Ibu & Anak

Pentingnya Imunisasi Bagi Bayi dan Anak

Haii Mommies.. Mommies tahu ngga ya setiap tahunnya di minggu terakhir bulan April di rentang tanggal 24 sampai 30 April oleh seluruh negara menyelenggarakan Pekan Imunisasi Dunia (PID). Tema Global PID yaitu Protected Together, #VaccinesWork dan Tema Nasionalnya yaitu “Capai Imunisasi Rutin Lengkap, Bersama Melindungi dan Terlindungi.”

Tujuan penyelenggaraan Pekan Imunisasi Dunia yaitu mendorong langkah konkrit global dalam mendukung program imunisasi dengan fokus pada peningkatan peran aktif setiap pihak, mulai dari pimpinan wilayah/pengambil keputusan, mitra/donor, hingga masing-masing individu/anggota masyarakat. Tahun ini, ada 3 kelompok yang menjadi sasaran pelaksanaan PID, yaitu masyarakat umum, tenaga kesehatan, dan Pimpinan wilayah/pengambil keputusan dan mitra/donor.

Tujuan Imunisasi

Tujuan imunisasi adalah melindungi seseorang atau sekelompok masyarakat terhadap penyakit tertentu. Jika seseorang terlindungi dari suatu penyakit, kemungkinan terkena penyakit tersebut akan berkurang, sehingga pada akhirnya tercapailah tujuan akhir imunisasi, yaitu pemberantasan penyakit di dunia. Agar terlindungi dari penyakit tersebut, seseorang harus mempunyai kekebalan tubuh dengan cara membentuk zat anti penyakit (antibodi) dengan kadar tertentu yang disebut kadar protektif (kadar zat anti penyakit yang dapat melindungi). Untuk mencapai kadar perlindungan tersebut, imunisasi harus diberikan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Jadwal imunisasi terbagi atas jadwal imunisasi dasar dan jadwal imunisasi ulangan. Ada yang cukup satu kali imunisasi, ada yang memerlukan beberapa kali imunisasi dan bahkan pada umur tertentu diperlukan ulangan imunisasi.

Masalah yang paling umum dijumpai dalam praktek sehari-hari adalah imunisasi yang tidak sesuai dengan jadwal, terlambat, tidak lengkap atau belum imunisasi. Pemberian imunisasi yang tidak sesuai jadwal atau belum lengkap tersebut bukan merupakan hambatan untuk melanjutkan imunisasi sehingga dokter tetap perlu melanjutkan dan melengkapi imunisasi (catch up immunization) agar tercapai kadar perlindungan yang optimal.

Manfaat Imunisasi untuk Bayi dan Anak

Bayi dan anak yang mendapat imunisasi dasar lengkap akan terlindung dari beberapa penyakit berbahaya dan akan mencegah penularan ke adik, kakak dan teman-teman disekitarnya. Imunisasi akan meningkatkan kekebalan tubuh bayi dan anak sehingga mampu melawan penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin tersebut. Anak yang telah diimunisasi bila terinfeksi oleh kuman tersebut maka tidak akan menularkan ke adik, kakak, atau teman-teman disekitarnya. Jadi, imunisasi selain bermanfaat untuk diri sendiri juga bermanfaat untuk mencegah penyebaran ke adik, kakak dan anak-anak lain disekitarnya.

Bahaya Kalau Tidak Diimunisasi

Kalau anak tidak diberikan imunisasi dasar lengkap, maka tubuhnya tidak mempunyai kekebalan yang spesifik terhadap penyakit tersebut. Bila kuman berbahaya yang masuk cukup banyak maka tubuhnya tidak mampu melawan kuman tersebut sehingga bisa menyebabkan sakit berat, cacat atau meninggal. Anak yang tidak diimunisasi akan menyebarkan kuman-kuman tersebut ke adik, kakak dan teman lain disekitarnya sehingga dapat menimbulkan wabah yang menyebar kemana-mana menyebabkan cacat atau kematian lebih banyak. Oleh karena itu, bila orangtua tidak mau anaknya diimunisasi berarti bisa membahayakan keselamatan anaknya dan anak-anak lain disekitarnya, karena mudah tertular penyakit berbahaya yang dapat menimbulkan sakit berat, cacat atau kematian.

Nah sekarang Mommies udah tahu kan pentingnya imunisasi bagi anak. Jangan lupa ya untuk cek kembali dari tabel imunisasi rekomendasi IDAI apakah ada imunisasi yang terlewat. Jika memang ada imunisasi yang terlewat segera konsultasikan dengan dokter anak atau tenaga kesehatan ya Mommies agar anak mendapat perlindungan imunitas yang optimal.

 

Salam Hangat Penuh Cinta

 

Hafida

 

 

Source:

www.indonesiabaik.com

dr. Daniel Huri

Hafida Satya Aryani

Hafida Satya Aryani

Mom of Precious Child. Full Stay at Home Mom

Related Posts