Menyusui Mommies Daily Mommies Info Mommies News

Penentu Kelancaran Produksi ASI

Menjadi ibu adalah dambaan hampir setiap wanita di dunia. Begitu pula dengan memberikan ASI secara rutin bagi anak-anaknya.

Namun demikian, produksi ASI yang tidak tetap membuat khawatir para ibu, terutama yang baru saja menjadi ibu.

Kelancaran ASI tidak semata-mata dipengaruhi oleh satu hal saja. Berikut faktor yang mempengaruhi jumlah ASI:

1. Faktor hormonal
: Adalah hormon prolaktin yang berperan dalam produksi ASI. Banyaknya hormon ini dipengaruhi oleh faktor nutrisi yang di konsumsi ibu serta faktor penghisapan bayi. Semakin banyak bayi menghisap, maka semakin banyak juga hormon ini.

Selain itu, ada hormon oksitosin yang mempengaruhi keluarnya ASI. Biasa disebut sebagai hormon cinta karena dipengaruhi oleh suasana hati ibu. Oleh karena itu, menjaga kebahagiaan ibu serta membantu ibu agar bayi dapat melakukan peletakan dengan tepat sangat penting.

2. Asupan makanan
: Keseimbangan gizi yang menjadi nutrisi yang lengkap dalam ASI penting bagi ibu.

3. Kondisi psikis
: Kebahagiaan ibu juga penting dalam produksi ASI. Kaitannya adalah pada refleks mengeluarkan ASI yang sangat dikontrol oleh perintah yang dikirim dari hipotalamus. Ketika ibu merasa tegang, khawatir, cemas, ASI tidak akan turun dari alveoli menuju puting, yang biasa terjadi pada ibu baru menyusui.

4. Perawatan payudara
: Merawat payudara terutama ketika hamil akan membantu kelancaran produksi ASI ketika sudah melahirkan kelak.

5. Frekuensi bayi menyusu
: Ketelatenan ibu dalam menyusui bayi, baik secara langsung ataupun dengan memerah ASI, akan mempengaruhi produksi ASI ibu. Biasanya, rentang ibu dalam menyusui adalah kisaran setiap 2-3 jam. Kegiatan ini harus dilakukan rutin dan telaten. Walaupun di awal menyusui produksi ASI tidak terlalu banyak, namun dengan ketelatenan, ASI akan semakin banyak diproduksi setiap harinya.

6. Bayi kurang bisa menghisap ASI
: Ketepatan bayi dalam menyusui juga berpengaruh dalam produksi ASI. Struktur mulut serta rahang bayi penting dalam proses menyusui.

7. Pengaruh obat-obatan
: Seorang ibu tidak selamanya dalam kondisi prima. Ada kalanya ibu mau tidak mau, mengkonsumsi obat agar lekas sembuh. Konsumsi obat biasanya sampai sekitar satu persen pada bayi, sehingga ibu tidak bisa bebas meminum obat. Oleh karena itu, akan lebih baik jika ibu mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum meminum obat. Terdapat beberapa obat yang dapat berpengaruh pada produksi ASI.

8. Alat kontrasepsi
: Penggunaan alat kontrasepsi pada ibu menyusui, akan berpengaruh pada produksi ASI.

 

Sumber bacaan:

https://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/efek-samping-konsumsi-obat-tertentu-pada-ibu-menyusui-dan-bayi-ej3P

https://www.sarihusada.co.id/Nutrisi-Untuk-Bangsa/Kehamilan-dan-Menyusui/Menyusui/Faktor-Yang-Mempengaruhi-Lancarnya-ASI

Sumber gambar:

https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/ikuti-tips-ini-untuk-memperlancar-produksi-asi-buat-si-kecil/amp/

https://antonaisyah.wordpress.com/2015/03/14/posisi-pelekatan-saat-menyusui/amp/

Maulia Nur Adrianisah

Saya seorang wanita yg bangga memiliki profesi utama menjadi ibu rumah tangga. Juga seorang istri dari sesosok laki-laki yg senang mengajar dan menulis. Namun lebih terlihat cahayanya ketika menulis, lalu tanpa disadari saya pun mengikuti jejaknya. Semoga apapun yg kami tuliskan, bermanfaat bagi banyak orang, khususnya kami sendiri sebagai manusia yg masih perlu banyak belajar.
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *