Mommies Daily

Smartwatch KW Meledak di Tangan Bocah, Orangtua Wajib Tahu 5 Hal Ini Sebelum Memberi Gadget pada Anak

Berniat ingin menyenangkan anak, orangtua ini harus menyaksikan anaknya terluka akibat meledaknya Smartwatch KW saat digunakan.

Dilansir dari suara.com, foto-foto tangan anak yang terluka akibat meledaknya Smartwatch KW ini menarik perhatian banyak netizen, terutama yang telah memiliki anak. Foto-foto ini pun sekaligus menyadarkan para orangtua untuk memikirkan kembali seperti apakah gadget yang akan diberikan pada anak.

Nah, supaya hal ini tidak terjadi pada mommies sekalian, dalam kesempatan ini Mommiesharing akan memberikan lima tips memilih gadget yang ramah anak. Penasaran? Yuk simak artikelnya berikut ini.

1. Pertimbangkan Kebutuhannya

Saat ingin membelikan barang elektronik untuk anak, hal pertama yang harus diperhatikan adalah seberapa penting sih gadget tersebut untuk anak. Pertimbangkan terlebih dahulu apakah anak memang benar membutuhkannya atau hanya menginginkannya supaya bisa sama dengan teman-temannya.

Nah, bila memang jawabannya nomor dua, mommies bisa mulai memberikan pengertian pada anak mengenai hal-hal yang diperlukan dan tidak. Mom juga bisa mengajak buah hatinya untuk menabung demi membeli gadget yang dia inginkan.

Selain mengajarkan anak untuk bersabar dan menyusun prioritas, hal ini juga akan membantu menghindarkan anak dari gadget kualitas rendah yang marak di pasaran.

2. Pilihlah Gadget yang Original dan Berkualitas

Bila memang mommies merasa bahwa gadget tersebut penting untuk dimiliki anak, maka jangan pernah kompromi soal kualitas. Pastikan moms membeli barang original yang children safety dan memiliki garansi. Hal ini untuk menghindarkan kerusakan atau lebih parah lagi dampak buruk yang bisa timbul pada anak.

3. Perhatikan Daya Tahan dan Petunjuk penggunaan

Saat membeli gadget, jangan lupa untuk melihat daya tahan gadget tersebut beserta petunjuk penggunaannya. Pastikan juga mommies melihat batas usia minimal penggunaan gadget tersebut. Hindari memberikan gadget pada anak yang terlalu muda atau yang tidak sesuai dengan usianya, karena dikhawatirkan malah akan berdampak buruk bagi perkembangan anak baik secara motorik kasar maupun halus.

4. Ajarkan Anak Cara Merawat Barang

Bila mommies sudah membelikan gadget untuk anak, ajari dia bagaimana cara merawatnya dengan benar. Anda juga bisa mendampingi anak pada saat tahap awal menggunakan gadget dan menunjukkan serta mengawasi penggunaannya. Selain melatih tanggung jawab, hal ini akan mendekatkan hubungan mom dan anak.

5. Segera Perbaiki Jika Terindikasi Kerusakan

Bila mommies merasa gadget yang diberikan sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan, segera perbaiki ke toko resmi terdekat. Hal ini dilakukan untuk mencegah gadget menjadi rusak dan membahayakan keselamatan anak.

Lima hal tersebut bisa mommies lakukan untuk mengurangi bahaya pemberian gadget pada anak. Meskipun teknologi sangat membantu, namun penggunaan yang salah tentu akan berdampak buruk pada anak baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Referensi :
suara.com
https://m.suara.com/tekno/2019/09/17/193241/pakai-smartwatch-kw-dan-meledak-tangan-anak-ini-terbakar

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *