Health Lifestyle

Tips Diet Sehat dan Tidak Membahayakan Tubuh

Bicara soal diet, yang pertama kali tergambar di benak orang pada umumnya adalah cara menurunkan berat badan dengan mengurangi makan & membatasi jenis makanannya. Diet ini hanya diperuntukkan bagi orang yang kegemukkan yang ingin kurus.

Padahal, arti sebenarnya tak demikian lho, Moms. Diet adalah kata serapan dari Bahasa Inggris yang artinya “makanan yang biasa dimakan”. Sedangkan menurut bahasa Yunani Kuno, diet adalah “cara hidup”. Maka dapat disimpulkan bahwa pengertian diet adalah kebiasaan makan yang menjadi gaya hidup. Jadi, jika Moms disini terbiasa makan makanan manis, maka Moms termasuk berdiet tinggi gula. Atau Moms yg suka makan buah & sayur  maka Moms termasuk berdiet tinggi serat.

Selain itu, sesuai dengan makna aslinya, maka diet juga dapat diartikan sebagai pola makan gizi seimbang untuk meraih tujuan tertentu. Misalnya, diet untuk menurunkan berat badan, menaikkan berat badan, menjaga kesehatan, dan pemulihan pasca sakit. Jadi, pernyataan tersebut meluruskan anggapan bahwa yang harus berdiet adalah orang yang gemuk. Melainkan siapapun boleh berdiet, baik itu anak-anak, remaja, dewasa, laki-laki, maupun perempuan. Hanya saja, perlu tahu bagaimana cara diet yang benar dan tidak bahaya bagi kesehatan.

Berdasarkan berbagai sumber, Mommiesharing telah merangkum beberapa tips diet sehat & tidak mengganggu kesehatan, antara lain:

1. Pilih makanan yang tepat
Jika selama ini Moms terbiasa makan makanan berlemak, berminyak, asin, dan manis, ada baiknya Moms mengganti makanan tersebut dengan makanan yang lebih sehat. Misalnya, sayur dan buah segar, daging merah dan putih tanpa lemak, ikan, kacang & biji-bijian, susu dan produk turunan susu yang rendah lemak, dan makanan kaya pati resisten. Memilih makanan yang tepat sangat berperan penting untuk kesuksesan diet Moms semua.

2. Mengatur Porsi Makan
Semua makanan memang dibutuhkan oleh tubuh, mengatur porsi makan disini bukan semata-mata harus mengurangi porsi makan sampai seminimal mungkin ya, Moms. Melainkan, tetap makan sesuai dengan kebutuhan kalori per hari agar semua fungsi tubuh tetap berjalan optimal. Porsi makan dapat diatur dengan cara membagi piring menjadi 4 bagian, seperempat bagian untuk sumber protein, seperempat bagian lagi untuk karbohidrat, dan dua per empat sisanya untuk sayuran hijau & berwarna-warni. Jangan lupa untuk sediakan semangkuk buah segar juga ya, Moms. Dengan demikian, maka semua zat gizi yang diperlukan tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral, telah terpenuhi dalam satu porsi makan. Ingat, jangan biasakan makan makanan asin, berlemak, dan manis ya, Moms.

3. Jangan Biarkan Tubuh Kelaparan
Jika Moms diet dengan menahan lapar secara berlebihan biasanya akan menjadi boomerang bagi kesuksesan diet Moms. Bisa saja Moms balas dendam dengan cara makan secara berlebihan setelah menahan lapar yang berlebihan. Akibatnya, diet sehat yang sudah dirancang malah terlupakan karena kalap. Untuk menghindari hal itu, bisa sediakan bekal sehat di dalam tas seperti telur rebus, greek yoghurt, atau pisang untuk memenuhi kebutuhan tubuh saat meninggalkan kalori yang berlebihan.

4. Mengunyah Dengan Benar
Kunyahlah makanan dengan benar, karena jika makan terburu-buru dan tidak mengunyahnya dengan baik, artinya tidak ada waktu bagi perut untuk memberikan sinyal kenyang kepada otak. Maka dari itu, mengunyah dengan baik dapat membantu Moms semua merasa kenyang sehingga tidak makan berlebihan.

5. Tubuh Selalu Terhidrasi Air Putih
Kita semua tentu tahu bahwa air adalah sesuatu yang sangat esensial bagi tubuh. Walau kebutuhan air setiap orang berbeda, tapi dengan minum air putih lebih banyak dapat mendukung kesuksesan diet alami nan sehat. Minumlah air putih setidaknya 2 liter per hari agar kebutuhan air dalam tubuh tercukupi dan Moms akan merasa kenyang lebih lama. Jangan lupa untuk selalu membawa botol air minum di dalam tas ketika bepergian ya, Moms. Cara diet yang mudah & sehat, bukan?

6. Mengurangi Konsumsi Garam
Di poin 1 sudah dijelaskan bahwa mengkonsumsi makanan asin itu tidak baik. Karena jika tubuh kebanyakan garam maka tubuh akan sulit memproses metabolisme lemak. Tentunya Moms gak mau kan pipi & perut terus melebar? Cobalah untuk mengkonsumsi sayur, daging, ataupun telur tanpa garam. Untuk tetap mendapat rasa gurih, Moms bisa coba menggunakan garam laut asli yang rendah sodium atau menambah cottage cheese ke dalam telur dadar. Dengan mengurangi konsumsi garam, tekanan darah pun akan ikut terkontrol.

7. Menjadikan Apel Sebagai Camilan Wajib
Sebuah apel memiliki kalori kurang dari 200 dengan kandungan protein dan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu tubuh menahan nafsu makan. Selain itu apel juga mampu mengatur kadar gula darah agar tetap stabil dan siap membuat Moms tetap bertenaga. Makanlah apel setidaknya 2 kali sehari untuk mendukung diet sehat Moms, jangan lupa untuk makan kulitnya juga, karena disana terdapat banyak serat.

8. Rajin Berolahraga
Setelah beberapa tips diet sehat diatas, belumlah cukup jika tidak dibarengi dengan langkah yang satu ini. Agar diet sehat sukses maka perlu keseimbangan antara kalori yang masuk dan kalori yang dibakar. Maka, luangkan lah waktu untuk berolahraga, misalnya berlari selama 150 per minggu, naiklah melalui tangga & hindari lift, rajin berjalan kaki juga memiliki banyak manfaat, jika Moms adalah ibu rumah tangga maka totalitas mengurus anak, suami, dan rumah juga bisa dijadikan sebagai sarana olahraga lho. Olahraga sendiri tidak hanya mensukseskan diet sehat tapi juga menjaga kebugaran & kesehatan tubuh terutama organ jantung.

9. Tidur Yang Cukup
Tidur merupakan cara diet sehat yang alami, setelah berolahraga tubuh butuh untuk memulihkan tenaga kembali, caranya dengan tidur yang cukup. Banyak penelitian menyebutkan bahwa kurang tidur dapat mengakibatkan beberapa kerugian dalam tubuh, resiko diabetes misalnya. Kalau sudah begini, tentu akan menghambat metabolisme tubuh bukan. Jadi, mari biasakan tidur cukup 6-8 jam per hari agar tubuh mendapat regenerasi maksimal dan siap menyambut berat badan yang ideal.

Semoga bermanfaat.

sumber foto : hellosehat.com

Ziana Walida

Fulltime mother & fulltime learner💕
Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *