Mommies Daily

Perhatikan! Inilah 5 Gejala Kondisi Bayi Baru Lahir yang Harus Segera Ditangani Dokter

Memiliki buah hati memang jadi hal yang sangat membahagiakan setiap pasangan, apalagi anak pertama. Rasa bahagia dan haru pasti menyelimuti hati ibu dan ayah baru.

Tapi sayangnya, semuanya tak selalu berjalan lancar. Ada saja masalah yang dialami bayi baru lahir sehingga membutuhkan penanganan lebih lanjut oleh dokter.

Nah mommies, pada artikel ini Mommiesharing akan memberikan informasi mengenai hal-hal yang membuat newborn atau bayi baru lahir harus segera dibawa ke dokter. Kira-kira apa saja penyebabnya ya? Yuk simak artikelnya.

1. Tidak Mau Menyusu
Saat mom bisa memproduksi ASI dengan baik, maka proses meng-ASI-hi jadi hal yang sangat penting dilakukan untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi. Terutama pada masa awal kelahiran. Hanya saja, bila si bayi tidak mau menyusu, maka harus dilihat lebih lanjut apakah ada masalah seperti tongue tie, proses pelekatan tidak sempurna atau hal lainnya. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan oleh ahli agar tidak ada salah diagnosis yang bisa berakibat fatal.

2. Tidak BAK dalam Kurun Waktu 24 jam
Meski ASI bisa diserap oleh tubuh jauh lebih baik daripada susu formula sehingga bayi akan pipis lebih sedikit, Buang Air Kecil (BAK) minimal 1 kali di 24 jam pertama menjadi hal yang sangat krusial. Hal ini disebabkan air pipis pertama bayi adalah bukti berfungsinya metabolisme tubuh untuk memproses asupan ASI dengan baik. Sehingga bila bayi tidak BAK sama sekali selama 24 jam, maka mommies harus segera membawa bayi ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

3. Tidak BAB dalam 48 jam
Dalam 48 jam pertama, bayi harus sudah Buang Air Besar (BAB). Feses yang dihasilkan bayi pada saat ini disebut sebagai mekonium. Mekonium merupakan kotoran yang dihasilkan bayi selama dalam rahim, sehingga perlu dikeluarkan oleh tubuh saat bayi sudah lahir. Tidak keluarnya mekonium dalam waktu 48 jam atau 2 hari setelah kelahiran akan beresiko mengganggu kesehatan tubuh bayi. Oleh karena itu, bila hal ini dialami oleh bayi moms, segera bawa dia ke dokter ya mommies.

4. Demam
Demam merupakan reaksi alami dari tubuh. Demam yang dialami oleh bayi berusia kurang dari 3 bulan membutuhkan penanganan khusus dari dokter. Bayi dikatakan demam bila suhu tubuhnya lebih dari sama dengan 38 derajat celcius. Untuk cara mengeceknya, mom sebaiknya menggunakan termometer. Bila suhu badan bayi meningkat sebelum 38° Celcius, sebaiknya mom cek suhu ruangan, kenakan bayi pakaian yang dingin dan menyerap keringat dan kompres bagian ketiak dan lipatan paha dengan air hangat untuk menurunkan suhu tubuhnya.

5. Malas menyusu
Sama seperti kasus bayi yang tidak mau menyusu, bayi yang malas menyusu juga bisa menjadi indikasi masalah. Apalagi bila bayi terus menangis, baik keras maupun lemah, terlihat tak sadarkan diri, atau terlihat kesakitan. Hal ini membutuhkan penanganan segera dari dokter.

Jika mommies menemukan kelima kondisi tersebut pada bayi baru lahir atau usia newborn, maka sebaiknya segera dibawa ke dokter. Penanganan yang cepat dan tepat bisa menghindarkan bayi kita dari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Sumber :
Hanindita, Meta. 2016. Mommyclopedia: Panduan Lengkap Merawat Bayi (0-1 Tahun), Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *