Mommies Daily

Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air pada Sang Buah Hati dengan Cara Ini

Suasana meriah di sepanjang bulan Agustus dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan sangat kental terasa dimana-mana, mulai dari seluruh penjuru kota besar hingga berbagai pelosok desa kecil. 

 

Beragam kegiatan seru pun dilakukan untuk merayakan dan menyemarakkan hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, misalnya upacara 17 Agustus, kerja bakti membersihkan lingkungan, memasang bendera merah putih lengkap dengan umbul-umbul dan hiasan lain bercorak merah putih, pertandingan dan perlombaan, jalan sehat dan sebagainya.

 

Demikian ini dilakukan sebagai upaya menanamkan sikap cinta tanah air untuk semua orang. Hal ini juga bisa menumbuhkan karakter nasionalisme khususnya bagi anak-anak. Lalu apa saja yang harus mommies lakukan agar rasa cinta tanah air ini bisa tertancap kuat pada buah hati? Simak penjelasan ini ya mommies..

 

Kenalkan tentang Makna Bendera Merah Putih

Mungkin sebagian besar anak banyak yang bertanya-tanya mengapa di lingkungan sekitarnya harus dipasang bendera merah putih dan umbul-umbul khususnya pada bulan Agustus, maka Mommies perlu memberikan pengetahuan kepada sang buah hati bahwa anak-anak dan semua rakyat harus menghormati dan mencintai bendera merah putih sebagai simbol negara Indonesia.

 

Ceritakan Momentum Gotong Royong

Momen kegiatan kerja bakti secara gotong royong bisa menjadi nilai penting pula untuk anak-anak. Kegiatan yang dilakukan bersama dalam menjaga lingkungan merupakan poin penting bagi anak. Mommies hanya perlu menjelaskan kepada sang buah hati bahwa gotong royong ini adalah salah satu nilai dasar dan ciri khas yang sudah lama melekat pada bangsa Indonesia.

 

Semangat untuk Ikut Lomba Agustusan

Selain memperoleh hadiah dan keseruan bermain bersama kawan-kawannya, dengan mengikuti lomba agustusan, anak-anak juga bisa belajar perihal semangat, percaya diri, kebersamaan, persatuan, kerjasama, keberanian dan karakter lainnya. 

 

Dan masih banyak hal lain yang mampu Mommies lakukan dalam upaya menciptakan karakter nasionalisme pada sang buah hati melalui momen Hari Ulang Tahun Kemerdekaan. Kita bisa memanfaatkan momen ini sebagai bentuk media pendidikan anak-anak dalam membangun nilai karakter yang positif.

Sudahkah Anda melakukannya Mommies?? Share di kolom komentar yuk..

 

Sumber :

https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/17-agustus-saatnya-tanamkan-karakter-cinta-tanah-air-30

Aprilia Tika

Seorang ibu dari tiga anak yang menyukai dunia kepenulisan dan kerja sosial. Selain bertugas menjadi pendamping hidup seorang prajurit abdi negara, beberapa tahun terakhir ini ia pun mulai mengabdikan diri dengan berkontribusi di berbagai komunitas dan organisasi. Motto hidupnya selama ini adalah 'Never put off till tomorrow what you can do today'
Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *