Health

Bau Mulut Saat Puasa? Inilah Penyebabnya Serta Cara Mengatasinya

Bau Mulut Saat Puasa? Inilah Penyebabnya dan Cara Mengatasinya – Apakah Moms memiliki masalah bau mulut ketika berpuasa? Pasalnya, memasuki Bulan Ramadan ini masalah yang sering dijumpai adalah bau mulut. Karena selama berpuasa dengan tidak makan & minum berjam-jam bisa mengurangi produksi air liur sehingga mulut menjadi kering dan menjadi tempat berkembangnya bakteri yang membuat bau tak sedap.

Penyebab Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut memang sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Rasanya jadi serba salah saat ingin mendekat atau mengobrol dengan teman-teman jika kita sendiri sedang memiliki masalah bau mulut. Sebenarnya apa sih yang membuat mulut bisa menjadi bau?Ternyata selain kurangnya produksi air liur, penyebab lainnya adalah:

Karang Gigi
Karang gigi ini terbentuk dari sisa-sisa makanan yang menempel di gigi dari cairan licin hingga timbunan plak. Plak dan bakteri ini jika tidak dibersihkan dengan rutin akan menyebabkan bau mulut saat puasa.

Lubang pada Gigi
Sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi bercampur dengan bakteri maka membuat gigi berlubang. Nah, jika gigi berlubang terus dibiarkan maka akan membuat sisa makanan masuk ke dalam lubang & menyebabkan bau mulut.

Merokok
Ternyata kebiasaan merokok juga membuat mulut berbau tak sedap karena kandungan tembakau di dalamnya. Jika ingin terhindar dari bau mulut, maka jauhi merokok.  Selain itu, merokok tidak baik untuk kesehatan paru-paru dan organ tubuh lainnya.

Penyakit Sistemik
Penyakit sistemik seperti radang gusi, maag, diabetes dan kanker juga bisa menjadi penyebab bau mulut. Jadi, jika Anda sudah berupaya untuk mengobati bau mulut dan menghindari penyebabnya namun masih juga menimbulkan bau, maka sebaiknya Anda perlu memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.

Cara Mencegah Bau Mulut

Walaupun masalah bau mulut saat puasa ini sering muncul, Moms tak perlu khawatir. Karena Mommiesharing telah merangkum beberapa cara pencegahannya, yakni:

1. Pastikan gigi dan mulut bersih dan sehat. Moms dapat lakukan dengan rutin mengunjungi dokter gigi untuk menyelesaikan masalah gigi baik itu karang gigi, gigi berlubang, dll. Rajin menggosok gigi & membersihkan lidah juga dapat mengurangi masalah bau mulut saat puasa.

2. Kurangi kebiasaan merokok pada saat sahur karena selain lebih sehat juga bisa mengurangi bau mulut tak sedap.

3. Banyak minum air putih ketika sahur dan berbuka puasa, hal ini bertujuan untuk meningkatkan produksi air liur.

4. Makan makanan sehat & hindari makanan yang berbau menyengat. Makanan sehat seperti buah & sayuran untuk meningkatkan produksi air liur. Hindari makanan seperti jengkol, bawang bombay, dll yang memiliki bau tak enak.

5. Berkumur dengan segelas air hangat yang dicampur 1 sendok teh garam sebelum tidur (selama 30 detik). Karena garam berfungsi sebagai antiseptik yang dapat menghilangkan bakteri penyebab bau mulut saat puasa.

6. Saat sahur dan berbuka sempatkan untuk mengunyah jeruk/lemon karena dapat meningkatkan produksi air liur & mencegah bau tak sedap di mulut.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca artikel lainnya hanya di www.mommiesharing.com

Ziana Walida

Fulltime mother & fulltime learner💕
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *