Health Lifestyle Mommies Daily Mommies Info

Selvi Ananda Melahirkan Cucu Ketiga Presiden Jokowi, Perhatikan 5 Hal Agar Pulih Pasca Melahirkan Secara Caesar

Mommies, dikabarkan liputan6.com bahwa cucu Presiden Joko Widodo telah lahir. Anak kedua dari Selvi Ananda dan Gibran Rakabuming Raka berjenis kelamin perempuan dan bernama La Lembah Manah. La Lembah lahir di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Solo, pada hari Jumat (15/11/2019).

Selvi Ananda kembali melahirkan melalui operasi caesar. Berdasarkan penuturan Dr. Soffin Arfian, tim dokter RS PKU Muhammadiyah Solo, operasi caesar dilakukan sebab indikasi untuk operasi lebih kuat. Lalu berapa lama waktu yang dibutuhkan Selvi Ananda supaya pulih pasca melahirkan secara caesar yang kedua?

Mommies, persalinan berulang dengan metode caesar tentu menimbulkan resiko karena membuka kembali jahitan operasi yang pertama. Menurut dr. Ivander Utama SPOG yang bertugas di RSIA Bunda Jakarta dan Morula IVF, menjelaskan bahwa saat persalinan caesar pertama bersih, baik dan tanpa infeksi, maka reaksi nyeri pada operasi kedua, tidak seintens yang pertama. Jika tidak ada keluhan pasca melahirkan secara caesar, biasanya waktu pemulihan sekitar dua hingga tiga hari agar bisa beraktivitas mandiri dan produktif. Meski masih terasa nyeri pada bekasnya hingga berbulan-bulan.

Bagaimana sebaiknya perawatan yang dilakukan pasca persalinan secara caesar? Berikut 5 hal yang bisa dijadikan referensi agar segera pulih pasca melahirkan secara caesar:

1. Olahraga ringan
Rasa sakit pasca caesar, terkadang membuat berpikir jika tak mampu bergerak banyak. Mommies perlu menguatkan fisik dan semangat dengan menggerakkan kaki dan berjalan-jalan ringan. Makin cepat beraktivitas untuk bangun dan bergerak, maka semakin baik juga proses kelancaran sirkulasi darah.

Bangun dari tempat tidur pasca caesar

Menggerakkan badan pasca operasi caesar, memperlancar siklus peredaran darah

2. Kelola emosi dengan baik
Sebuah studi dari Cesarean delivery: Postoperative issues, mengungkapkan bahwa perempuan yang melahirkan secara caesar merasa kurang puas dengan pengalaman persalinannya. Mommies mungkin sempat berpikir bisa melahirkan secara normal tetapi yang terjadi, mengharuskan caesar. Ada baiknya mengupayakan kelola emosi dengan baik karena akan berdampak ke kondisi psikologis bayi. Jangan sungkan untuk mengutarakan hal-hal yang membuat perasaan nyaman dan senang pada suami dan orang terdekat. Jika mengalami depresi pasca melahirkan, segera meminta bantuan psikolog. Diskusikan beragam emosi yang dirasakan pada suami, orang terdekat atau tenaga ahli. Hal ini salah satu upaya agar segera pulih pasca melahirkan secara caesar dari sisi psikologis.

3. Merawat luka bekas sayatan
Seusai operasi, area sekitar luka akan tumbuh kulit baru yang mudah tergores. Perawatan luka pasca operasi secara umum adalah senantiasa memastikan tangan saat merawatnya selalu bersih, jangan menggosok atau menggaruk luka, tahan luka sayatan dengan bantal saat batuk agar agar menghindari tekanan pada permukaan kulit yang terluka. Selain itu, lakukan penjelasan dan saran detailnya dari dokter.

4. Cukupkan waktu istirahat
Istirahat dengan tidur, memberi manfaat untuk pertumbuhan jaringan dalam proses penyembuhan luka. Walaupun sebentar, hal tersebut akan memberi dampak tubuh lebih fit.

5. Kenali tanda bahaya
Meski dokter telah memberi antibiotik, infeksi luka masih bisa terjadi. Beberapa tanda infeksi seperti luka bertambah bengkak atau kemerahan, meningkatnya rasa nyeri, terdapat nanah hingga keluar cairan tak sedap. Selain itu, jika luka yang tertutup menjadi terbuka atau terpisah, segera hubungi dokter.

Mommies, tidak perlu membandingkan pengalaman operasi yang terjadi pada orang lain. Bisa saja tiap wanita mengalami pengalaman berbeda. Cukup fokus memerhatikan diri agar cepat pulih pasca melahirkan secara caesar.

 

Sumber:

https://www.google.com/amp/s/amp.suara.com/health/2019/11/16/114143/selvi-ananda-melahirkan-secara-caesar-apa-yang-terjadi-setelah-operasi

https://www.google.com/amp/s/m.tribunnews.com/amp/kesehatan/2019/11/17/usai-jan-ethesla-lembah-manah-lahir-operasi-berapa-lama-selvi-ananda-pulih-usai-persalinan-caesar

https://www.alodokter.com/5-Langkah-yang-Perlu-Kamu-Lakukan-Untuk-Pulih-Pasca-Caesar

 

Sumber ilustrasi:

– liputan6.com

– melahirkansesar.com

 

April Fatmasari

Seorang istri sekaligus ibu rumah tangga yang masih belajar memaknai universitas kehidupan dengan tulisan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *