Mommies Daily

Rayakan Peringatan Hari Anak Nasional 2019, Inilah Pesan Penting Menteri Yohana Yembise

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise yang akrab disapa Mama Yo, merayakan peringatan Hari Anak Nasional pada hari Selasa (23/7/2019) bersama ribuan anak Indonesia. 

Acara tersebut digelar di Lapangan Karebosi, Makassar. Kota Makassar ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Anak Nasional tahun 2019.

Menteri Yohana datang didampingi Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah serta Menteri Keluarga, Tenaga Kerja dan Layanan Sosial Republik Turki H.E Zehra Zümrüt Selcuk menuju Lapangan Karebosi dan disambut penampilan anak-anak Indonesia yang sedang memutar alat permainan khas Makassar yaitu katto’-katto’.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) disebutkan bahwa pada sambutan yang disampaikan oleh Menteri Yohana yaitu anak-anak harus menjadi fokus utama pembangunan. 

” Mereka  (anak-anak) punya hak yang sama untuk hidup dan berkembang secara optimal serta merasakan lingkungan yang aman, nyaman dan bahagia. Negara harus mempersiapkan kualitas anak-anak karena mereka merupakan generasi penerus bangsa yang kelak akan menjadi pemimpin masa depan.”, tutur Menteri Yohana dalam sambutannya.

Menteri Yohana juga berpesan kepada seluruh anak Indonesia yang berbunyi, ” Anak-anak, manfaatkan kesempatan dengan baik untuk melakukan hal-hal positif. Belajarlah yang rajin, banyak membaca buku, rajin beribadah, hormat kepada orang tua, sayangi sesama teman dan teruslah berprestasi.”

” Kemudian kepada seluruh orang tua dan keluarga Indonesia : jaga dan lindungi anak-anak agar tetap semangat. Ciptakan lingkungan agar mereka merasa aman, nyaman dan bahagia.”, pesan Menteri Yohana.

Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2019 ini bertema ‘Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak’. Tema ini diangkat sebab Kemen PPPA ingin membangun kembali kepedulian, kesadaran serta partisipasi seluruh lapisan masyarakat Indonesia supaya mampu menciptakan keluarga yang mempunyai pola pengasuhan yang penuh wawasan, terampil dan berkualitas serta memiliki pemahaman secara menyeluruh tentang pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

Keluarga harus menjadi tameng pelindung karena keluarga merupakan pengasuh pertama dan utama bagi anak-anak. Kualitas keluarga sejatinya adalah kunci pembentukan karakter anak-anak, jadi sepatutnya keluarga harus mengerti cara mengasuh dan memenuhi hak anak.

Peringatan Hari Anak Nasional telah diselenggarakan sejak tahun 1986 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 1984. 

Melalui peringatan Hari Anak Nasional ini,  pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia diharapkan mampu aktif berpartisipasi untuk meningkatkan kepeduliannya dalam menghormati, menghargai dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi. 

Selain itu, Hari Anak Nasional bisa dijadikan momentum guna menambah kepedulian semua warga Indonesia terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak agar bisa tumbuh dan berkembang secara optimal sehingga mampu menjadi generasi penerus yang berkompeten dan memiliki kualitas tinggi.

sumber referensi :

www.kemenpppa.go.id

Aprilia Tika Primasanti

Seorang ibu yang bersemangat belajar untuk menjadikan hidupnya bahagia dengan membersamai keluarga dan semaksimal mungkin ingin bermanfaat dan membawa perubahan menuju lebih baik.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *