Ibu & Anak Mommies Daily Mommies Info Mommies News Parenting

Suka Membacakan Buku untuk Anak? Perhatikan 5 Kriteria Ini

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas bahwa merangsang bayi untuk membaca sejak dalam kandungan boleh dilakukan ya, mommies.

Kali ini, kami akan mencoba mengulas mengenai kriteria buku yang baik dibacakan untuk anak, terutama bayi hingga usia 5 tahun ya, mommies. Ini dia kriteria bukunya:

1. Buku terbuat dari bahan yang aman bagi bayi
Bayi pada usia 0 sampai 1 tahun, memiliki ciri-ciri ketertarikan dengan buku yang kita bacakan yaitu dengan menggigit-gigit buku, menjilati buku bahkan memegang-megang sambil menyobek buku tersebut. Sudah terpikir kan mommies, bahan buku yang sekiranya aman untuk bayi. Yap, betul. Mari kita pilihkan buku dengan bahan dari kain, atau buku softbook, atau buku dengan halaman yang tebal. Dengan begitu, buku tidak mudah rusak dan bayi pun bisa ‘membacanya’ dengan aman.

2. Pilihlah buku yang memiliki tidak lebih dari 300 kata
Pilihlah buku dengan beberapa kalimat di dalamnya. Pada bayi dengan usia 0 sampai 1 tahun, yang menjadi fokus adalah membangun kelekatan ya, mommies. Selain kalimat yang ada di dalam buku, utamakan komunikasi 2 arahnya ya, mommies.

3. Pilihlah buku yang memiliki kontras warna tinggi.
Buku dengan warna yang kontras akan tertanam kuat di otak bayi dan membantu syaraf optik berkembang. Selain itu, warna yang memiliki kontras tinggi akan memberikan stimulasi kepada bayi, yaitu dengan banyaknya gambar yang menyenangkan dan ceria.

4. Pertimbangkan kandungan cerita dalam buku.
Meskipun buku yang dirancang merupakan buku untuk anak, terkadang ada beberapa buku yang kandungan ceritanya tidak sesuai dengan nilai moral yang kita anut. Oleh karena itu, sebelum membacakan kepada anak, mari kita pilihkan cerita yang tidak hanya bagus, tetapi juga mengandung muatan moral yang tepat ya, mommies.

5. Pilihlah alur cerita yang sederhana.
Plot cerita merupakan salah satu hal yang membuat kita sebagai pembaca penasaran untuk melanjutkan membaca. Pada bayi dan anak berusia 1 tahun lebih, plot yang kompleks akan membuat mereka bingung lho, mommies. Tetapi, meskipun plot yang kita bacakan sederhana dan ceritanya menarik, anak akan penasaran dan ketagihan untuk membaca.

 

Ingat mommies, tujuan kita merangsang anak untuk membaca adalah agar anak senang membaca, bukan agar anak bisa membaca ya. Karena anak yang bisa membaca, hanya akan membaca di waktu sekolah. Namun anak yang senang membaca, akan membaca kapanpun dan dimanapun dia berada.

Sumber bacaan:

Sumber gambar:

Maulia Nur Adrianisah

Saya seorang wanita yg bangga memiliki profesi utama menjadi ibu rumah tangga. Juga seorang istri dari sesosok laki-laki yg senang mengajar dan menulis. Namun lebih terlihat cahayanya ketika menulis, lalu tanpa disadari saya pun mengikuti jejaknya. Semoga apapun yg kami tuliskan, bermanfaat bagi banyak orang, khususnya kami sendiri sebagai manusia yg masih perlu banyak belajar.
Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *