Ibu & Anak

Pentingnya Vitamin A pada Bayi dan Balita

Haii Mommies.. Udah Bulan Februari nih.. Mommies pasti tahu kan kalau setiap tahunnya di bulan Februari dan Agustus disebut sebagai bulan pemberian kapsul vitamin A, karena di bulan ini dilakukan pembagian suplementasi vitamin A pada anak dengan kelompok umur 6 sampai 59 bulan di seluruh Indonesia. Ini merupakan program pemerintah sebagai upaya untuk memenuhi kecukupan asupan vitamin A pada balita.

Ada dua jenis kapsul vitamin A, yaitu kapsul biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan dan kapsul merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan, sedangkan kapsul merah juga diberikan kepada ibu yang dalam masa nifas. Pemerintah menyediakan kapsul vitamin A tersebut di Posyandu dan Puskesmas secara gratis harapannya agar seluruh bayi dan balita serta ibu yang dalam masa nifas dapat memperoleh vitamin A.

Resiko Defisiensi Vitamin A pada Bayi dan Balita

Kekurangan vitamin A meningkatkan risiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare. Kekurangan vitamin A pada ibu hamil juga berisiko meningkatkan kebutaan.

Pentingnya Pemberian Kapsul Vitamin A pada Ibu Nifas

Vitamin A juga diperuntukkan bagi ibu nifas sampai 6 minggu setelah usia kelahiran bayi (0- 42 hari). Ibu nifas harus diberikan kapsul Vitamin A karena:

  1. Pemberian 1 kapsul Vitamin A merah cukup untuk meningkatkan kandungan Vitamin A dalam ASI selama 60 hari
  2. Pemberian 2 kapsul Vitamin A merah diharapkan cukup menambah kandungan Vitamin A dalam ASI sampai bayi berusia 6 bulan.
  3. Kesehatan ibu cepat pulih setelah melahirkan
  4. Mencegah infeksi pada ibu nifas

 Kegunaan Vitamin A bagi Bayi dan Balita Serta Ibu Nifas

  1. Mengurangi angka kematian:
  2. Anak menjadi lebih jarang sakit.
  3. Berkontribusi terhadap tingkat kesejahteraan anak dan keluarga.
  4. Mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan
  5. Mencegah kanker epithelial dan kanker lainnya.
  6. Meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan infeksi
  7. Mencegah anemia

Nah kan Moms ternyata suplementasi vitamin A dosis tinggi itu bermanfaat sekali bukan hanya bagi bagi kesehatan bayi dan balita saja tetapi juga bagi ibu nifas. Mumpung Februari masih ada sepuluh hari lagi, bagi Mommies yang belum membawa anaknya ke faskes ayo segera bawa ke Puskesmas atau Posyandu mumpung kita bisa mendapatkan kapsul penuh manfaat ini secara gratis. Penting juga yah Moms ketika ke Posyandu ataupun Puskesmas selain untuk mendapatkan kapsul vitamin A juga untuk memantau berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala anak kita Moms. Lalu segera catat dan plot di KMS supaya pertumbuhan anak kita terus terpantau setiap bulan.  Yukk Moms kita pergi ke Posyandu dan Puskesmas. Demi generasi anak dan ibu sehat.

 

 

 

Salam Hangat Penuh Cinta

 

Hafida

Hafida Satya Aryani

Hafida Satya Aryani

Mom of Precious Child. Full Stay at Home Mom

Related Posts