Menyusui

Pekan ASI Sedunia: Pentingnya ASI Eksklusif

Pekan ASI Sedunia atau yang sering disebut dengan World Breastfeeding Week (WBW) diperingati setiap tanggal 1 hingga 7 Agustus dengan misi memperjuangkan pemenuhan hak anak terhadap kebutuhan ASI selama 24 bulan atau lebih demi mengoptimalkan kesehatan gizi anak & kesehatan anak & ibu.

World Health Organization (WHO) & American Academy of Pediatrics (AAP) menganjurkan agar bayi sebaiknya diberikan ASI sejak lahir hingga usia 4 atau 6 bulan secara eksklusif tanpa ada tambahan makanan pendamping apapun. Setelah usia 6 bulan bayi juga tetap disusui sambil diberikan MPASI yang memadai hingga usia 2 tahun atau lebih. Kebiasaan tersebut diharapkan bisa tercapai dengan adanya lingkungan, dorongan, kesadaran, dan dukungan kepada para busui di seluruh dunia.

Berkaitan dengan WBW, tim Mommiesharing akan mengulas arti penting pemberian ASI eksklusif. Walau di dunia maupun pemerintah telah mengatur tentang kewajiban memberikan ASI eksklusif dalam Undang-Undang, namun implementasinya masih banyak ibu yang belum memberikan ASI eksklusif kepada bayi nya karena berbagai alasan. Padahal sebenarnya, hal itu dapat diselesaikan dengan adanya dorongan, motivasi diri & orang lain yg kuat, dll.

Karena ASI merupakan cairan ajaib pemberian langsung dari Sang Pencipta, maka ia juga memiliki berbagai keajaiban. Simak yuk ulasan di bawah ini:

1. ASI sebagai sumber protein
Protein berfungsi melindungi tubuh dari infeksi dan mencegah pertumbuhan bakteri. Dalam protein ASI terdapat 40% kasein dan 60% whey, sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh.

2. ASI mengandung Lemak
Makronutrien paling tinggi dari ASI adalah lemak. Lemak lebih banyak terkandung di foremilk daripada di hindmilk.

3. Sumber vitamin
Jumlah & jenis vitamin dalam ASI tergantung pada asupan vitamin ibu. Maka dari ibu biasanya setelah melahirkan, ibu tetap disarankan minum vitamin selama hamil. Selain itu, nutrisi yang cukup juga penting dikonsumsi ibu. Vitamin A, D, E, K, dan C sangat baik bagi kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan bayi.

4. Sumber karbohidrat
Karbohidrat utama yang ada dalam ASI adalah laktosa yaitu sekitar 40% kalori ada dalam laktosa. Manfaatnya adalah mengurangi bakteri tidak sehat di perut dan membantu melawan penyakit.

5. Leukosit & Antibodi
Leukosit adalah sel hidup yang berfungsi membantu melawan infeksi. ASI juga mengandung antibodi, sel hidup, enzim, dan hormon yang sangat ideal diberikan kepada bayi. Sehingga tidak mudah sakit karena sistem imun nya kuat.

Selain beberapa kandungan ajaib ASI diatas, kegiatan menyusui juga baik untuk perkembangan emosional bayi. Bayi yang meminum ASI cenderung tidak mudah rewel, lebih tenang, dan memiliki bonding/keterikatan yang kuat dengan ibu. Itulah mengapa penting sekali memberikan ASI eksklusif pada buah hati sebagai hadiah terindah di awal kehidupannya.

Semoga bermanfaat.

Ziana Walida

Fulltime mother & fulltime learnerđź’•
Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *