Kuliah Whatsapp

Pentingnya Monitoring Berat Badan Bayi – Resume Kulwapp #6

Biodata Narasumber

  • Nama: Peronica Sinambela, S.Gz.(Ahli Gizi)
  • Pendidikan: Universitas Esa Unggul, Jakarta, Jurusan Gizi
  • Pengalaman kerja di:
  • * RS. Pantai Indah Kapuk, Jakarta
  • * Pernah bekerja di GNC (General Nutrion Center), Jakarta
  • * Pernah bekerja PT Sanghiang Perkasa (Prenagen) daerah Jakarta sampai tahun 2009 dengan posisi Product Development.
  • * Sering membawakan makalah sebagai Ahli Gizi di berbagai acara sejak tahun 2010
  • Passionnya adalah pada kecukupan gizi bayi dan balita.

 

SESI TANYA JAWAB

 1. Mom Fany

Pertanyaan:
Saya Fany mom. Baby saya umur 14 bulan, berat lahir 3.5kg sekarang beratnya hanya 8.3kg saja. Anaknya aktif bergerak. Yang mau saya tanyakan belakangan ini setiap baby saya abis makan selalu langsung pup, kenyang dikit gitu pup mom. Nah saya juga kasih susu morinaga uht itu sehari paling 2 botol ukuran 140ml.. saya pernah periksa ke dokter katanya tidak apa-apa, dokter pun tidak menyarankan cek ADB.

Saya tidak ada memberikan anak says vitamin atau suplemen mom.

Mohon bantuan ya mom…

Jawaban:
Hai Mom fany keadaan lambung setiap anak berbeda, bisa jadi lambung – usus – anus anak mom pendek sehingga saat lambung penuh akan mendorong makanan keluar. Ini tidak akan jadi masalah selama BAB si kecil tidak encer, berbusa dan berbau.

Yang mom Fany harus lakukan yaitu memastikan porsi makan baby Fany kecil saja, tetapi sudah memenuhi 4 bintang sehingga asupan gizinya terpenuhi optimal. Dan, buat pola makannya dengan memberi jarak makan 2 – 3 jam antara pemberian makan utama, minum susu dan makanan selingan. Dengan demikian, nutrisi dari makanan dan susunya akan terasup optimal dan tidak terlalu cepat terdorong keluar.

 

  1. Mom Eye

Pertanyaan:
Assalamualaikum Mom…

sebelum bertanya saya akan memaparkan kondisi putri saya terlebih dahulu. Putri saya lahir dengan BB 3,4 di tgl 29 januari 2018. tgl 14 februari saat ke posyandu pertama kali hanya naik 4 ons (timbang di posyandu desa asal saya). bulan berikutnya (timbang di bidan desa tempat saya tinggal) naik 6 ons, 7 ons, 5 ons, bulan berikutnya naik 3 ons 4 bulan berturut-turut sampai akhirnya tgl 9 oktober turun 3 ons hingga sampai ke zona kuning (timbang di posyandu desa saya tinggal). Tanggal 13 saya bawa ke DSA dan diberikan enzim serta apialys. Kata pak Dokter agar penyerapan makannya maksimal. 2 Minggu kemudian tanggal 27 oktober kontrol. Dan ditimbang naik 3 ons.. saya sempat menanyakan tentang ADB, kata pak Dokter ngga ADB karena tidak pucat dan matanya cerah. Maka saya kembali diberi enzim untuk 15hari (2x sehari), apialys dan sangobion (0,1 ml / hari). Putri saya ASIX (namun hingga usia kurang lebih 1 bulan saya tidak bisa memberikan asi setiap 2 jam sekali karena selalu muntah berwujud cair sma sperti ASI, seketika setelah lepas nenen dri mulutnya, akhirnya oleh bidan desa asal saya, disiasati pemberian asi setiap 3jam sekali dan tidak muntah). MPASI di usia ke 181 hari, home made dengan menu tunggal dlu selama 14 hari dengan variasi menu karbo, prona,prohe, sayur sayaa selang seling. Dilanjut 4 bintang. Bahkan saya berikan double prohe agar BB naik signifikan. Saya beri lemak tambahan juga setiap hari. Namun sampai hari ini nyatanya putri saya BBnya rendah.. saya khawatir terjadi hal yang tdk saya inginkan padanya.. di satu sisi saya mengusahakan agar dapat mengejar 3x BB lahir di usia 1 th nanti. Pertanyaan saya dengan kondisi seperti itu apakah hal tersebut dapat terwujud? apalagi yg harus saya lakukan agar BB putri saya bisa kembali ke zona hijau tua sama saat pertama lahir dulu ? Apakah harus saya berikan sufor bblr seperti yg DSA katakan? Mengingat  saat ini putri saya sudah mulai merambat, suka sekali berdiri dan banyak gerak. Mohon bantuannya mom  terimakasih.

Jawaban:
umur sikecil 11 bulan ya mom? bukan 21 bln ?

Mom Eye harus tetap semangat dan sabar. Untuk menaikkan berat badan si kecil, yang harus dilakukan pertama kali adalah *membuat pola makan*.  Yaitu dengan jadwal makan pagi, selingan, makan siang, selingan, makan sore dan selingan; lalu disesuaikan dengan jam minum ASI dan tidur si kecil.

Setelah dapat jadwal makan selanjutnya siapkan porsi makan sesuai usianya karena usia 11 bulan maka porsi dengan ¾ mangkuk atau 175 ml untuk “satu kali makan utama” dan mom harus pastikan pemenuhan 4 Bintang dalam 1 hari terpenuhi.
Maksudnya dalam 1 hari pemenuhan 4 Bintang harus mencapai 3 kali karbohidrat, 3 kali lauk hewani, 3 kali lauk nabati dan 3 kali sayur/buah. Pastikan setiap makan utama memberikan porsi yang sesuai, bila si kecil tidak dapat menghabiskannya Mom Eye *harus mencari menu makan selingan yang padat gizi*. Misal karbo, protein hewani dan sayur tidak habis saat makan siang, waktu makan selingan sore mom Eye berikan menu berupa lontong isi sayur dan telur sebagai pengannti makan siang yg tidak sesuai porsi. Jadi pastikan makanan selingan si kecil makanan yang padat gizi bukan hanya biskuit atau buah saja. Bila saat makan utama si kecil dapat menghabiskan makanan sesuai porsinya, tetap *berikan makanan selingan yg padat gizi seperti lontong isi, perkedel tahu kentang, nugget yang dibuat sendiri atau puding buah susu atau mom dapat cek di www.gasolorganik.com
* untuk menu-menu padat gizi si kecil.

Lakukan pola makan ini secara teratur selama 1 bulan, bila berat badan si kecil tidak naik sesuai harapan, Mom Eye dapat kembali ke DSA dan minta rujukan ke dokter pencernaan dan cek penyakit infeksi lainnya pada si kecil.

 

  1. Mom NN

Pertanyaan:

Mom, saya mau tanya mengenai bb anak saya. Berikut bb anak saya dari baru lahir hingga 9 bulan:

  • bbLahir 2,7kg
  • 1bulan 3,4kg
  • 2bulan 4,0kg
  • 3bulan 5,1kg
  • 4bulan 5,5kg
  • 5bulan 6,0kg
  • 6bulan 6,4kg
  • 7bulan 6,6kg
  • 8bulan 6,8kg
  • 9bulan 7,1kg

yang mau saya tanyakan adalah, bb anak saya penambahannya tidak sesuai dari grafik tetapi anaksaya juga tidak ada masalah dengan tongue tie nya dsb. kirakira kenapa ya? milestone nya pun bagus semua. anaknya sangat aktif. sekarang sedang latihan jalan.

Jawaban:
Hai Mom, penambahan berat badan si kecil tidak sesuai dengan grafik karena berat badan lahir si kecil < 2,75

Tetapi mom tidak perlu khawatir, mom sudah sangat luar biasa karena 6 bulan mencapai 2 kali berat badan lahirnya, dan target mom 1 tahun = 3 kali berat badan lahir dan bisa saat 1 tahun mencapai berat badan di grafik rata-rata. Dan itu dapat dicapai dengan *membuat pola makan*. Yaitu dengan jadwal makan pagi, selingan, makan siang, selingan, makan sore dan selingan lalu di sesuaikan dengan jam minum ASI dan tidur si kecil.

Setelah dapat jadwal makan, selanjutnya siapkan porsi makan sesuai usianya karena usia 9 bulan porsi, untuk “satu kali makan utama” cukup ½ mangkuk atau 125 ml, dan memastikan 4 Bintang dalam 1 hari terpenuhi dengan baik. Pemenuhan 4 Bintang dalam 1 hari yaitu 4 kali karbohidrat, 3 protein hewani, 3 protein nabati dan 3 buah/sayur. Bila saat makan utama mom tidak bisa memberikan menu 4 bintang, kekurangan 4 bintang dapat diberikan di makanan selingan si kecil. Jadi, 4 Bintang dalam sehari terpenuhi optimal. Bila saat makan utama si kecil dapat menghabiskan makanan sesuai porsinya dan dengan menu 4 Bintang, tetap berikan makanan selingan yg padat gizi seperti puding pisang saus kacang merah atau mom dapat cek di www.gasolorganik.com untuk menu-menu padat gizi si kecil.

 

  1. Mom Ayu

Pertanyaan:
Assalamualaikum
Perkenalkan saya Ayu bun. Saya punya anak baru berumur 4bulan lebih..
Begini bun, anak saya kan nanti 6bulan sdh boleh dikasih makan. Yg saya baca materi d grup bahwa anak harus dikasih makan yg bergizi supaya berat badan naik..
Tp bun, kaka ipar saya punya anak dia skrg berumur 8bln berat badan tiap bulan hanya naik 50gram saja. Dia rutin makan sbnyak 3x sehari dan ibunya pun selalu memberi makan homade bahkan makanan pun bergizi semua.. Yg saya ingin tanyakan, berat badannya cuma naik 50gram pdahal sudah selalu rutin dikasih MPASI yg bergizi.. bagaimana caranya agar berat badan tidak naik sedikit??? Biar saya juga nanti menjadi tau utk anak saya kelak jika dia sudah makan..

Terimakasih

Jawaban:
Hai Mom Ayu, untuk menaikan berat badan si kecil tidak cukup hanya makan 3 kali sehari, karena si kecil sedang dalam masa emas tumbuh kembang sehingga butuh asupan zat gizi yang hampir sama dengan orang dewasa agar kenaikan berat badannya optimal. Tetapi *lambung si kecil masih sangat kecil, sehingga pemberian makan untuk si kecil harus dengan porsi kecil tetapi lebih sering dibanding orang dewasa, dan padat gizi*.

*Padat gizi maksudnya sesuai saran WHO, yaitu dengan memberikan menu MPASI 4 Bintang mulai dari hari ke-3 pemberian MPASI awal, agar pemenuhan zat gizi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineralnya terpenuhi maksimal*.

Jadi mom harus buat jadwal makan utama, makan selingan dan minum ASI berjarak 2 – 3 jam dan disesuaikan dengan jam tidur si kecil. Juga pastikan porsi makan si kecil sesuai dengan anjuran untuk usia 6 bulan: ½ mangkuk mulai dari 2 kali sehari di awal minggu pertama, lalu naik menjadi 3 kali sehari. Dan sangat dianjurkan snack tidak hanya memberikan buah saja tetapi ditambahkan protein nabati atau protein hewani (ASI/susu) atau karbohdrat agar zat gizi yang diberikan optimal.

  1. Mom Fitri – Tangerang – 10 bulan

Pertanyaan:

Jika sudah terjadi stunting, apa yang harus dilakukan?

Jawaban:
Meningkatkan pola makan yang optimal agar tidak terjadi stunting yang lebih parah mom.

6. Mom Wandan – Kupang – 3 tahun dan 3 bulan

Pertanyaan:

Penyebab stunting apakah hanya dari pola makan saja?/

Jawaban:
Pola makan sangat berperan terhadap stunting mom, karena bila kenaikan berat badan si kecil tidak optimal maka tinggi badan si kecil juga tidak akan naik sesuai usianya.

 Tanggapan mom Wandan:

halo mom saya mom wandan mau menanggapi sedikit masalah pertanyaan yg td saya tanyakan… Berarti paling berpengaruh adalah pola makan y? Selain pola makan apakah cacingan juga termasuk penyebab stunting? Soalnya kan smpt ada iklan layanan masyarakat utk pemberian obat cacing dan cegah stunting..terima kasih

Jawaban dari tanggapan:

cacingan itu termasuk penyakit infeksi. Penyakit infeksi mempengaruhi pola makan dan kenaikan berat badan yang tidak optimal, jadi stunting dipengaruhi oleh penyakit infeksi seperti cacingan,paru-paru,dll

 

  1. Mom Rilin – Jakarta Timur

Pertanyaan:

Apakah anak yang berperawakan pendek dikategorikan stunting? Apakah penyebab awal stunting? Serta makanan apa yang dapat mencegah stunting?

Jawaban:
Perawakan pendek? Coba cek pada grafik tinggi badan dengan usia si kecil apakah berada di bawah rata-rata atau sangat pendek, ini yang disebut stunting.
Penyebab anak stunting yaitu kenaikan berat badan yang tidak sesuai usianya, sehingga menghambat pertumbuhan tinggi badannya. 

Mencegah stunting dengan pemberian MPASI 4 Bintang yang terpenuhi optimal setiap harinya Mom

 

  1. Mom Utari – Sumbawa – 4 bulan

Pertanyaan:

Ini pengalaman anak kedua saya, saat usianya 5 bulan dia divonis fimosis (infeksi pada kulup) yang menyebabkan susah makan sehingga perkembangan berat badannya pun terhambat. Setelah dikhitan, alhamdulillah selera makannya mulai muncul tetapi tetap saja berat badannya susah naik. Saya takut dia mengalami stunting, usianya sekarang 3 tahun. Dari pengalaman tersebut saya minta saran agar anak ketiga saya makannya bisa lahap tidak seperti kakaknya

Jawaban:
Untuk membuat pola makan harus dimulai saat MPASI awal mom. Saat awal MPASI di usia 6 bulan mulai dengan membuat jadwal makan yang teratur setiap harinya, lalu pastikan tidak memberikan makan dalam bentuk diaduk jadi satu terutama sayur dan protein hewani/protein nabati karena ini dapat memicu si kecil tidak dapat mengenal rasa sayur hanya rasa lauk.

Pastikan memberikan rasa makanan secara bertahap mulai dari rasa alami pada bahan makanan saja, hindari gula garam dan makanan yang terlalu manis karena ini akan memicu si kecil mengenal rasa yang berlebih. Harus sabar dan tekut dengan tetap memberikan makan sesuai jadwal setiap harinya tidak menggantikan jam makan dengan susu yang membuat si kecil malas menguyah makanan.

 

  1. Mom Hana – Banjarmasin – 8 bulan 7 hari

Pertanyaan:
Pagi momin.. kenalkan saya mommy hana dari Banjarmasin
Mau tanya momin gimana cara naikin BB bayi yg skrg lg aktif latihan bediri..
Anak saya mau 8 bulan seminggu lagi tapi BB baru 7,7kg. Sudah dikasih menu 4 bintang juga. Cemilan apa yg bisa bantu naikin BB selain makan utama menu 4 bintang mom?

Jawaban:

Membuat pola makan. Yaitu dengan jadwal makan pagi, selingan, makan siang, selingan, makan sore dan selingan, lalu disesuaikan dengan jam minum ASI dan tidur si kecil.
Selanjutnya, siapkan porsi makan sesuai usianya karena usia 7,7 bulan porsi untuk “satu kali makan utama” cukup ½ mangkung atau 125 ml, dan pastikan 4 Bintang dalam 1 hari terpenuhi dengan baik. Pemenuhan 4 Bintang dalam 1 hari yaitu 4 kali karbohidrat, 3 protein hewani, 3 protein nabati dan 3 buah/sayur. Bila saat makan utama mom tidak bisa memberikan menu 4 bintang, kekurangan 4 bintang dapat diberikan di makanan selingan si kecil. Jadi, 4 Bintang dalam sehari terpenuhi optimal. Bila saat makan utama si kecil dapat menghabiskan makanan sesuai porsinya dan dengan menu 4 Bintang tetap berikan makanan selingan yg padat gizi seperti puding pisang saus kacang merah atau mom dapat cek di
www.gasolorganik.com untuk menu-menu padat gizi si kecil.
Salah satu camilan padat gizi adalah resep di bawah ini:

*Schotel Kentang Salmon*

Bahan Bahan (3 Porsi)

  • Tepung Gaol Beras Hitam 6 Sdm (60 Gr)
  • Kentang Sedang (Potong Dadu) ½ buah
  • Salmon 30 Gr
  • Tofu 40 Gr
  • Kuning Telur 1 butir
  • Kuntum Brokoli 3 kuntum
  • Unsalted Butter ½ Sdt

Cara Memasak

  • Kukus kentang, salmon, tofu dan brokoli hingga matang
  • Hancurkan kentang, tofu dan ikan salmon dengan garpu
  • Cincang halus brokoli lalu campurkan
  • Tambahkan kuning telur, butter dan Tepung Gasol Beras Hitam pada adonan, aduk hingga rata; dapat ditambahakan     air bila adonan terlalu kental
  • Masukkan dalam cetakan dan kukus ± 15 menit
  • Sajikan untuk Si Kecil

 *Informasi Nilai Gizi per Porsi*

JUMLAH PER PORSI NILAI %AKG

  • Energi Total         149,6 Kkal 20,6 %
  • Lemak Total               4,97 g 13,8 %
  • Protein                         7,3 g 40,4 %
  • Karbohidrat               18,9 g 23,1 %
  • Serat                       0,53 g 5,3 %
  • Vitamin A           110,5 µg 27,6 %
  • Vitamin C            8,97 mg 17,9 %
  • Zat Besi                      1,6 mg 22,9 %
  • Zinc                              0,4 mg 13,3 %
  • Natrium                         0 mg 0 %
  • Yodium                       0 mcg 0 %

 

  1. Mom Al -10 Bulan

Pertanyaan :

Awal mpasi saya menggunakan mpasi fortifikasi/instan. Masuk usia 7bln saya beralih ke homemade,dan semenjak mulai mpasi 4* kenapa bb anak saya malah stagnan ya sampai usia 9bln Dan berakhir dengan GTM,. Karena anak saya tipe anak yg tidak bisa makan sekali langsung porsi banyak,bagaimana menyusun takaran mpasinya agar bisa mencukupi kebutuhan gizinya? Lalu saat anak GTM,solusi mpasi homemade dengan finger food bagaimana ya? Terimakasih

Jawaban:
Untuk Mom Al, untuk GTM kenali dahulu penyebabnya mom. Dalam kasus Al, penyebabnya jelas karena si kecil sudah mengenal rasa, karena sudal diawali dengan makan MPASI instant. Maka mom Al harus memberikan makanan homemade sesuai dengan rasa yg si kecil kenal, setidaknya saat awal. Dan, secara bertahap melatih si kecil mengenal rasa-rasa masakan MPASI homemade. Untuk manakan finger food dapat menjadi solusi membuat suasana makan yg menyenangkan sehingga si kecil tidak GTM. Tetapi, mom tetap harus mendampinginya dan menyuapi si kecil untuk memastikan asupan makan si kecil cukup. Contoh menu finger food seperti perkedel jagung + ikan tuna dapat dilihat di  www.gasolorganik.com

 

  1. Mom Winda- Surabaya – umur anak 26 bulan

Pertanyaan:
Halo. Gimana cara booster bb anak diatas usia 2 tahun? Anak saya masih minum susu pagi & malam sebelum tidur. Totalnya 390 ml/hari. 1x sehari sehabis makan saya beri maltofer. Tapi berat badannya terakhir 13 kg. Makanannya juga sudah 4*

Jawaban:
Mom Winda harus tetap semangat dan sabar, untuk menaikkan berat badan si kecil. Yang harus dilakukan pertama kali adalah *membuat pola makan*. Yaitu dengan jadwal makan pagi, selingan, makan siang, selingan, makan sore dan selingan lalu di sesuaikan dengan jam minum susu dan tidur si kecil. Setelah dapat jadwal makan selanjutnya siapkan porsi makan sesuai usianya karena usia 26 bulan porsi untuk “satu kali makan utama” karbohidrat 1 kepal tangan anak, protein hewani dan nabati 1 telapak tangan anak tanpa jari, sayur 2 tangkup tangan anak dan buah 1 kepal tangan anak. Pastikan setiap makan utama memberikan porsi yang sesuai, bila si kecil tidak dapat menghabiskannya Mom dapat memberikannya di waktu makan selingan. Misal karbo, protein hewani dan sayur tidak habis saat makan siang, waktu makan selingan sore mom berikan menu berupa lontong isi sayur dan telur sebagai pengannti makan siang yg tidak sesuai porsi. Jadi pastikan makanan selingan si kecil makanan yang padat gizi bukan hanya biskuit atau buah saja. Bila saat makan utama si kecil dapat menghabiskan makanan sesuai porsinya tetap berikan makanan selingan yg padat gizi seperti lontong isi, perkedel tahu kentang, nugget yang dbuat sendiri atau puding buah susu atau mom dapat cek di www.gasolorganik.com untuk menu-menu padat gizi si kecil.
Lakukan pola makan ini secara teratur selama 1 bulan, bila berat badan si kecil tidak naik kembali, Mom dapat ke DSA dan minta rujukan ke dokter pencernaan dan cek penyakit infeksi lainnya pada si kecil.

Saat usia si kecil 1 Tahun pola makan si kecil sudah bukan 4 bintang lagi mom tetapi sama seperti orang dewasa yaitu gizi seimbang dimana dalam 1 haru harus memenuhi 4 porsi karbohidrat, 3 porsi protein hewani, 2 porsi protein nabati, 3 porsi sayur dan 3 porsi buah.

 12. Mom Atiet – umur anak 2y6m

Pertanyaan:
Kita kan selalu konsen dg bb bayi agar tidak kurang dr bb standart. Nah bagaimana dengan bb bayi yg lebih dr bb standart?? Apakah salah satu penyebab bb bayi yg lebih dr standart  itu juga disebabkan karena kesalahan pemberian pd awal mpasi? Bagaimana mengatasi seandainya bayi kita sudah mempunyai bb lebih dr standartnya?
Makasih

Jawaban:
Hai Mom Atiet, untuk bayi yang berat badan lebih dari standrat, agar dicek, Mom. Bila masih di batas maksimal, yang perlu dilakukan adalah mengurangi asupan karbohidrat pada makanan selingannya. Pemberian buah dalam bentuk pure juga dikurangi. Dan, menambahkan kegiatan bermain si kecil.

Untuk anak dalam masa pertumbuhan tidak disarankan diet ketat atau mengurangi porsi makan secara drastic. Yang awal dilakukan adalah *mengurangi asupan gula tambahan pada snack seperti jus buah, puding, biskuit*, *makanan yang digoreng / ditumis*, juga *mengurangi asupan lemak tambahan* pada menu makanan si kecil.
Lalukan secara bertahap sambil cek selalu berat badannya agar tidak turun drastis , tapi kembali ke berat badan rata-rata.

 

  1. Mom Mia – cimanggis depok – umur baby 5,5bulan

Pertanyaan:
Momin anak saya usia 5,5bulan asi exklusif BB nya 9kg lebih setiap nimbang di posyandu buku kms nya dititik warna kuning di atas udah melebihi hijauh
Kalo kaya gitu obesitas ga momin

Jawaban:
Untuk kuning di atas hijau artinya berat badan lebih mom. Bila sudah di warna merah atas, barulah termasuk obesitas. Untuk anak yg ASI esklusif tidak masalah berat badan ada di warna kuning. Itu berarti asupan ASI mom baik.

Semangat mom agar saat MPASI, kenaikan berat badan si kecil selalu naik dengan baik.

 

  1. Mom Ardini – Denpasar – umur bayi 9mos

Pertanyaan:
Saya mau tanya, apa benar timbangan di tiap tempat itu berbeda? Waktu itu saya pernah nimbang di DSA untuk kontrol dengan Bb sekitar 9.8kg. 2minggu kemudian sy nimbang di posyandu dengan Bb 8.8kg. Apa dalam waktu 2minggu sj Bb anak sy bisa turun sekilo atau memang timbangan di tiap2 tempat itu berbeda?
Lalu, mulai usia berapa bln lemak tambahan atau Evoo bs dicampurkan ke Mpasi? Terus terang sejak Mpasi Bb anak tiap bulannya naik hanya dikit, apa itu normal?

Jawaban:
Hai Mom Ardini, benar setiap timbangan di lain tempat berbeda-beda, tetapi biasanya hanya beda sedikit saja Moms. Memang sebaiknya menimbang di tempat yang sama agar lebih akurat monitoringnya.

Untuk penurunan berat badan dalam 2 minggu 1 kilo bisa terjadi bila si kecil sakit. Tetapi bila keadaan normal, tidak mungkin terjadi mom.

Untuk lemak tambahan bisa ditambahkan saat awal MPASI di usia 6 bulan. Kenaikan berat badan normal setiap bulan idealnya mencapai 400-600 gram mom. Bila kurang dari itu, cek kembali pola makan si kecil mom, mulai dari jadwal dan porsi makan si kecil.

  1. Mom Mita – Palembang

Pertanyaan:
yg ingin saya tanyakan mom , APAKAH FAKTOR KETURUNAN MEMPENGARUHI BERAT BADAN BAYI ?

kalo ibu bapak nya gendut apakah sudah pasti anaknya gendut? Dan bagaimana caranya mengetahui bayi suka atau tidak dengan menu makanan yang kita siapkan? terimakasih momin

Jawaban:
Hai Mom Mita, keturunan berperan 25% saja dalam kehidupan si kecil dan paling sangat berperan adalah pola hidup dan pola makan keluarga. Di saat di rumah orang tua dan orang sekitar yang hidup serumah memiliki kebiasaan makan banyak, mengemil dan suka satu jenis menu, pasti si kecil akan ikut dengan pola tersebut. Dan ini yang sering dibilang seolah keturunan.

Saat memberikan makan, pastikan si kecil tidak dalam keadaan kenyang (sehabis makan selingan atau minum ASI) dan tidak ngantuk atau baru bangun tidur. Bila respon si kecil lahap dan senang diberikan makan, dapat dipastikan si kecil menyukai makannya. Tetapi, bila si kecil menyembur, mengemut makanannya, dan tidak selera makan, bisa dipastikan dia kurang suka dengan menu makannya.

 

  1. Mom Hilda

Pertanyaan:
Bagaimana jika anak lahir BBLR. Kbtulan anak sy lahir 2kg d uk 37w 3d.  Bagaimanakah perlakuan untuk monitoring berat badannya??

Jawaban:
Untuk anak yang lahir BBLR memonitoring nya tetap sama mom, kenaikan 1 bulan 400-600 gram dan saat 6 bulan 2 kali berat badan lahir, saat 1 tahun 3 kali berat badan lahir.
Tetapi Mom Hilda punya tugas untuk lebih semangat mencapai berat badan rata-rata sebelum si kecil berumur 2 tahun, karena masa emas tumbuh kembang 0-2 tahun dan harus di optimalkan mom. Dengan pola makan yang baik dan pemberian menu makanan pada gizi untuk meningkatkan berat badan lebih optimal.

 

  1. Mom Nikita – Palembang – Umur baby : 14months

Pertanyaan:
Mom mau tanya ttg materi kuwap, anak saya usia hampir 14bulan skrg, makan setiap hari selalu diusahakan 4 bintang, masih asi smp skrg, saya working mom jadi wkt ditinggal kerja anak saya minum asip, nah yg sy ingin tanyakan takaran pas asip usia 14m berat 12.8kg itu kira2 brp? Krna belakangan anak saya minum asi saat ditinggal sgt sedikit, 100-200ml saja, makan 3x snack buah 1x

Jawaban:
Hai Mom Nikita, untuk takaran ASI dan ASIP dalam 1 hari maksimal mencapai 500-1000 ml. Jadi yang harus dipastikan asupan 1 harinya bukan 1 kali minum. Dan pastikan minum ASI tidak abis makan mom. Tapi yang lebih penting adalah asupan MPASInya, agar sesuai takaran dan frekuensinya, seperti pada gambar di atas. Ini penting karena pada usia di atas 1 tahun, kita harus dapat memastikan selain asupan gizinya yang cukup dari MPASI, kita juga harus membentuk pola makan si kecil agar cepat dapat mengikuti pola makan (jam makan) keluarga.

Tanggapan mom Nikita:

Untuk takaran asi anak 1thn keatas 500-1000ml per hari mom, anak sy skrg mnm 100 smp 200 dlm 2x mnm selama siang, sore smp pagi direct bf, kalo tdk sampai 500ml apa efeknya?

Jawaban dari tanggapan:

efeknya moms harus menambahkan protein agar kebutuhan protein si kecil terpenuhi dengan optimal. Karena ASI merupakan sumber protein.

Lamtiyah Ikha Indriyana

Lamtiyah Ikha Indriyana

Ibu satu anak yang masih belajar dan berusaha mengelola waktu, tenaga dan pikiran demi menjadi ibu dan istri terbaik untuk keluarga

Related Posts