Mommies Info

Tips Mudik Menggunakan Kereta Ekonomi

Memilih kereta ekonomi untuk mudik lebaran tahun ini? Pernyataan yang mungkin akan timbul di benak orang pasti rasa malas menghadapi keriwehannya karena sumpek dan desak-desakan, terlebih membawa bayi. Tapi, jaman sekarang kereta ekonomi sudah tidak seperti jaman dulu lagi. Kenyamanan, kebersihan dan keamanan sudah terjamin, maka tidak perlu khawatir lagi sumpek-sumpekan di kereta. Membawa bayi juga jadi lebih yakin gak khawatir bayi rewel selama perjalanan mudik.

Beikut beberapa tips mudik menggunakan kereta api ekonomi ala Mommiesharing :

1. Merencanakan Perjalanan Jauh Hari
Perjalanan yang terencana akan memudahkan dalam menyiapkan perlengkapan yang hendak dibawa. Terutama perlengkapan yang mengharuskan beli terlebih dahulu karena belum punya di rumah dan dibutuhkan saat perjalanan mudik nanti. Selain persiapan logistik, kita juga bisa menyiapkan fisik kita agar selalu sehat agar tidak sakit ketika hari H perjalanan dimulai. Tentu repot sekali kan kalo sampai badan tidak fit saat bepergian.

2. Pesan Tiket Jauh Hari Sebelum Keberangkatan
Hal ini bertujuan agar bisa memilih gerbong dan tempat duduk yang sesuai dengan kehendak sendiri. Misalnya, memesan tiket 4 tempat duduk yang berhadapan (2 kursi untuk ayah dan ibu, 2 kursi depannya untuk si kecil). Kursi yang kosong bisa dipakai untuk menaruh tas yang sering diambil barangnya sekaligus jika si kecil tidur, tinggal pindahkan tas dan jadikan 2 kursi tersebut untuk tidur si kecil. Sudah nyaman, serasa di kereta sendiri, dan ekonomis pula.

3. Sounding
Memberi tahu Si Kecil di hari-hari sebelum berangkat bahwa kita semua akan melakukan perjalanan mudik ke luar kampung halaman naik kereta api sambil menceritakan apa yang akan terjadi dan memberi pengertian padanya. Dengan melakukan briefing terlebih dahulu anak akan lebih bisa diajak kompromi. Sounding penting ya Moms, dalam hal apapun.

4. Membawa Barang dan Baju Seperlunya
Membawa baju sesuai keperluan berapa hari menginap, apalagi kalo di kampung halaman itu sangat memungkinkan bisa mencuci baju, itu lebih menguntungkan. Membawa beberapa pakaian saja lalu bisa mencuci baju di kampung, maka gak perlu membawa baju selembar. Selain hemat tempat juga hemat tenaga.

5. Bawa Gendongan
Penting sekali ya Moms, usahakan bawa yang nyaman dipakai lama. Misalnya, pakai hipseat carrier kalo untuk di jalan & bawa gendongan sling juga buat kalo di rumah si kecil minta digendong. Biasanya kalo mau tidur si Kecil mintanya digendong, jadi bawa yang sesuai kebutuhan. Karena Moms yang paling tahu kebutuhan sendiri.

6. Bawa Makanan, Mainan & Toiletries
Makanan untuk menemani perjalanan mudik di kereta dan juga mainan agak si kecil tidak bosan. Perlengkapan makan & mandi bawa seperlunya saja ya, Moms.

7. Jangan Malu untuk Jalan-jalan di dalam Gerbong
Karena bayi kadang bosan kalo hanya duduk di gerbong, ajaklah jalan-jalan agar dia senang.

8. Pilih Waktu Keberangkatan di Malam Hari
Malam hari adalah waktu tidur, jadi bayi akan banyak tidur sepanjang perjalanan. Orang tua jadi bisa istirahat juga & lebih tenang karena terhindar dari drama bayi rewel.

9. Terakhir, Do Wefie Together
Wefie bersama si kecil di kereta akan membuat si kecil senang sekaligus sebagai kenang-kenangan bahwa si kecil telah memiliki pengalaman naik kereta. Dokumentasi itu penting ya, Moms dalam setiap momen.

Walaupun depan baby dengan baby carrier nya, belakang diaper bag, lengan kiri tottebag, dan tangan kanan bawa koper, tapi bepergian bersama si Kecil selalu menjadi hal menyenangkan.

Semoga bermanfaat.

Ziana Walida

Ziana Walida

Fulltime mother & fulltime learnerđź’•
Follow Me:

Related Posts