Ibu & Anak

Tips Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Haii Mommies.. Wahh anak sudah berusia 180 hari nih.. Fase MPASI dimulai.. Menu 4 bintang sudah disusun.. Anak lahap makan. Hati Mommies jadi berbunga – bunga. Eh tapi kok anak jadi sembelit?? Wahh udah mulai panik nih.. Tenang Mommies.. Kali ini kita coba sharing yuk mengatasi sembelit pada anak.

  1. Pastikan kembali makanan yang dikonsumsi anak. Coba kita evaluasi menu makanan apa yang kita masak untuk MPASI anak.
  2. Atur komposisi makanan yang kita buat. Usahakan kombinasi silang antara makanan berserat tinggi dengan makanan berserat rendah. Karena makanan tinggi serat relatif lebih susah dicerna dibandingkan dengan makanan berserat rendah. Sehingga butuh waktu yang lebih lama bagi makanan berserat tinggi agar dapat diserap tubuh.
  3. Perbanyak konsumsi buah dengan kandungan air tinggi. Misalnya pear, buah naga. Air dapat membantu mengatasi sembelit.
  4. Perbanyak Lemak tambahan. Lemak tambahan ini tidak harus yang mahal seperti EVOO (Extract Virgin Olive Oil) maupun ELOO (Extract Light Olive Oil) loh Moms. Gunakan saja yang ada di rumah. Misalnya minyak goreng keluarga asalkan dalam setiap penggunaannya selalu menggunakan minyak yang baru yah Moms. Santan kelapa juga termasuk salah satu lemak tambahan yang mudah didapat. Margarin pun juga tidak harus yang Unsalted Butter. Margarin biasa yang sering kita pakai juga boleh loh Moms digunakan sebagai lemak tambahan pada MPASI anak.
  5. Pijat ILU dan Gowes juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi sembelit pada anak.
  6. Sayur oyong (gambas) juga bisa menjadi pilihan yang bisa Moms coba agar anak tidak mengalami sembelit.

Nah Mommies sekarang sudah tahu kan beberapa tips yang mungkin bisa Moms coba dirumah ketika anak mengalami sembelit. Tapi perlu diingat kembali yah Moms ketika anak sudah menunjukkan rasa ketidaknyamanannya, jangan ragu untuk segera membawa anak ke dokter yah Moms. Karena penggunaan obat pencahar baiknya atas rekomendasi tenaga kesehatan. Selalu pastikan komposisi makanan yang kita masak yah Moms dan jangan lupa untuk kombinasi silang antara makanan berserat tinggi dan yang berserat rendah. Tetap pastikan jumlah air yang diminum anak cukup agar anak tidak mengalami sembelit. Semangat masak makanan sehat nan bergizi Mommies..

 

Salam Hangat Penuh Cinta

Hafida

 

Hafida Satya Aryani

Hafida Satya Aryani

Mom of Precious Child. Full Stay at Home Mom

Related Posts