Kuliah Whatsapp

Pijat P3 (Pertolongan Pertama pada) Bayi di Rumah – MommiesKulwapp #7 Mommiesharing

PROFIL NARA SUMBER

Nama: Pinjung Firmanfini A. MD

Tempat, tanggal lahir: Mojokerto, 03 Oktober 1988

Suami: Novianto Christyan, S. E

Anak: Afif Zafran Raditya

Terapis Griya Battra Rumah Sakit Batoel

Telp : 082244742396

Ig : @pinjungfirmandini


SESI TANYA JAWAB 

  1. Nama : AmaliaDomisili : Mojokerto

Pertanyaan :

Mom anak saya sudah 1 tahun tapi belum bisa makan nasi utuh, kadang dia malas mengunyah makanannya mom, kalau sudah begitu biasanya dia muntahin makanannya. Jadi sampai sekarang anak saya masih makan bubur saring. Adakah pijat yg bisa meningkatkan kemampuan mengunyahnya? Saya pernah dengar istilah pijat oromotorik, apa benar pijat tersebut bisa menjadi solusi kalau anak malas mengunyah?

Jawaban :

Hai mom Amalia..

Mari di evaluasi dari awal proses mp-asi dulu seperti apa? bahan mpasinya? teksturnya?

Lalu, bagaimana dengan kemampuan bicarany sekarang? Sudah tumbuh gigi berapa? Dari  usia berapa mulai tumbuh gigi ?

Mengunyah berhubungan dengan stimulasi di sekitar otot-otot mulut, belum ada kemauan untuk mengunyah bisa disebabkan karena adanya gangguan saluran cerna maupun hipersensitifitas pada suatu bahan makanan yang menyebabkan rasa mual & muntah sehingga anak cenderung picky eater (pilih-pilih makanan)

Oromotor itu mencakup area rongga mulut termasuk rahang, gigi, lidah, langit-langit, bibir dan pipi yang menjadi dasar dari kegiatan makan seperti menghisap, menelan, menggigit dan mengunyah.

Treatment penunjang yang bisa dilakukan di rumah sangat disarankan dengan stimulasi oromotor dan pijat. Khusus untuk stimulasi oromotoriknya bisa dilakuin pijat wajah ditekankan pada daerah sekitar mulut dengan ketukan jari – jari dan sepanjang rahang gigi dengan gerakan spiral, bisa juga diterapkan pijatan di daerah perut dengan gerakan usapan searah jarum jam sebanyak 7-10 putaran untuk memperbaiki metabolisme pencernaannya. Stimulasinya cukup sehari 1-2x mom selama 1-2minggu. Dimulai dari sekarang! semangat ya mom…

Tanggapan Mom Amalia :

#MomsMenanggapi

*mari di evaluasi dari awal proses mp-asi dulu seperti apa ?

Awal mpasi saya beri menu tunggal 7 hari mom, setelah itu lanjut menu 4*, kadang bisa habis 1 porsi kadang masih nyisa.

*bahan mpasinya?

saya cukupi komposisi menu 4*, karbohidrat ,protein hewani ,protein nabati, sayur

*teksturnya ?

dulu sempat saya naikkan teksturnya tapi semenjak usia 8 bulan (saat itu dia sakit radang tenggorokan, balik ke tekstur 100% saring)

*lalu, bagaimana dengan kemampuan bicaranya sekarang?

sudah bisa mengucap kata ayah, gajah, dan namanya ziyyaa (kurang N nya)

*sudah tumbuh gigi berapa?

sekarang giginya ada 5

*dari usia berapa mulai tumbuh gigi ?

sejak usia 5 bulan

Betul mom anak saya hipersensitif dengan ikan laut, sampai sekarang saya tunda pemberiannya. Saya coba treatmentnya mom, terima kasih sarannya.

Jawaban dari tanggapan:

baik mom

klo saya baca dari milestone adek sangat baik…

hipersensitif pencernaannya secara teori akan membaik di usia 3tahun dan bisa hilang di usia 5tahun mom..

 

  1. Nama : Sayyidah – Domisili : Bogor

Pertanyaan :

Bayi saya usia 3 bulan, susah disendawakan setelah menyusu. Sudah di tepuk – tepuk punggungnya dan coba beberapa posisi tapi masih agak sulit sendawa. Apakah itu berbahaya? Apakah bisa menimbulkan kolik? Lalu pijatan yang bagaimana yang sebaiknya dilakukan?

Jawaban :

Hai mom Sayyidah..

Bayi setelah menyusu tidak harus sendawa, sendawa terjadi kalau ada gas udara yg masuk ke lambung. Kalaupun tidak sendawa setelah menyusu itu berarti proses perlekatan (latch on) tepat, kecuali setelah menyusu, bayi gumoh maka perlu disendawakan untuk mengurangi gas udara yang masuk di dalam lambung dengan cara diberdirikan, ditepuk halus punggung, didudukkan dipangkuan dengan badan bayi condong ke depan. Tidak sendawa bukan pemicu dari kolik, kolik terjadi karena gumoh/muntah yg dibiarkan.

Pijatan mencegah terjadinya kolik bisa dengan tehnik ILU.

Tanggapan Mom Sayyidah :

#MomsMenanggapi

Alhamdulillah terimakasih banyak penjelasannya mom. Saya kira memang setiap selesai menyusu harus disendawakan. Cuma yang agak repot itu kalo babyku tidur malam karena habis nyusu langsung pules. Saya kira akan bahaya sekali.

Alhamdulillah setiap selesai mandi saya selalu beri pijatan ILU. Nah untuk gumoh/muntah yang dibiarkan itu maksudnya gimana ya mom? Maaf aku belum mudeng hehe

Jawaban dari tanggapan:

hehee tidak apa – apa mom itu kata tersirat

Dibiarkan dalam arti, bayi gumoh cukup dibersihkan tanpa ada ritual untuk disendawakan, lama kelamaan jika itu berlangsung lama akan menganggu proses pencernaan bayi.

  1. Nama : Kasih Maharani – Domisili : Pontianak

Pertanyaan :

Bayi saya umur 13 bulan, akhir2 ini sebelum tidur setelah menyusu, suka saya pijat punggung dan telapak kakinya dengan minyak kutus2, setelah itu bayi saya bisa tidur pulas. Apakah tidak masalah bila itu dilakukan tiap malam sebelum tidur? Makasih mom..

Jawaban :

Hai mom Kasih Maharani…

Seperti namanya yang penuh kasih…

Bounding is goals! Teruskan dan lanjutkan mom kebiasaan tersebu karena sangat banyak manfaat dari pijat bayi, selain itu tidur yang nyenyak pada bayi memaksimalkan proses tumbuh dan berkembangnya.

  1. Nama : Sinta – Domisili : Tangsel (Asli Solo)

Pertanyaan :

Berapa kali sih idealnya pijat bayi dilakukan dalam seminggu mom?

Jawaban :

Hai mom Sinta…

Pijat bayi bisa dilakukan setiap hari dengan lama 15menit. Yang menentukan manfaat tidaknya bukan dari kuantitas tetapi pada kualitas artinya yang perlu diperhatikan adalah waktu pijat yang tepat seperti yg sudah saya jelaskan

 

  1. Nama : Wida Widya – Domisili : Cilegon

Pertanyaan :

Bagaimana pijat ILU yg benar? Saya melihat dari beberapa gambar arah pemijatannya berbeda. Apakah tidak masalah meskipun beda arah? Terimakasih

Jawaban :

Hai mom Wida..

Arah Pijat ILU adalah dari sisi kiri badan bayi, membentuk huruf L & U terbalik.

Tidak masalah kalaupun pernah berbeda arah pijatannya, karena pijat adalah stimulasi yang bekerja secara periodik berbeda dengan minum obat yang akan langsung diserap oleh tubuh.

Tanggapan Mom Wida :

Terimakasih penjelasannya mom Pinjung Firmandini, jadi tidak apa – apa ya kalau pernah salah arah juga.

Jawaban dari tanggapan:

Tidak apa-apa bun, pijat itu tidak ada yang salah kok, apalagi dilakukan oleh ibunya sendiri termasuk stimulan positif untuk tumbuh dan kembang anak.

 

  1. Nama : Naning – Domisili : Surabaya

Pertanyaan :

Jika bayi tidak ada keluhan sakit yang disebutkan diatas, adakah teknik pijat khusus untuk meningkatkan pola tidur dan kenyamanan bayi (misal kalau orang dewasa capek – capek setelah dipijat badan jadi enakan dan tidur jadi pules)

Jawaban :

Hai mom Naning..

Manfaat pijat tentu sebagai relaksasi bayi dan membuat tidur bayi lebih nyenyak. Pijat bayi diterapkan dari kaki – tangan – perut – wajah – punggung.

Tanggapan Mom Naning :

#MomMenanggapi

Alhamdulillah terimakasih penjelasannya mom Pinjung Firmandini

Gerakan -gerakannya apakah ada teknik khususnya mom? Khususnya pada perut. Misal kayak ILU

Jawaban dari tanggapan:

Pijat bayi untuk relaksasi bisa diterapkan semua gerakan mom, contohnya di perut, tidak hanya tehnik ILU saja tapi bisa gerakan usapan searah jarum jam dan gerakan setengah lingkaran pada perut mom. Tehnik khusus diterapkan pada keluhan sakit bun, lebih ke lama pijatannya, contoh kalau lagi pilek lebih sering pijat di wajah.

 

  1. Nama : Mom X

Pertanyaan :

Halo mom Pinjung

Saya mau nanya nih kalau selama pijat untuk meringankan batuk dan pilek khusus wajah bisa diperjelaskah bagaiamana saja gerakan pijatnya karena dari gambar masih kurang paham

Jawaban :

Saya coba kasih nama gerakan2 pijat wajah ya mom nanti bisa search di youtube massage common-cold.

tehnik-tehniknya:

  1. sinus line
  2. cheeck Rain Drop

 

  1. Nama : Ardini

Pertanyaan :

Hai mom Pinjung Firmandini salam kenal. Saya Ardini, usia anak 10mos. Adakah terapi pijat khusus terutama di area kaki agar anak bisa cepat berjalan? Mohon penjelasannya, terimakasih.

Jawaban :

Hai mom Ardini Norasiska

Melatih berjalan bisa dengan Baby Gym: serangkaian gerakan pada anggota gerak untuk stimulasi kekuatan otot. Ini bisa dibantu dengan treatment baby spa (berenang) mom

Tanggapan Mom Ardini :

Anak saya dikasih berenang malah nangis mom…

Jawaban :

 hehheee..kalau susah pernah berenang dengan pemakaian pelampung leher, bisa dicari pelampung dada mom, karena usia 10mos sudah mulai berkembang psikisnya, sudah bisa protes. Cari waktu di luar jam tidur/makan adek…

Masukkan kakinya dulu sambil main-main di kolam/bak air, buat suasana menyenangkan sambil bermain bola-bola kecil atau bunyi-bunyian kalau raut muka anak sudah senang bisa mulai di masukkan ke dalam kolam..

 

  1. Nama : Mom X

Pertanyaan :

Assalamulaikum mom Pinjung Firmandini. Saya mau tanya gimana anak biar doyan sufor ya? Karena anak saya gak mau sufor dan sudah lulus ASI 2tahun sekarang anak saya usianya 25bln sudah di sapih sih tapi dianya gak doyan sufor…

Jawaban :

Bisa saya sarankan konsultasi dengan bidan posyandu atau dokter anak ya mom, karena ke konselor hanya ada konselor ASI belum ada untuk Konselor Sufor, hehehe

Banyak search artikel tentang nutrisi anak ya mom, kalau 2 tahun sudah makanan keluarga jadi bisa dibantu dari makanannya…

 

  1. Nama : Hafsari – Domisili : Gresik

Pertanyaan :

Cara agar anak nurut diam saat dipijat bagaimana ya mom? Kesusahan pijat setelah anak mandi. Tidak bisa diam

Jawaban :

Hai mom

Usia berapa ya mom bayinya? Untuk membuat anak diam ‘sesaat’ saat pijat dengan mengalihkan perhatiannya & membuat bayi fokus.

Saat usia bayi 3-5bln yang sudah bisa tengkurap bisa dialihkan perhatiannya dengan mainan yang bergerak dan bunyi. Saat terlentang bisa dialihkan dengan diajak menyanyi. Berbeda pada bayi usia 8bln -1th  yang sudah bisa duduk, bisa diajak sambil bermain dan memang pijatnya kurang disukai kalau diposisikan terlentang atau tengkurap. Kalau yang sudah berjalan berlari pijatnya pun bisa dilakukan sambil bermain sesuka anak dan sekenanya. Tetapi pada usia 3-5th biasanya sudah dengan kemauan sendiri minta dipijat.

Tanggapan Mom Hafsari :

Usia 1th mom. Berarti pijat sambil duduk atau berdiri tidak apa-apa ya? Karena dia lagi suka-sukanya berdiri

Jawaban dari tanggapan:

Iya tidak apa-apa

 

  1. Nama : Laras – Domisili : Depok

 Pertanyaan :

Bukannya pijat ILU itu memang sudah paten gerakannya seperti itu ya mba? Terimakasih

Jawaban :

Hai mom Laras…

Memang benar bun sudah paten tapi kadang memang di beberapa refferensi masih ditemui info tentang urutan dan arah pijat ILU yang keliru..

Tanggapan Mom Laras :

Boleh ku minta picture pijat ILU mom?  Soalnya tadi dijelaskan hanya lewat kata-kata.  Khawatir nanti saya dan mom disini keliru dalam mempraktekan.

Karena pijat ILU itu setahuku gerakannya seperti mengarah ke anus,  agar kotoran dalam perut diarahkan menuju anus lewat pijatan ILU. Saya selalu menerapkan ini ke anak-anak saya, sudah benar belum?

 

Jawaban dari tanggapan:

 

 Nama : RestyDomisili : Tasikmalaya

 Pertanyaan :

Mau tanya, saya punya bayi usia 7,5 bulan, anak saya sering sekali konstipasi. Konstipasi parah pas mulai mpasi, anak saya full ASI. Padahal saya sering pijat ILU. Apakah ada cara pijat yang lain untuk mengatasi konstipasi mom?

Jawaban :

Hai mom Resty..

Pijat bayi untuk mengatasi konstipasi selain dengan pijat ILU juga di kaki dengan gerakan pijat mengayuh. Bisa searching juga tehnik pijat lainnya untuk konstipasi di kaki dengan tehnik :

hold feet

relaxation

 

Lamtiyah Ikha Indriyana

Lamtiyah Ikha Indriyana

Ibu satu anak yang masih belajar dan berusaha mengelola waktu, tenaga dan pikiran demi menjadi ibu dan istri terbaik untuk keluarga

Related Posts