Mommies Daily

Tips Memilih Daycare

Haloha mommies.. Daycare..ada yang tahu maksud daycare? Okey momin coba deskripsikan sedikit ya.. Daycare adalah suatu tempat yang menawarkan jasa untuk menitipkan anak kita, biasanya daycare mempunyai jadwal kegiatan rutin jadi anak kita tidak hanya numpang tempat tidur dan makan aja.

“anak kok dititipkan sih mom?”

Okey iya momin tau.. bukan maksudnya menitipkan karena kita tidak sayang anak ya.. daycare ini dimaksudkan adalah penitipan anak (bayi-toddler) untuk para orangtua yang bekerja, atau misal tidak ada saudara yang bisa diminta tolong untuk menjaga anaknya atau misal untuk beberapa ibu yang merasa tidak mudah percaya dengan adanya “mbak” babysitter di rumah.

“Terus aman nggak tuh mom kalo anak dititipin gitu?”

Nah untuk menjawab aman atau tidaknya, momin coba share ya beberapa tipsnya

  • Segi keamanan dari daycare tersebut. Biasanya daycare menyediakan fasilitas keamanan berupa CCTV yang live streamingnya di akses oleh kedua orangtua.
  • Kebersihan daycare, meliputi kebersihan para nanny, kebersihan ruang bermain, kebersihan ruang makan, kebersihan kamar mandi, dan kebersihan kamar tidur. Semua suka kebersihan bukan(?)
  • Jadwal kegiatan anak selama di daycare. Orangtua wajib tahu kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama anak di daycare (selain makan, nyusu, dan tidur ya moms). Misal kegiatan yang mengasah keterampilan motorik (merangkak, berjalan, berlari, dll). Keterampilan sensorik yang menggunakan semua panca indera anak, dan keterampilan kognitif seperti pengetahuan, pemahaman, penerapan yang semuanya disesuaikan dengan usia anak.
  • Kualitas dan kejujuran nanny, seperti apakah nanny mendapatkan pelatihan manajemen pengasuhan anak, manajemen ASI, serta edukasi anak
  • Pentingnya laporan harian dan atau laporan bulanan dengan data yang real, contoh laporan harian seperti anak makan dengan menu apa saja, sampai habis/setengah porsi/ hanya sedikit, jadwal anak minum susu/ASI, jadwal poo & pee, dll. Dan laporan bulanan seperti berat badan anak, tinggi badan anak, kemampuan motorik, sensorik, kognitif yang sudah berkembang apa saja, dll.

Sepertinya sekian dulu beberapa tips dari momin.  Semoga bisa bermanfaat buat para mommies yang sedang mencari daycare..

oh iya saya ada sedikit quotes (nyomot quotes orang)..

ibu yang baik bukanlah ibu yang rela bekerja demi masa depan anak-anaknya, dan bukan pula yang memilih untuk di rumah mengasuh anaknya 24 jam, 7 hari penuh. Karena ibu yang baik adalah ibu yang bahagia, yang dapat menerima dirinya sendiri, menjadi terbaik versi dirinya sendiri..

Related Posts