Health Mommies News

Ngeri! Anak Ini Alami Infeksi Wajah Akibat Gigi Berlubang, Orangtua Wajib Terapkan 6 Prinsip Perawatan Gigi Anak

Makanan manis memang menjadi favorit kebanyakan anak kecil ya Mommies. Seperti permen dan coklat yang diolah menjadi berbagai bentuk dan warna serta rasa yang manis memang menjadikan makanan ini digemari oleh anak-anak. Namun, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan kurangnya merawat kesehatan gigi dapat mengakibatkan hal yang fatal lho Mommies. Seperti yang dialami oleh anak berusia 5 tahun ini. Dia mengalami infeksi pada giginya yang berlubang.

 

Dokter menjelaskan bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan kurang rutin menyikat gigi merupakan penyebab gigi anak ini berlubang dan mengalami infeksi. Parahnya gigi berlubangnya telah parah hingga bagian saraf giginya terlihat, sehingga menyebabkan infeksi dan membuat wajahnya membengkak pada salah satu sisi.

 

Berdasarkan pemberitaan pada Tribunstyle.com (27/9/2019), sebelumnya anak ini telah berobat pada dua dokter yang berbeda. Dokter pertama dan kedua mengatakan bahwa anak ini seharusnya perlu dilakukan tindakan pulpotomi tetapi prosedur ini tidak dapat dilakukan pada anak-anak sehingga kedua dokter tersebut hanya memberikan antibiotik yang berbeda. Namun, setelah mengonsumsi antibiotik wajah anak tersebut membengkak sehingga kesulitan untuk membuka matanya.

 

Melihat kondisi anaknya yang semakin parah ibu anak tersebut membawa ke dokter gigi ketiga. Dokter ketiga mengatakan bahwa anak ini mengalami selulitis wajah, yang artinya anak ini telah mengalami infeksi pada wajahnya karena giginya yang berlubang. Tindakan perawatan harus segera dilakukan dan menghentikan konsumsi obat karena dosis tidak sesuai sebelum infeksi semakin menyebar dan dapat mengancam jiwa. Gusi yang membengkak pada anak tersebut telah terinfeksi bakteri yang dapat menyebar ke otak dan mengalami sepsis yang dapat mematikan.

Wah, ngeri ya Mommies. Ternyata gigi berlubang yang parah dapat membahayakan jiwa. Tentu Mommies tidak ingin hal ini terjadi pada sang buah hati. Oleh karena itu, Mommiesharing.com berbagi 6 prinsip dalam merawat gigi si kecil.

 

  1. Kenalkan sikat gigi sejak gigi pertama tumbuh

 

Sejak bayi tumbuh gigi pertamanya Mommies perlu melakukan perawatan pada gigi bayi dengan menggunakan sikat bayi. Bersihkan permukaan gigi dan batas antara gigi dan gusi bayi secara teliti sehingga tidak ada sisa makanan yang tertinggal.

 

  1. Gunakan pasta gigi berfluoride

 

Gunakan pasta gigi berfluoride saat menyikat gigi bayi dan anak agar terhindar dari karies gigi. Lakukan sikat gigi minimal dua kali sehari yaitu saat mandi pagi dan malam sebelum tidur.

 

  1. Kenalkan dental floss saat gigi anak telah tumbuh semua

 

Setelah gigi anak telah lengkap perkenalkan dental floss pada anak. Dental floss merupakan metode membersihkan gigi dengan menggunakan benang tipis untuk membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan yang tertinggal.

 

  1. Rutin mengganti sikat gigi

 

Gantilah sikat gigi anak minimal setiap 3 bulan sekali atau ketika bulu-bulu sikat telah rusak. Bulu sikat yang rusak tentu tidak dapat membersihkan gigi dengan maksimal.

 

  1. Rutin memeriksakan gigi ke dokter

 

Rutinlah mengajak anak memeriksakan giginya setiap 6 bulan sekali. Rutin memeriksakan gigi ke dokter dapat mencegah kerusakan gigi yang parah.

 

  1. Biasakan anak mengonsumsi makanan 4 bintang

 

Membiasakan anak mengonsumsi makanan dan camilan yang sehat dan gizi semibang dapat memperkecil kemungkinan kerusakan pada gigi. Sebisa mungkin usahakan anak untuk menghindari makanan yang mengandung terlalu banyak gula.

 

Itulah 6 prinsip merawat gigi pada bayi dan anak yang perlu dilakukan ya Mommies. Merawat gigi susu merupakan awal yang baik untuk kesehatan gigi selanjutnya pada anak. Jadilah teladan bagi anak untuk rajin menjaga kesehatan gigi ya Mommies.

 

Sumber :

Sumber Gambar:

  • https://www.tribunnews.com/internasional/2019/09/27/gigi-berlubang-bocah-5-tahun-hampir-tewas-dokter-sebut-dampak-makanan-manis-konsumsi-obat
  • https://www.alodokter.com/tips-membersihkan-gigi-dan-gusi-bayi-yang-perlu-bunda-ketahui

Ayu Putri

Seorang ibu rumah tangga yang berusaha menjadi bermanfaat untuk sesama.
Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *