Mommies Info

Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Benar Agar Awet Segar dan Tahan hingga Setahun Lamanya

Assalamu ‘alaikum Mommies..

Alhamdulillah.. Segenap umat Muslim telah merayakan salah satu hari besar Islam yaitu Hari Raya Idul Adha tepat pada tanggal 10 Dzulhijjah yang pada tahun ini jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019.

Masyarakat Indonesia yang mayoritas pemeluk agama Islam sudah barang tentu berbondong-bondong menunaikan ibadah kurban yang merupakan sunnah yang sangat dianjurkan dimana mereka menyembelih hewan kurban umumnya berupa sapi dan kambing yang kemudian dagingnya dibagi-bagikan kepada yang orang-orang yang berhak.

Nah biasanya momen-momen Idul Adha seperti ini masyarakat memiliki banyak persediaan daging bahkan sampai berlimpah sehingga tidak bisa dihabiskan dalam satu hari saja sebab saking banyaknya jumlah daging. Lantas bagaimana cara menyimpan daging supaya tetap awet segar dan tahan lama? Simak tips berikut ini yuk Mommies..

Cek Kondisi Kulkas atau Freezer

Hal pertama yang perlu Mommies perhatikan sebelum meletakkan atau menyimpan daging dalam kulkas adalah mengecek kondisi lemari pembeku atau freezer dan kebersihan kulkas, baik pada tempat yang terlihat atau di sela-sela rak kulkas lainnya.

Perhatikan Suhu Freezer dan Kulkas

Pengaturan suhu freezer atau lemari pembeku merupakan salah satu elemen penting dalam upaya menjaga kualitas daging saat disimpan. Suhu yang semakin dingin membuat bakteri perusak tidak dapat berkembang biak. Suhu minimal freezer yang baik adalah minus 18°C.

Jangan Cuci Jika Untuk Disimpan

Apabila Mommies melihat ada bagian daging yang kotor, entah itu terkena tanah atau kotoran hewan, maka bagian tersebut harus dicuci dan dimasak terlebih dahulu. Bagian daging yang lain yang masih bersih bisa disimpan tapi sebaiknya tidak usah dicuci dan jangan sampai terkena air sebab kuman-kuman dan bakteri yang ada di air bisa tinggal dalam pori-pori daging dan ini bisa merusak kualitas daging.

Jangan Simpan Daging Utuh

Cara tepat menyimpan daging adalah dengan memotongnya dengan ukuran lebih kecil kemudian disimpan dalam kantong-kantong plastik bening ukuran setengah kilogram. Jika moms ingin memasak, ambil saja satu kantong kecil, biarkan kantong yang lain tetap beku. Insya Alloh daging-daging beku di kantong lainnya bisa awet kualitasnya hingga setahun kedepan.

Sebaiknya daging-daging dimasukkan di kulkas bagian bawah atau kulkas sejuk selama sehari semalam atau 16-18 jam agar suhu dingin daging bisa merata di bagian luar maupun di dalam sebelum dimasukkan dan disimpan di freezer.

Hal-Hal yang Diperhatikan Sebelum Memasak Daging

Jangan mencairkan daging yang beku dengan air panas. Sebaiknya letakkan daging beku yang masih dibungkus kantong plastik di bawah air kran dengan suhu normal. Setelah daging kembali empuk, Mommies baru boleh membuka plastiknya kemudian mencucinya dan tiriskan, lalu daging pun siap dimasak.

Jika Mommies berencana memasak daging keesokan harinya, disarankan daging beku tersebut diturunkan dari freezer ke kulkas sejuk pada sore hari sebelumnya. Esok pagi daging akan kembali empuk dan siap dimasak.

Nah, mommies..

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya..

 

Source :

instagram.com/indonesiabertauhidofficial

tribunnews.com

Aprilia Tika Primasanti

Seorang ibu yang bersemangat belajar untuk menjadikan hidupnya bahagia dengan membersamai keluarga dan semaksimal mungkin ingin bermanfaat dan membawa perubahan menuju lebih baik.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *