Mommies Info Mommies News

Sahabat Sulli, Goo Hara Meninggal Dunia. Bunuh Diri, ‘Menular’?

Belum lama kabar tentang meninggalnya Sulli Oktober 2019 lalu, kali ini disusul kabar sahabatnya, Goo Hara meninggal dunia karena bunuh diri di usia 28 tahun pada Minggu (24/11/2019) tepat pada pukul 18.00 waktu setempat.

Berdasarkan cuplikan dari kompas.com, Goo Hara merupakan sahabat dari Choi Jin-ri, atau yang akrab dipanggil dengan Sulli. Terakhir kabar tentang Goo Hara muncul saat Sulli meninggal. Saat itu, Goo Hara memberikan pesan yang sangat mengharukan.

Berkenaan dengan Goo Hara meninggal dunia karena bunuh diri, ada yang berpendapat bahwa bunuh diri itu menular. Namun, menurut psikolog klinis, Kasandra, istilah menular itu kurang tepat. Karena menular itu sendiri digunakan untuk perpindahan virus pada manusia. Lebih tepatnya, membuat seseorang untuk berpikir demikian.

Penyebabnya yaitu berkenaan dengan depresi, keadaan genetis seseorang dan keadaan lingkungan. Seseorang yang depresi diduga memiliki dopamin, adrenalin dan kadar zinc yang rendah serta ketidakseimbangan serotonin.

Seseorang yang memiliki pemikiran untuk bunuh diri harus segera ditolong. Pasalnya, bunuh diri bukanlah cara seseorang untuk menarik perhatian. Bukan pula karena seseorang itu pengecut, egois ataupun lemah. Namun merupakan cara seseorang untuk meminta tolong. Dia merasa sangat terjebak dengan kesulitan hidup yang sedang dialaminya.

Keadaan tersebut dialami oleh Goo Hara pada Mei 2019 lalu. Dia pernah mencoba untuk melakukan percobaan bunuh diri. Dia menuturkan penyebab sikap nekatnya melakukan hal tersebut karena dia sudah mencoba untuk berjuang dalam menghadapi permasalahan dan keadaan yang tidak menguntungkan dalam kehidupannya.

Orang yang memiliki pemikiran untuk bunuh diri, sebetulnya adalah ingin meminta pertolongan

Mommies, mari kita ambil pelajaran dari berita Goo Hara meninggal dunia ini. Jika ada diantara keluarga, saudara atau lingkungan sekitar kita yang sempat berpikiran untuk bunuh diri atau suicidal thought, tetap tenang dan mari segera kita dampingi. Tidak ada permasalahan yang mudah bagi seseorang. Mungkin bagi orang lain, masalahnya hanyalah persoalan sepele. Namun, tidak ada yang tau bahwa seremeh apapun permasalahan seseorang bagi kita, itu adalah keadaan sulit yang sedang dihadapinya saat ini.

Selain itu, mari kita berikan bantuan dengan tidak menghakimi permasalahannya dan mendengarkan keluh kesahnya dengan sepenuh hati. Jika perlu, arahkan dia untuk segera bertemu dengan profesional terdekat. Nyawa adalah hal berharga yang tidak bisa ditukar dengan apapun di dunia ini.

Sumber bacaan:

Sumber gambar:

Maulia Nur Adrianisah

Saya seorang wanita yg bangga memiliki profesi utama menjadi ibu rumah tangga. Juga seorang istri dari sesosok laki-laki yg senang mengajar dan menulis. Namun lebih terlihat cahayanya ketika menulis, lalu tanpa disadari saya pun mengikuti jejaknya. Semoga apapun yg kami tuliskan, bermanfaat bagi banyak orang, khususnya kami sendiri sebagai manusia yg masih perlu banyak belajar.
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *