Parenting

Tips Meningkatkan Bonding Antara Ayah dan Anak

Kata siapa mengurus anak adalah hanya kewajiban seorang ibu?

Kata siapa ayah hanya bertugas mencari uang tanpa tau perkembangan anak?
Ayah memang berkewajiban memberikan nafkah kepada istri dan anaknya, akan tetapi ia juga tetap harus ikut mengurus anak. Kalau prinsip saya, “Bikinnya bareng, ngurusnya juga bareng dong”. Jadi, tidak ada alasan bagi ayah untuk tidak dekat dengan anak. Sebagai contoh, ayah Hazal yang bisa membuat Hazal nemplok terus kalau sudah didekatnya.
Kali ini, saya akan berbagi tips meningkatkan bonding antara ayah dan anak. Tips yang mau dibagikan adalah berdasarkan pengalaman sendiri ya Moms.

Tips meningkatkan bonding antara ayah dengan anak, dengan melakukan hal-hal berikut :

1. Quality time berdua ayah dan si Kecil
Ayah Hazal sering ajak Hazal jalan-jalan berdua, baik itu naik motor lalu nonton bola di lapangan dekat rumah ataupun hanya sekedar jalan-jalan keliling komplek menggunakan stroller. Tak perlu lama, 30 menit saja sudah bikin Hazal senang bahkan sampai tertidur.

2. Memandikan si Kecil
Kalau soal memandikan, hampir setiap hari suami yang memandikan si Kecil lalu saya yang pakaikan bajunya. Bagus sekali lho untuk membangun kelekatan antara ayah & anak, bisa dicoba Moms minta sesekali ayahnya yang memandikan anak. Suasana mandi yang seru bersama ayah menjadi aktivitas mandi lebih menyenangkan.

3. Membacakan buku
Baik saya dan suami, membacakan buku adalah hal yang wajib. Jika Hazal sudah bosan main di luar rumah, maka ayah Hazal biasa akan membacakan buku untuk Hazal. Cara ayah Hazal dalam membacakan buku membuat anak merasa senang, dekat dan akrab dengan ayah.

4. Sesekali menyuapi makan
Cobalah sesekali ayah menggantikan ibu saat menyuapi makan si Kecil. Suasana makan yang berbeda bersama ayah dapat membuat si Kecil eksplorasi hal baru dan menciptakan kedekatan antara ayah dan si Kecil.

5. Melibatkan si Kecil saat ayah melakukan pekerjaan
Si Kecil yang selalu ingin diperhatikan akan senang sekali jika ia dilibatkan dalam sesuatu yang sedang kita kerjakan, tentunya pekerjaan yang ringan ya Moms. Contohnya, saat suami sedang membantu kita membereskan rumah, lalu ia ajak si Kecil untuk ikut membantu memasukkan mainannya ke dalam box. Selain membangun kelekatan, juga mengajarkan disiplin & kerapian pada anak.

6. Sering memberikan sesuatu yang disukai anak
Sebagai orangtua tentu kita tau apa yang anak kita sukai. Nah, Hazal suka sekali bunga dan dedaunan di depan rumah. Ayah sering memetik bunga tersebut dan memberikannya pada Hazal. Dengan begitu, si Kecil akan merasa diperhatikan kemauannya dan lebih dekat dengan ayah.

7. Memberikan mainan anak
Anak mana yang tidak suka jika dikasih mainan ya kan? Membelikan mainan dan mengajaknya bermain bersama dapat mendekatkan kita pada anak. Jadi bukan hanya dibelikan saja lalu anak suruh main sendiri, tetapi temani anak bermain. Apa arti mainan mahal jika tidak ada orangtua bersamanya, karena yang dibutuhkan anak adalah kebersamaan bersama orangtua.

Semoga bermanfaat.

Ziana Walida

Ziana Walida

Fulltime mother & fulltime learnerđź’•
Follow Me:

Related Posts