akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh anak dan mencegah penyakit obesitas.

6. Ikutkan anak pada aktivitas luar ruangan
Seperti olahraga, aktivitas di luar ruangan akan membantu anak menjadi lebih aktif dan meningkatkan metabolisme tubuh untuk terhindar dari obesitas. Hanya saja, pastikan aktivitas yang diikuti sesuai dengan minat dan bakat anak supaya mereka enjoy dalam melakukannya.

Nah, itulah enam hal yang bisa mommies lakukan untuk mencegah resiko obesitas pada anak. Pada awalnya mungkin membutuhkan adaptasi, tapi demi kebaikan anak, hal itu patut untuk diperjuangkan.

Referensi :
https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/regional/read/2019/09/30/05201751/kronologi-meninggalnya-satia-bocah-obesitas-asal-karawang

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *