Ibu & Anak

Pentingnya Deep Sleep Pada Bayi

Haii Mommies.. Kali ini sharing yuk moms soal deep sleep pada bayi. Mommies mungkin ada yang masih asing dengan istilah deep sleep. Oke kita coba sharing bareng yah Moms apa itu deep sleep.

Apa Sih Deep Sleep Itu?

Deep Sleep merupakan salah satu fase tidur lelap. Biasanya fase ini akan muncul minimal dua jam sebelum tidur. Menurut dr. Damayanti R. Sjarif, Deep Sleep sangat penting karena pada saat tidur ada hormon pertumbuhan yang diaktifkan. Puncak produksi hormon pertumbuhan ini jam 23.00 sampai jam 02.00.

Faktor yang Mempengaruhi Hormon Pertumbuhan

Menurut dr. Damayanti R. Sjarif, hormone pertumbuhan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Antara Lain :

  1. Kedalaman tidur
  2. Olahraga
  3. Asupan nutrisi makanan

Dari hal tersebut terlihat jika kedalaman tidur merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hormon pertumbuhan. Itulah sebabnya mengapa penting sekali mengatur jadwal tidur sebelum jam 22.00 anak sudah tidur. Karena untuk mencapai deep sleep dibutuhkan waktu minimal dua jam.

Kebutuhan Tidur Pada Bayi

Orang dewasa membutuhkan 7-8 jam sehari untuk tidur. Namun lain halnya dengan jam tidur bayi. Yuk coba kita sama sama cari tahu durasi jam tidur bayi usia satu hingga 12 bulan. Namun perlu diingat yah Moms ini bukan menjadi tolak ukur wajib setiap bayi. Mungkin bagi beberapa bayi bisa jadi berbeda karena kondisi setiap anak tidaklah sama.

Baru lahir

Pada bayi baru lahir membutuhkan waktu tidur sekitar 16,5 jam sehari yang biasanya dibagi menjadi 8 jam tidur siang dan 8,5 jam tidur malam. Pola tidurnya juga tidak beraturan, bisa dari beberapa menit hingga beberapa jam pada suatu waktu. Biasanya hanya akan sering bangun untuk menyusu.

1 Bulan

Saat bayi berusia 1 bulan, jam tidur bayi menjadi 14-16 jam sehari yang dibagi 8-9 jam untuk tidur malam dan 6-7 jam untuk tidur siang. Biasanya bayi sudah mulai mencari tahu perbedaan antara siang dan malam hari, di mana waktu tidur di malam hari menjadi lebih besar dibanding siang hari.

3 Bulan

Ketika memasuki usia 3 bulan jam tidurnya sama dengan bayi umur 1 bulan, yaitu 14-16 jam sehari. Namun perbedaannya ada perubahan pada durasi tidur siang dan tidur malam. Pada usia ini, lamanya tidur malam bayi menjadi 10-11 jam dan tidur siang menjadi 4-5 jam.

6 Bulan

Memasuki usia 6 bulan, bayi memerlukan jam tidur sebanyak 14 jam sehari, yaitu 3 jam untuk tidur siang dan 11 jam untuk tidur malam.

9-12 Bulan

Ketika bayi berusia 9-12 bulan, jam tidur bayi berubah lagi, yaitu 13,5 jam sehari dimana tidur malam 11 jam dan tidur siang 2,5 jam. Di usia ini, mungkin bayi bisa kesulitan atau bahkan tidak mau tidur jika tidak bersama dengan orang tuanya. Pola tidurnya juga bisa terganggu jika giginya mulai tumbuh atau mulai belajar kemampuan baru seperti merangkak.

Beberapa Tips Agar Anak Terlelap di Malam Hari :

  1. Usahakan anak tidur dengan lampu yang temaram. Karena tidur dalam kondisi lampu temaram dapat merilekskan pikiran serta membantu mengaktifkan hormon pertumbuhan.
  2. Ajak anak melakukan aktifitas fisik di siang hari. Sehingga di malam hari anak merasa Lelah.
  3. Hindarkan aktifitas bermain gadget sebelum jam tidur dimulai.
  4. Terapkan jam tidur dengan disiplin.
  5. Pada saat akan tidur bisa juga dengan memberi musik klasik atau bahkan murrotal
  6. Penggunaan essential oil yang membantu merilekskan pikiran juga dapat menjadi alternatif pilihan agar kualitas tidur anak menjadi lebih baik.

Nah  sekarang Mommies sudah mendapat sedikit gambaran kan Moms mengenai jam tidur pada bayi. Akan tetapi perlu diingat kembali yah Moms jika kebiasaan setiap bayi itu berbeda. Bisa saja bayi membutuhkan waktu tidur yang lebih atau kurang dari daftar di atas. Atau bahkan durasi tidur siang dan tidur malam bayi justru menjadi terbalik, malamnya hanya tidur sebentar, sedangkan siangnya bisa terlelap hingga berjam-jam.

Jika bayi mengalami masalah pada saat atau akan tidur, segera hubungi dokter anak kepercayaan Moms yah untuk mendapatkan solusi terbaik. Sehingga Moms menjadi lebih tenang dan bayi dapat tidur sesuai jadwalnya agar hormon pertumbuhannya dapat bekerja secara maksimal dan anak tumbuh menjadi anak yang sehat sesuai usia nya. Amiin..

Source : hellosehat.com

 

Salam Hangat Penuh Cinta

 

Hafida

 

 

 

Hafida Satya Aryani

Hafida Satya Aryani

Mom of Precious Child. Full Stay at Home Mom

Related Posts