Gadgets Lifestyle Mommies Daily Mommies Info Parenting

Perhatikan 4 Panduan Screen Time pada Anak untuk Mengurangi Pengaruh Penggunaan Gadget

Apakah keseharian Mommies lekat sekali dengan gadget? Terutama sebagai ibu bekerja di rumah, rasanya smartphone menjadi alat penunjang sehari-hari. Padahal children see, children do. Anak sebagai peniru ulung akan penasaran dengan sebuah layar menyala berbentuk persegi yang kerap dekat dengan Mommies.

Screen time tidak hanya untuk penggunaan smartphone saja tapi menonton televisi, melihat video di laptop atau bermain game dengan tablet menjadikan waktu anak banyak terfokus pada layar elektronik tersebut. Mungkin ada Mommies yang terbiasa menggunakan gadget di depan anak, bahkan tidak keberatan berbagi dengan anak. Tapi jangan sampai hal itu menjadi abai dalam mengatur screen time pada anak.

Bill Gates pendiri microsoft pun, mempunyai aturan tegas dalam penggunaan gadget untuk anak-anaknya. Bill Gates juga menentukan batas minimum usia anaknya hingga diperbolehkan mempunyai gadget sendiri. Sepertinya perlu dicontoh ya, Mommies. Apalagi penggunaan berlebihan dari gadget diketahui juga dapat menyebabkan pola tidur, pikiran bahkan kesehatan menjadi terganggu. Sehingga perlu dilakukan aturan pembatasan screen time pada anak.

Berikut ini panduan pembatasan screen time pada anak dari American Academy of Pediatrics (AAP):

1. Usia di bawah 18 bulan
Dalam screen time atau penggunaan gadget sangat terbatas bahkan tidak direkomendasikan. Kecuali melakukan interaksi dalam video call atau video chatting dengan keluarga Mommies.

2. Usia 18-24 bulan
Jika ada alternatif untuk play time aktivitas tumbuh kembangnya, itu lebih baik daripada pilihan screen time. Anak diĀ usia ini sedang dalam masa belajar eksplorasi sekitar. Misalkan anak terlihat menikmati screen time tapi belum mampu memahami seutuhnya pesan dari media yang ditampilkan. Ada baiknya Mommies memilihkan program yang edukatif dengan kualitas baik. Saat ini pilihannya beragam tapi Mommies juga tetap harus mendampingi untuk mengajak interaksi dengan anak tentang gambar yang dilihatnya.

3. Usia 2-5 tahun
Penting untuk menetapkan screen time maksimal 1 jam per hari. Di usia ini kemampuan berpikir anak sudah lebih baik. Anak-anak mulai mampu dan memahami beragam kosa kata ataupun ikut berkomunikasi menggunakan video call. Selain itu, sepakati kapan dan dimana anak boleh menggunakan gadget bersama Mommies. Jenis tayangan, tetaplah Mommies yang menentukan program edukatif dan informatif untuk menunjang stimulasi bahasa, kognisi atau sosial anak.

Hal yang perlu diingat adalah tidak menjadikan screen time atau gadget sebagai solusi mendiamkan rewelnya. Jika dibiasakan akan mempengaruhi perkembangan pengendalian emosinya. Mommies juga harus memastikan pilihan ragam aktivitas fisik yang interaktif lainnya.

Aktivitas fisik stimulasi tumbuh kembang

4. Usia 6 tahun lebih
Jika di usia sebelumnya bonding orang tua dengan anak kuat, maka kesepakatan screen time pada anak bisa disiasati dengan tetap membatasinya. Di usia ini anak sudah mulai belajar memahami tentang hal yang benar atau salah. Sehingga Mommies juga perlu mendiskusikan bersama anak tentang etika, cara menghargai orang lain dalam interaksi di dunia nyata dan maya. Mommies juga perlu menyaring program-program yang layak atau tidak untuk anak. Mommies bisa menjadikan screen time adalah media belajar yang positif dan bermanfaat untuk anak.

Masih menurut AAP, supaya interaksi antara keluarga dan anak menjadi baik perlu menerapkan area bebas layar elektronik di sekitar rumah, misalnya ruang makan. Selain itu untuk menjaga pola tidur, perlu juga mencoba untuk tidak melakukan screen time setidaknya satu jam menjelang tidur. Sebab kesehatan setiap anggota keluarga terutama Mommies adalah hal penting yang harus dijaga.

Keberadaan teknologi memang agak sulit untuk dihindari tapi Mommies bisa membatasinya. Sesuaikan juga dengan value keluarga yang ada di rumah.

Sumber:
https://parentingcenter.id/usia-memberikan-gadget-anak-bill-gates/

https://www.aap.org/en-us/about-the-aap/aap-press-room/Pages/American-Academy-of-Pediatrics-Announces-New-Recommendations-for-Childrens-Media-Use.aspx

https://www.kompasiana.com/amp/girilu/pahami-screen-time-dan-play-time-untuk-anak_55609b593fafbdad048b456d

Sumber ilustrasi:
https://mtltimes.ca/Montreal/social-life/girls-boys-can-everything-equally/

https://www.ahschools.us/Page/21527

April Fatmasari

Seorang istri sekaligus ibu rumah tangga yang masih belajar memaknai universitas kehidupan dengan tulisan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *