Mommies Info

Pemberian MPASI Instan Itu Berbahaya, Benarkah?

 

Si Kecil Mommies sudah memasuki usia 6 bulan? Maka inilah saat yang tepat untuk memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) sembari meneruskan menyusuinya. Lalu, apa rencana MPASI yang akan Mommies berikan untuk si Kecil? MPASI homemade/instan/keduanya? Itu semua kembali lagi pada keputusan Mommies ya.

Makanan pendamping ASI adalah aspek penting bagi bayi. Kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin dalam makanan memiliki peran penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Maka seringkali kita beranggapan bahwa bayi harus diberi makanan yang alami, bersih, dan tanpa bahan pengawet. Salah satunya dengan memberikan MPASI homemade bukan yang instan, karena khawatir MPASI Instan mengandung MSG dan pengawet makanan yang akan membayahan kesehatan si Kecil. Lalu, memang iya sebahaya itukah MPASI Instan?

Ternyata, setereotip tentang makanan instan yang sarat akan MSG, bahan pengawet, dan bahan pewarna itu sudah melekat di benak kebanyakan orang. Begitupun dengan MPASI Instan, banyak ibu yang menghindari pemberian MPASI Instan karena takut akan bahaya nya. Padahal sebenarnya, MPASI Instan tidak sebahaya itu.

Hal ini dipaparkan oleh Arinda Veratamala S.Gz seorang ahli gizi, menurutnya MPASI Instan ini sengaja dirancang khusus untuk bayi sehingga tidak ditambahkan pengawet, pewarna, dan MSG. Awetnya MPASI Instan karena teknik pembuatan nya dengan metode dikeringkan untuk menghilangkan kandungan air dalam makanan sehingga dapat disimpan lebih lama. WHO pun telah mengatur standar pangan yang harus dipenuhi MPASI Instan di pasaran seperti keamanan pangan, higienitas, dan kandungan gizi.

Hal itu pun senada dengan yang dipaparkan oleh Dr. Meta Hanindhita seorang dokter spesialis anak. Ia mengatakan bahwa ASI hanya mengandung 0,2 mg zat besi, sedangkan tubuh butuh 11 mg zat besi, maka sisanya 10,8 mg diperoleh dari asupan MPASI. Lalu, jika ibu membuat MPASI sendiri di rumah apakah akan pas takaran zat besi dengan yang dibutuhkan tubuh? Ternyata mpasi instan ini justru membantu para ibu untuk mendapatkan kejelasan takaran zat besi yang tadinya kebingungan akan kesesuaian jumlah zat besi dalam makanan yang dimasak nya. Selain itu, MPASI Instan yang diijinkan beredar oleh BPOM telah lolos tahap pengontrolan kualitas sesuai kriteria Codex WHO.

Jadi, ternyata MPASI Instan tidak berbahaya ya, Mommies. Selain praktis karena memudahkan dalam penyajiannya saat bepergian, ia juga memudahkan Mommies agar tidak kebingungan terkait takaran kebutuhan zat besi si Kecil.

Semoga bermanfaat.

Ziana Walida

Fulltime mother & fulltime learnerđź’•
Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *