Mommies Daily

Selain Kopi, 6 Makanan Ini Juga Harus Dihindari Bayi!

Mommies, masih ingatkah berita viral mengenai bayi yang diberi kopi 5 botol setiap harinya? Mommiesharing pernah membahas soal dampak pemberian kopi pada anak bayi.

Baca artikel Viral ! Tak Mampu Beli Susu, Bayi Diberi Kopi : Berikut 10 Fakta Bahaya Kopi Bagi Bayi

Miris, keadaan membuat sang ibu terpaksa memberikan kopi bagi anaknya. Dampak negatif yang lebih banyak dibanding manfaatnya membuat kopi menjadi salah satu minuman yang harus dihindari oleh bayi.

Setelah diberi ASI eksklusif selama 6 bulan, bayi akan mulai tahap MPASI untuk mengenal berbagai jenis makanan. Dengan penyesuaian tekstur, diharapkan bayi usia 1 tahun sudah dapat mengonsumsi makanan yang biasa keluarga santap setiap hari. Namun tentunya dengan penyesuaian bumbu dan rasa ya.

Sistem pencernaan pada bayi masih dalam tahap baru belajar mencerna makanan padat. Oleh karena itu, kita perlu tau apa saja sih makanan atau minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh bayi. Simak penjelasannya berikut ini :

Gula dan garam
Gula belum dibutuhkan bayi karena pemberian gula yang terlalu dini dapat menyebabkan kecenderungannya untuk lebih menyukai makanan manis yang mana dapat menyebabkan obesitas. Makanan manis juga dapat menyebabkan gigi karies. Sedangkan untuk pemberian garam juga tidak direkomendasikan sebab ginjal di usia bayi yang belum dapat berfungsi dengan sempurna untuk mencerna garam. Perlu diperhatikan juga kandungan gula dan garam yang ada pada snack bayi ya Mommies.

Kafein
Sama seperti kopi, teh juga mengandung kafein lho Mom! Begitu pula dengan minuman bersoda. Jadi, biarlah orangtuanya saja yang minum es teh manis dan es soda gembira ya Mom.

Madu
Madu mengandung bakteri Clostridium botulinum. Kandungan manfaat pada madu terbukti sangat baik untuk orang dewasa, namun bagi bayi, madu dapat menyebabkan keracunan. Akibatnya, bayi bisa menjadi sembelit, nafsu makan buruk dan berpotensi menyebabkan pneumonia dan dehidrasi. Tunggu sampai usia 1 tahun untuk si baby mencicipi madu ya Mom.

Susu Sapi
Pada kenyataannya, susu bubuk atau susu formula susah dicerna bagi bayi. Selain itu, susu formula juga tidak cukup mengandung nutrisi seperti zat besi dan vitamin E untuk pertumbuhannya. Sama seperti madu, paling tidak saat usia bayi 1 tahun baru deh boleh ikut minum susu sapi.

Makanan Mentah dan Unpasteurized
Makanan mentah semacam sayur-sayuran yang belum dimasak, ikan, telur, dan daging yang setengah matang atau mentah juga keju yang belum dipasteurisasi tidak boleh diberikan kepada bayi. Termasuk makanan atau minuman turunannya seperti jus dengan sayur mentah, mayonaise, cake dengan adonan yang setengah matang. Sistem imun pada tubuh bayi masih berkembang dan belum bisa membunuh bakteri yang ada pada makanan tersebut.

Seafood
Yang perlu dihindari adalah seafood yang mengandung tinggi merkuri, seperti ikan hiu, marlin dan tuna bigeye. Sedangkan untuk jenis shellfish, perlu diperhatikan riwayat alergi dan tingkat kematangannya. Tapi tenang saja Moms. Ikan yang baik untuk dikonsumsi bayi banyak sekali kok pilihannya. Jika tidak ada riwayat alergi, maka masih aman bagi bayi untuk mengkonsumsi ikan kakap, gurame, kembung, salmon dan gindara. Yummy!

Sumber:
https://www.strong4life.com/en/pages/convenience/articles/why-added-sugar-should-be-avoided-before-age-2
https://www.babycentre.co.uk/x555836/can-i-put-salt-in-my-babys-food
https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/foods-to-avoid-giving-babies-and-young-children/
https://www.whattoexpect.com/first-year/feeding-baby/foods-to-avoid-feeding-baby/
https://www.canada.ca/en/health-canada/services/food-safety-vulnerable-populations/food-safety-information-children-ages-5-under.html
https://www.parentingclub.co.id/smart-stories/5-jenis-ikan-yang-aman-untuk-mpasi

Sumber Foto:
https://unsplash.com/photos/FKwGPzwaGqc

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *