Kehamilan

Tips Bersalin Normal dengan Tenang dan Nyaman

Proses persalinan normal merupakan hal yang sangat mendebarkan bagi kebanyakan wanita. Pola pikir tentang proses melahirkan yang menyakitkan serta cerita dari Ibu-ibu yang sudah menjalani persalinan tidak sedikit membuat ibu hamil takut menghadapi proses persalinan. Tetapi, kebanyakan ibu hamil memiliki harapan dan komitmen untuk bisa melahirkan secara normal atau pervagina karena proses pemulihan yang lebih cepat.

Tubuh wanita memang diciptakan sempurna oleh Tuhan untuk bisa melahirkan normal. Namun karena beberapa kondisi, ibu hamil mungkin terpaksa melahirkan secara caesar. Entah karena tak bisa menahan sakitnya kontraksi, kemudian jadi diberikan epidural yang akhirnya tidak kuat untuk bisa melanjutkan persalinan normal dan berujung operasi caesar.
Nah, jika Moms adalah ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal tanpa rasa sakit, hendaknya mempersiapkan berbagai hal.

Yuk simak tips melahirkan normal dengan tenang dan nyaman ala Mom Ziana berikut ini:
1. Rutin mengecek kandungan setiap bulannya untuk mengetahui kondisi janin dan ibu. Agar jika terjadi kelainan dapat segera diatasi.

2. Memilih provider persalinan yang sesuai dengan persalinan yang kita harapkan. Misalnya saya memilih melahirkan di rumah bersalin/bidan yang prefer ke melahirkan normal karena ingin sekali melahirkan normal.

3. Mengikuti kelas yoga kehamilan untuk mempersiapkan fisik dan mental ibu yang hendak bersalin. Hypnobirthing dalam prenatal yoga sangat berpengaruh terhadap kelancaran proses persalinan. Beruntung, provider saya pro hypnobirthing.

4. Selalu berpikir positif dan memberikan afirmasi positif kepada tubuh dan janin agar bisa melewati proses persalinan yang nyaman dan aman.

5. Saat kontraksi datang, jangan langsung buru-buru ke RS karena takutnya itu hanya kontraksi palsu. Konsultasi dengan dokter/ bidan yang akan membantu persalinan via onlinedahulu untuk menetapkan kapan saat yang tepat datang ke RS.

6. Selama kontraksi tetap tenang, bersukacita untuk menyambut si Kecil lahir, makan makanan enak, jalan-jalan, atau bermain gymball agar pikiran lupa dengan rasa sakit sehingga hormon oksitosin berjalan lancar dan persalinan lebih cepat.

7. Pergi ke rumah bersalin saat sudah keluar flek. Jadi ketika kontraksi, saya tetap di rumah dan saat flek muncul baru ke Rumah Bersalin, ternyata sampai di sana saya sudah bukaan 3. Setelah 3 jam, anak saya lahir dengan lancar dan saya masih bisa bercanda saat proses mengejan (ini karena bidan yang membantu saya selalu berusaha agar pasiennya melahirkan dengan sukacita).

8. Selalu libatkan Sang Pencipta pada setiap prosesnya karena semua yang terjadi adalah atas kehendak-Nya. Proses persalinan adalah perjalanan spiritual antara hidup dan mati yang selalu mengingatkan kita pada kuasa-Nya.

Semoga bermanfaat.

Ziana Walida

Ziana Walida

Fulltime mother & fulltime learnerđź’•
Follow Me:

Related Posts