Health Mommies Info

Suka Main Ponsel di Malam Hari dalam Keadaan Gelap, Waspada Bahaya Stroke Mata!

Ponsel saat ini telah menjadi kebutuhan kebanyakan orang. Betapa tidak, setiap hari ponsel telah memudahkan kita berkomunikasi dengan orang lain yang berada di tempat berbeda. Tak hanya untuk komunikasi, ponsel saat ini pun juga menjadi media hiburan dengan adanya berbagai fitur yang canggih.

Kecanggihan ponsel untuk media komunikasi, informasi, dan hiburan membuat tak sedikit orang bergantung padanya. Namun, kita harus bisa lebih bijak lagi dalam penggunaannya. Jangan sampai teknologi yang seharusnya memudahkan aktivitas malah membahayakan kesehatan.

Lalu apa hubungan ponsel dengan kesehatan? Jika Mommies disini sering bermain ponsel di malam hari sebelum tidur dalam keadaan gelap, maka Mommies harus waspada dengan penyakit Stroke Mata. Tidak hanya menyerang otak, penyakit stroke juga bisa menyerang mata.

Seperti kisah yang dialami Wang, pria asal negeri tirai bambu ini yang mengalami buta sementara pada salah satu sisi matanya lantaran sering bermain game di ponselnya dalam kegelapan. Hal itu ia lakukan karena sang istri tak mengizinkannya main game di malam hari karena suaranya yang bising. Namun, kebiasaannya itu berdampak buruk pada kesehatannya yang akhirnya ia didiagnosis terkena stoke mata. Berdasarkan data dari Detik Health, ternyata kasus seperti ini selalu meningkat setiap tahunnya bahkan angka kebutaan nya pun cukup tinggi.

Dilansir dari Alodokter, Stroke Mata adalah kondisi dimana terjadi penyumbatan pembuluh darah di retina akibat penyempitan atau penggumpalan darah. Dalam bahasa medis disebut dengan oklusi arteri retina. Sedangkan bermain ponsel dalam kegelapan ini ternyata memicu sumbatan di pembuluh darah arteri mata yang dapat menghilangkan pandangan jika tidak segera ditangani. Penyumbatan arteri ini membuat oksigen gagal diangkut ke retina mata yang mengirimkan sinyal ke otak. Penggunaan ponsel dan barang elektronik lainnya yang berlebihan dan dalam waktu lama inilah yang mengakibatkan penekanan lebih pada mata.

Berikut adalah pencegahan agar tidak terjadi Stroke Mata:
1. Tidur teratur
Dengan tidur teratur, mata akan memiliki waktu istirahat yang cukup dan akan kembali fresh setelah bangun kembali.
2. Hindari begadang
Begitu halnya dengan tidur teratur, hindari begadang adalah sesuatu yang penting ketika kita ingin menjaga kesehatan mata kita.
3. Hindari menatap ponsel, televisi, dan komputer dalam waktu lama
Radiasi sinar yang dipancarkan oleh ponsel, televisi, dan komputer dapat menyebabkan mata cepat lelah karena kurangnya pasukan oksigen ke retina mata.

Jadi, mulai saat ini mari kita bersama-sama menjaga kesehatan mata kita dengan menggunakan ponsel secara bijak ya, Mommies.
Semoga bermanfaat.

Sumber:
https://m.detik.com/health/berita-detikhealth/d-4764809/sering-main-hp-sebelum-tidur-pria-ini-terserang-stroke-di-matanya?utm_content=detikhealth&utm_term=echobox&utm_medium=oa&utm_campaign=detikcomsocmed&utm_source=Facebook

https://www.alodokter.com/waspadai-stroke-mata-kenali-penyebab-dan-pengobatannya

Sumber Gambar:
https://m.republika.co.id/amp/osotzs284

Ziana Walida

Fulltime mother & fulltime learnerđź’•
Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *