Mommies Daily

Perlunya Manajemen Emosi Pada Ibu

Tak dapat dipungkiri, mayoritas seorang wanita kerap kali lebih mudah terpicu emosinya (baca : baper 😊) dalam menghadapi suatu masalah bila dibandingkan dengan seorang lelaki. Apalagi jika wanita ini sudah menyandang status sebagai istri bahkan menjadi seorang ibu, rasanya adaaa aja masalah tiap hari.

Pemicu masalah bisa datang dari mana saja. Misalnya, mungkin bisa dari suami yang kurang peka, mertua yang terlalu ikut campur mengatur urusan rumah tangga, anak-anak yang rewel dan saling berebut perhatian, kerjaan kantor yang menumpuk belum lagi kerjaan rumah yang tak kunjung beres, hingga kondisi rumah yang mirip kapal pecah alias berantakan 😭😭

Tenang mommies.. engkau tak sendiri.. saya yakin hampir semua ibu pernah merasakan derita yang sama.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang biasanya saya praktekkan sendiri saat emosi sedang memuncak :

1. Inhale Exhale.

Yap, saat kita marah, cobalah untuk menahan nafas lalu kemudian tarik nafas dalam. Ulangi terus menerus. Menurut berbagai sumber, bernapas dalam, memungkinkan pasokan oksigen ke otak, sistem saraf dan seluruh tubuh tercukupi. Efek yang dirasakan kemudian adalah kita bisa menjadi lebih tenang, bahagia, dan merasakan nikmat yang luar biasa. Keadaan ini muncul akibat otak menyemprotkan saripati kenikmatan dalam tubuh karena kedua belah otak berada dalam keseimbangan.

2. Selalu berpikir positif.

Jangan pernah ijinkan hal-hal negatif menguasai pikiran kita. Trik ini memerlukan banyak latihan. Percayalah bahwa segala yang terjadi di hidup mommies adalah takdir terbaik yang diberikan Alloh Ta’ala. Sepahit apapun, pasti ada hikmah dibaliknya yang membuat kita semakin dewasa, tegar dan berpengalaman.

3. Miliki dan penuhi 4 TIMES.

Pertama :

ME TIME yaitu waktu untuk diri sendiri. Para ibu punya cara masing-masing dalam hal menikmati me time ini diantaranya ; makan atau nyemil sambil nonton drakor, membaca buku hingga tuntas tanpa gangguan anak-anak bahkan menikmati relaksasi hingga berbagai perawatan di salon spa 😙😙.


Kedua :

COUPLE TIME alias waktu berdua dengan suami, hanya berdua lho yaa.. nonton film bioskop bergenre romantis berdua aja lantas anak-anak biar sekali-kali minta tolong titip di rumah kakek neneknya eh 😄 atau bisalah menikmati teh hangat berdua sambil ngobrol asik tanpa gangguan anak-anak.. honeymoon lagi dehh pokoknya.

Ketiga :

FAMILY TIME yaitu waktu bersama keluarga, bisa dengan rekreasi bareng atau saling silaturrahmi lewat arisan keluarga besar tiap tahun misalnya.

Terakhir :

SOCIAL TIME a.k.a waktu untuk bersosialisasi dan bermasyarakat. Yap, bersosialisasi bukan hanya untuk sosialita ya gaess.. Kalo saya biasanya suka ikut aktif kegiatan PKK di komplek kawasan tempat tinggal atau bisa juga dengan cari ilmu dan pengalaman bertemu langsung para mommies dengan mengikuti seminar parenting atau tema lain di berbagai event. Atau bisa juga aktif mengikuti komunitas-komunitas parenting seperti MommieSharing ini. Di komunitas ini, kita tak hanya mendapatkan ilmu dan wawasan, tapi kita juga bisa menambah teman dan saudara dengan berbagi pengalaman dan hikmah positif yang bisa menjadi inspirasi bagi yang lain.

Hal-hal demikian ini memiliki pengaruh besar setelah saya aplikasikan dalam hidup saya. Alhamdulillah efeknya luar biasa positif.

4. Lampiaskan lewat hobi.

Entah itu dengan melukis, menyanyi, main game, memasak bahkan mendekorasi. Kalau saya biasanya sih melampiaskan emosi lewat menulis. Menulis apapun kadang hanya coretan di diary atau buku catatan hingga di blog pribadi.

Kurang lebihnya demikianlah manajemen emosi ala saya. Saya yakin setiap ibu pasti punya cara masing-masing dalam menghadapi perasaan emosi tersebut.

Terlepas dari itu semua, kita sepatutnya sadar penuh bahwa segala yang terjadi di adalah memang garis kehidupan yang Alloh anugerahkan untuk kita. Kita patut bersyukur dan qona’ah yakni menerima apa adanya. Bisa jadi, di seberang sana banyak yang lebih susah dari kita.

Semoga bermanfaat. Mohon maaf atas kekurangan saya. Terimakasih 😙😙

Aprilia Tika Primasanti

Aprilia Tika Primasanti

Seorang ibu yang bersemangat belajar untuk menjadikan hidupnya bahagia dengan membersamai keluarga dan semaksimal mungkin ingin bermanfaat dan membawa perubahan menuju lebih baik.

Related Posts