Health

Rahasia Mulut Tetap Segar Saat Berpuasa

Di bulan Ramadhan, umat Islam akan menjalankan ibadah puasa. Berpuasa tak hanya sebatas perintah agama, namun juga memiliki banyak manfaat bagi yang menjalaninya, salah satunya adalah detoksifikasi tubuh. Dengan berpuasa, tubuh akan menjadi lebih sehat karena saat inilah kita akan mengistirahatkan sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Jika selama ini makanan bisa masuk kapan saja ke dalam tubuh tanpa mengenal waktu, saat berpuasa ini semua akan lebih teratur. Akan tetapi, berpuasa juga dapat menimbulkan permasalahan tersendiri yang sangat umum di alami oleh setiap orang yang berpuasa, yakni permasalahan bau mulut.

Bau mulut saat berpuasa dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain berkembangnya kuman penyebab bau mulut, asam lambung yang naik, dan rongga mulut yang kering. Oleh karena itu, mommiesharing akan memberikan sedikit tips agar mulut terasa segar saat berpuasa.

 

  • Minum air putih yang cukup

Asupan air putih yang cukup dapat melancarkan produksi air liur. Produksi air liur yang baik akan terus membantu rongga mulut tetap basah, sehingga terhindar dari bau mulut.

  • Hindari makanan yang berbau tajam dan tidak sedap

Saat berpuasa, hendaklah menghindari makanan yang berbau tajam seperti jengkol, pete, bawang merah mentah, dan bawang putih mentah. Makanan tersebut dapat meninggalkan aroma tak sedap di dalam rongga mulut dalam jangka waktu lumayan panjang yang tentu akan menganhgu kesegaran mulut saat berpuasa.

  • Hindari makanan yang berminyak dan terlalu pedas

Makanan yang berminyak dan  terlalu pedas juga dapat menjadi pemicu munculnya bau tak sedap pada mulut. Hal tersebut terjadi karena minyak dan makanan pedas akan merangsang naiknya asam lambung. Gas dari lambung akan naik ke rongga mulut yang tentu akan memengaruhi aroma dari rongga mulut itu sendiri.

  • Sikat gigi dan bersihkan mulut secara teratur

Agar terbebas dari bau mulut, sudah pasti harus menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut. Sikat gigi adalah salah satu upaya mencegah datangnya bau mulut. Namun, hal itu tidaklah cukup tanpa dilanjutkan dengan membersihkan lidah dan berkumur menggunakan mouthwash tanpa alkohol untuk membersihkan rongga mulut yang tidak terjangkau sikat gigi. Selain menggunakan mouthwash, moms bisa menempuh cara tradisional seperti berkumur dengan air garam atau rebusan air sirih.

  • Konsumsi sayur dan buah yang cukup

Konsumsi sayur dan buah yang cukup akan membuat kesehatan rongga mulut dan organ pencernaan terjaga, sehingga akan mengurangi resiko bau tidak sedap yang timbul, baik dari mulut maupun dari dalam perut, moms.

  • Hindari merokok

Salah satu yang lebih baik ditinggalkan adalah merokok. Di samping merokok dapat mengganggu kesehatan, merokok juga dapat membuat aroma nafas menjadi tidak segar karena adanya residu yang tertinggal di tenggorokan.

  • Hindari tidur berlebihan

Saat berpuasa memang tidur dapat menjadi solusi untuk mengurangi rasa haus dan lapar. Akan tetapi, tanpa disadari ternyata tidur berlebihan juga mampu menimbulkan aroma tak sedap dari dalam rongga mulut. Hal tersebut terjadi lantaran selama tidur rongga mulut cenderung kering.

 

Demikian tips dari mommiesharing. Semoga ibadah puasanya dapat berjalan lancar dan mulut tetap terasa segar ya, moms 😊

Miranti Verdiana Ranu Muindro

Miranti Verdiana Ranu Muindro

Hello, I’m Mira and I’m One Happy Housewife! Allah has blessed me with an amazing husband and a wonderful son. I am half Javanese and half Sundanese. I love writing, organizing, home decorating, playing with my son, and planning out and making lists for everything! I am lucky enough to be a housewife and stay-at-home mom and do what I love everyday.

Related Posts