Mommies Daily Mommies Info Mommies News

Rusuh Demo Mahasiswa! 4 Faktor Inilah Penyebab Tindakan Anarkis pada Seseorang

Hidup Mahasiswa!!! Begitulah jargon wajib bagi para Mahasiswa yang beberapa hari terakhir ini berbondong-bondong menyampaikan aspirasinya. Demonstrasi, begitulah kita menyebutnya.

Dilansir dari tirto.id, demonstrasi oleh para Mahasiswa terjadi di berbagai kota seperti Jakarta, Jogja, Bandung, Malang, Balikpapan, Samarinda, Purwokerto, dan lainnya. Tahukah mommies apa tuntutan yang mereka sampaikan? Ya, menolak RUU KUHP dan Revisi UU KPK.

 

Sumber : Okezone, 2019

Demonstrasi yang terjadi pada Selasa (24/09/19) tersebut merupakan salah satu demonstrasi besar yang dilakukan oleh mahasiswa, bahkan tagar yang berhubungan dengan aksi tersebut menjadi viral di jagat media sosial hingga menjadi Trending Topic di dunia. Luar biasa kan, mommies?!

Menurut pakar di dosensosiologi.com, demonstrasi dapat terjadi karena beberapa sebab, diantaranya sistem yang menyimpang, sistem yang berubah dan sistem yang tidak berfungsi. Demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa tempo hari disebabkan oleh adanya kebijakan pemerintah yang dirasa merugikan bagi rakyat Indonesia.

Disisi lain, demonstrasi akan mengakibatkan beberapa hal meliputi kerusuhan, penangkapan tokoh demonstrasi, kemacetan, muncul dampak pada perekonomian dan menghambat laju pembangunan daerah.

 

Sumber : Kompas, 2019

Sayangnya dilansir dari kompas.com, demonstrasi yang berawal damai tersebut dikabarkan memanas hingga terjadi kericuhan. Tindakan anarkis yang dapat memicu kerusuhan tersebut akan merugikan masyarakat sekitar. Berikut adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang mudah melakukan tindakan anarkis atau kekerasan ketika aksi demonstrasi berlangsung :

1. Faktor Genetik
Beberapa penelitian telah menyimpulkan bahwa adanya riwayat keluarga dengan tindakan agresif dapat berperilaku terhadap anak. Penelitian yang dilakukan pada anak kembar menunjukkan bahwa anak pada kelompok kembar monozigot yaitu dari satu sel awal yang sama, memiliki tingkat perilaku kekerasan yang yang lebih mirip dibandingkan kembar dari zigot atau sel yang berbeda.

2. Faktor Psikososial
Menurut teori pembelajaran sosial, perilaku kekerasan adalah hasil dari pengalaman masa lalu yang melibatkan pengaruh lingkungan dan adanya imbalan. Oleh karenanya, kita harus lebih cermat ketika berinteraksi dengan lingkungan karena faktanya lingkungan sosial seseorang memberi dampak yang besar bagi perilaku seseorang.

3. Penggunaan Alkohol dan Obat Terlarang
Penggunaan zat terlarang telah terbukti meningkatkan resiko perilaku kekerasan. Bahkan ada penelitian yang menyimpulkan bahwa pasien yang menggunakan alkohol atau narkoba memiliki lebih banyak jumlah penahanan selama hidupnya dibandingkan pasien dengan skizofrenia, gangguan kepribadian atau gangguan afektif.

4. Adanya Gangguan Psikiatri atau Kejiwaan
Sudah dapat dipastikan apabila seseorang yang memiliki gangguan psikiatri akan lebih sulit mengontrol diri hingga mudah untuk melakukan kekerasan. Gangguan kejiwaan yang ada hubungannya dengan kekerasan diantaranya gangguan psikotik, gangguan afektif dan stress pasca trauma.

Perilaku tindak anarkis ketika aksi demonstrasi berlangsung memerlukan pemeriksaan mendalam karena melibatkan kelompok dan faktor penyebab yang bervariasi. Apapun faktor penyebabnya, semoga Indonesia selalu damai ya mommies.

 

 

Sumber :
– Idhom, Adhi M. 2019. Penyebab Demo Mahasiswa Hari Ini dan Respons Jokowi soal RUU KUHP. https://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/penyebab-demo-mahasiswa-hari-ini-dan-respons-jokowi-soal-ruu-kuhp-eiAV
– DosenSosiologi. 2018. Pengertian Demonstrasi, Sebab, dan Akibatnya. http://dosensosiologi.com/pengertian-demonstrasi/
– Sugiharti Irene. 2019. IHSG tergelincir, analis sebut akibat demonstrasi di sejumlah kota. https://investasi.kontan.co.id/news/ihsg-tergelincir-analis-sebut-akibat-demonstrasi-di-sejumlah-kota
– Utama, Pradita. 2019. Potret Macet Akibat Demo di Depan Gedung DPR.https://m.detik.com/news/foto-news/d-4719023/potret-macet-akibat-demo-di-depan-gedung-dpr
– Asril, Sabrina. 2019. Situasi Terkini Demo Mahasiswa, Pos Polisi Palmerah Dibakar. https://megapolitan.kompas.com/read/2019/09/24/21442461/situasi-terkini-demo-mahasiswa-pos-polisi-palmerah-dibakar
– Klikdokter. Kenali 4 Faktor Risiko Tindakan Anarkis Yang Terjadi Saat Demo. https://www.google.com/amp/s/m.klikdokter.com/amp/3627823/kenali-4-faktor-risiko-tindakan-anarkis-yang-terjadi-saat-demo

Sumber gambar :
– www.kompas.com
– www.tirto.id
– www.okezone.com

Ciptaningtyas D. A. Ikaningrum

Seorang Ibu muda yang ingin sepenuhnya membersamai anak di rumah dan menjadikan rumah sebagai tempat bermain yang menyenangkan.
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *