Ibu & Anak Parenting

Tips Mudik Menyenangkan Bersama Si Kecil

Haii Mommies.. Lebaran sebentar lagi.. Waahh mommies pasti sudah sibuk siapin barang – barang yang dibutuhkan buat mudik nanti.. Hmmm tapi gimana caranya nih biar mudik bareng si kecil tetap aman dan menyenangkan ya?? Tenang Moms, ada beberapa tips nih yang bisa dicoba biar Moms tetap tenang di jalan
1. Diskusikan dengan Suami Transportasi yang Akan Digunakan Mudik
Hal ini penting Moms karena jarak tempuh yang jauh dan pilihan transportasi yang digunakan mudik penuh sesak juga rentan membuat si kecil bosan dan akhirnya jadi rewel.
2. Bawa Mainan atau Makanan Kesukaan Si Kecil
Ketika si kecil mulai menunjukkan kebosanan, jag an panic Moms. Coba beri mainan favoritnya. Atau moms juga bisa memberikan makanan kesukaan si kecil karena bisa jadi si kecil merasa haus atau lapar.
3. Pilih Waktu Mudik yang Tepat
Bila Moms berencana mudik menggunakan kendaraan pribadi, Pilih waktu berangkat mudik saat si kecil biasanya istirahat, contohnya saat jam tidur siang anak. Selain mencegah anak rewel, berkendara di siang hari juga lebih aman karena bisa lebih fokus dan waspada ketika menyetir untuk membaca situasi-kondisi jalanan daripada mudik di malam hari.
4. Bawa Kebutuhan yang Diperlukan Anak
Nah mommies ada baiknya Moms mulai mencicil semua kebutuhan yang diperlukan si kecil sejak jauh – jauh hari. Agar ketika mudik tidak ada keperluan si kecil yang belum terbawa. Pastikan moms membawa pakaian, obat – obatan si kecil juga yah Moms.
5. Istirahatkan Badan dengan Mencari Tempat yang Aman
Bila si kecil terus bosan dan menangis meski sudah dihibur dengan berbagai cara, ada baiknya segera pinggirkan kendaraan Moms di pom bensin, tempat makan, atau rest area tol terdekat. Tenangkan anak sejenak sembari mengistirahatkan tubuh setelah duduk berjam-jam di mobil. Tidak perlu terburu-buru sampai ke tujuan bila memang tidak memungkinkan. Meneruskan perjalanan dalam kondisi yang tidak nyaman justru dapat meningkatkan risiko berbahaya selama di perjalanan. Bila perlu, Moms bisa mencari penginapan terdekat untuk memulihkan kembali energi yang telah terkuras habis di perjalanan. Begitu si kecil kembali tenang dan stabil, barulah Moms bisa melanjutkan perjalanan hingga sampai ke tujuan.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa Mommies coba agar mudik bersama si kecil tetap menyenangkan. Selamat bermudik ria bersama anak dan keluarga, ya Mommies..

 

Salam Hangat Penuh Cinta

 

Hafida

 

Source:
hellosehat.com
id.theasianparents.com

Hafida Satya Aryani

Hafida Satya Aryani

Mom of Precious Child. Full Stay at Home Mom

Related Posts