Mommies Info

Program Posyandu di Bulan Agustus, Bulannya Vitamin A Gratis untuk Balita

Hai Mommies…

Memasuki bulan Agustus yang sedang berjalan menandakan bulannya vitamin A, selain bulan Februari. Sudahkah Mommies mengajak buah hati untuk memperoleh kapsul vitamin A di Posyandu terdekat? Yuk simak informasi terkait pentingnya vitamin A untuk balita.

 

Dampak Kekurangan Vitamin A (KVA)

Kurangnya Vitamin A atau yang biasa disingkat KVA hingga kini masih menjadi masalah yang tersebar di seluruh dunia terutama di negara berkembang. KVA ini bisa terjadi pada semua umur apalagi pada masa pertumbuhan. Dampak nyata KVA bisa menimbulkan kelainan mata pada anak-anak bahkan bisa menyebabkan kebutaan. 

 

Program Pemerintah sebagai Solusi

Pemerintah Indonesia juga ambil sikap terhadap masalah kekurangan vitamin A ini dengan program suplementasi vitamin A dosis tinggi kepada anak balita. Suplementasi vitamin A merupakan program intervensi pemberian kapsul vitamin A bagi anak usia 6-59 bulan dan ibu nifas. 

Selain untuk mencegah kebutaan, program ini juga bertujuan untuk menanggulangi KVA atau kekurangan vitamin A khususnya pada balita. Pemberian vitamin A pada program ini dibagi menjadi dua jenis yaitu kapsul biru dengan dosis 100.000 IU untuk bayi usia 6 hingga 11 bulan dan kapsul merah dengan dosis 200.000 IU untuk usia 12 hingga 59 bulan. Pemberian vitamin A ini biasanya diadakan pada bulan Februari dan Agustus di Posyandu dan Puskesmas terdekat.

 

Manfaat Vitamin A untuk Balita

Vitamin A merupakan salah satu zat gizi penting yang mampu larut dalam lemak dan disimpan dalam hati. Vitamin A tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga pemenuhan vitamin A bisa diperoleh dan dipenuhi dari luar. Diantara manfaat vitamin A pada balita ialah :

  1. Meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit seperti campak dan diare.
  2. Menjadi tindakan preventif terhadap kelainan sel pada mata.
  3. Membantu proses penglihatan dalam adaptasi terang ke tempat yang gelap.
  4. Mencegah terjadinya proses metaplasia sel yang bisa menyebabkan kekeringan pada mata.

 

Pemberian vitamin A secara gratis bisa Mommies dapatkan di sarana fasilitas pelayanan kesehatan yaitu di Posyandu, Puskesmas, Pustu, Polindes, Klinik Praktek Dokter atau Bidan Swasta hingga di sekolah TK serta PAUD.

Mumpung bulan Agustus nih, bagi Mommies yang buah hatinya belum memperoleh vitamin A, yuk segera datang ke posyandu terdekat. Namun apabila Mommies belum bisa datang ke posyandu sebab ada keperluan mendesak, datang saja ke bidan desa atau puskesmas terdekat untuk mendapatkan vitamin A secara gratis.

 

Sumber :

www.kesmas.kemkes.go.id

dinkes.acehprov.go.id

Aprilia Tika Primasanti

Seorang ibu yang bersemangat belajar untuk menjadikan hidupnya bahagia dengan membersamai keluarga dan semaksimal mungkin ingin bermanfaat dan membawa perubahan menuju lebih baik.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *