Health Mommies Daily

Terapkan Tidur Mulut Di Plester ala Andien, Yuk Cari Tahu Apa Saja Manfaat Dari Buteyko Breathing

Haii Mommies.. Belakangan ini metode Buteyko Breathing menjadi tren baru di kalangan masyarakat karena unggahan penyanyi ternama Indonesia, Andien. Melalui fitur instagram stories, Andien menunjukkan satu kebiasaan unik yang ia lakukan bersama keluarganya sebelum tidur. Andien menyatakan bahwa keluarganya sudah menerapkan metode Buteyko Breathing atau menutup mulut menggunakan plester selama beberapa bulan terakhir. Meski terlihat sepele, metode Buteyko Breathing ternyata memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Yuk Moms kita coba cari tahu lebih dalam lagi soal apa itu metode Buteyko Breathing..

Apa Itu Buteyko Breathing
Teknik pernapasan Buteyko ala Andien yakni melakban mulut ketika tidur dikatakan merupakan salah satu cara untuk mencapai deep sleep atau tidur nyenyak tanpa gangguan di malam hari. Sebab seringnya ketika malam, kita cenderung tidur dengan bernapas menggunakan mulut.

Manfaat Buteyko Breathing
Teknik yang pertama kali diprakarsai oleh ilmuwan asal Rusia bernama Dr Konstantin Buteyko menyebut terdapat banyak manfaat dari teknik pernapasan Buteyko salah satunya agar tidur lebih nyenyak bahkan bisa menghilangkan kebiasaan ngorok.
Beberapa Manfaat Tidur Menggunakan Metode Buteyko Breathing yang lain adalah :

  1. Menambah oksigen pada organ, otak dan sel
  2. Energi menjadi tinggi setiap hari
  3. Tidur lebih nyenyak
  4. Ngemil menjadi berkurang
  5. Emosi lebih stabil
  6. Membantu mengatasi lebih dari 200 penyakit kronis seperti asma, alergi, diabetes, tekanan darah, masalah hormonal, dll.

Bahaya Buteyko Breathing
Teknik tidur dengan menggunakan selotip ini tidak disarankan pada beberapa kondisi karena dapat membahayakan.

  1. Tidak disarankan bagi penderita apnea
    Teknik tidur dengan mulut diselotip bagi penderita apnea akan menyebabkan penderita apnea untuk bernapas. Sehingga menyebabkan penderita akan lebih susah untuk bangun hingga dapat menyebabkan koma.
  2. Tidak disarankan jika sedang mual
    Apabila Mommies sedang mengalami mual, baiknya tidak mencoba Teknik ini yah Mommies. Karena jika kita merasa mual dan ingin muntah, muntah yang seharusnya bisa keluar secara spontan melalui mulut akan kembali masuk kembali ke paru – paru. Sehingga bisa menimbulkan sesak napas yang berujung pada kematian.

Nah Mommies sekarang sudah tahu kan apa itu teknik Buteyko Breathing. Jika memang dirasa membawa manfaat bagi Mommies tidak ada salahnya lho Moms untuk dilakukan. Namun jika Moms masih merasa ragu, sebaiknya Moms mencari tahu dahulu agar ketika Moms ingin mengikuti teknik tidur dengan mulut diplester Moms sudah tahu apa saja yang harus dipersiapkan. Selamat Mencoba Mommies..

Salam Hangat Penuh Cinta

Hafida

Source :
health.detik.com
www.liputan6.com
health.grid.id

Hafida Satya Aryani

Mom of Precious Child. Full Stay at Home Mom

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *