Ibu & Anak Menyusui Mommies Info

Tak Perlu Panik Saat Bayi Menangis, Bisa Jadi 4 Hal Inilah Penyebabnya

Makhluk mungil yang hadir dalam kehidupan kita akan memberikan banyak kebahagiaan. Mommies setuju kan dengan pernyataan Itu? Hanya saja, dibalik kebahagiaan itu umumnya ada dilema bagi para orangtua, salah satunya adalah ketika bayi menangis terus. 

 

Sumber : haibunda, 2018

 

Menangis merupakan hal yang normal untuk dilakukan, terutama bayi yang belum bisa mengungkapkan apa yang dirasakan, dilihat, dan didengar. 

 

Ketika bayi menangis, orangtua biasanya akan merasakan dilema karena penyebab dari tangisan tersebut tidak diketahui dengan jelas. Bahkan terkadang tangisan bayi bisa menimbulkan stress ataupun masalah dalam keluarga. Serem banget kan, mommies

 

Kebanyakan orang beranggapan bahwa penyebab utama bayi menangis seringkali adalah karena bayi sedang lapar, padahal terdapat beragam penyebab lainnya. Berikut adalah beberapa penyebab bayi menangis :

 

1. Karakter dan Kondisi Bayi

 

Setiap bayi memiliki karakter masing-masing, seperti halnya orang dewasa. Ada yang sangat mudah ditenangkan dan ada juga yang sangat sulit ditenangkan. 

 

Selain karakter alamiah dari setiap bayi, kondisi bayi pun mengalami perubahan seiring berjalannya waktu yang disebut percepatan pertumbuhan atau growth spurt. Nah, pada kondisi ini biasanya bayi akan lebih sering menangis karena lapar. 

 

Sebagai tambahan, bayi yang kondisi tubuhnya sedang lelah, bosan, takut, merasa sepi dan tidak nyaman juga akan menangis untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya lho, mommies.

 

2. Lapar atau Kesulitan Menyusu

 

Ketika bayi merasa lapar, mulut bayi akan mulai bergerak-gerak atau tangan bayi bergerak seperti mencari payudara. Nah, apabila tanda lapar tersebut tidak dideteksi lebih awal maka bayi akan menangis.

 

Di sisi lain, kesulitan menyusu juga merupakan penyebab bayi menangis. Kesulitan menyusu seringnya disebabkan oleh pelekatan yang tidak tepat atau adanya oversupply ASI.

 

3. Makanan dan Obat yang Dikonsumsi Ibu

 

Makanan dan obat yang dikonsumsi oleh Ibu terkadang membuat bayi gelisah bahkan rewel hingga terkadang muncul gejala alergi. Penyebabnya karena sebagian kandungan bahan tersebut masuk ke dalam ASI. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengingat apa saja yang kita konsumsi ya mommies.

 

4. Kondisi Khusus / Penyakit

 

Nah, apabila bayi menunjukkan tangisan yang tidak biasa dan penyebabnya bukan dari yang telah disebutkan di atas, bisa jadi penyebabnya adalah karena bayi sedang kesakitan. Terdapat dua kondisi khusus yang biasanya dirasakan oleh bayi, yaitu :

 

  • Refluks 

Refluks terjadi ketika ASI dan asam dari perut kembali menuju oesophagus sehingga membuat bayi kesakitan. Jika hal ini terjadi biasanya bayi akan muntah sedikit. Tapi tenang, refluks akan berkurang seiring pertumbuhan bayi kita.

 

  • Kolik

Bayi yang mengalami kolik biasanya akan menangis lama tanpa sebab yang jelas dan kadang berpola di waktu tertentu. Bayi yang mengalami kolik akan sangat susah ditenangkan. Namun, bayi kolik biasanya akan membaik ketika bayi telah melewati usia 3 bulan.

 

Nah, itulah beberapa penyebab bayi kita menangis mommies. Semoga setelah mengetahui penyebabnya, kita dapat lebih mudah untuk menenangkannya ya. 

 

 

Sumber :

 

Sumber gambar :

Ciptaningtyas D. A. Ikaningrum

Seorang Ibu muda yang ingin sepenuhnya membersamai anak di rumah dan menjadikan rumah sebagai tempat bermain yang menyenangkan.
Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *