Mommies Daily

Tips Merencanakan Dana Pendidikan Anak

Menyekolahkan anak hingga ke jenjang tinggi sering menjadi prioritas dalam perencanaan keuangan keluarga.
Namun kita tahu, pendidikan yang berkualitas tinggi dan bermutu bagus di Indonesia hampir bisa dipastikan berbanding lurus dengan biayanya yang cukup mahal. Sekolah-sekolah negeri pun kini tak tergolong murah, apalagi sekolah-sekolah swasta.
Maka dari itu moms, perencanaan dana pendidikan untuk buah hati kita ini sangatlah penting. Semakin cepat moms menyiapkannya, semakin besar pula hasil yang didapat. Mulailah dari sekarang, pada usia berapapun dan pada tingkat apapun pendidikannya sekarang. Pilih dan hitung biaya pendidikan secara cermat supaya kita bisa mempersiapkannya sedini mungkin.

Menurut Dr. Seto Mulyadi dalam buku Financial Parenting, disebutkan bahwa ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat moms membuat perencanaan dana pendidikan bagi sang buah hati. Diantaranya ialah :

1. Sekolah yang Dituju

Coba diskusikan dengan pasangan tentang jenis sekolah yang diinginkan untuk anak. Perhatikan aspek-aspek profesionalitas atau keunggulan yang ditawarkan pihak sekolah misalnya fasilitas, prestasi, kualitas tenaga pendidik, program ekstrakurikuler, bahkan kekhususan sekolah ; apakah berbasis agama, berkurikulum nasional plus, atau sekolah alam hingga sekolah berlabel internasional.
Biasanya beberapa sekolah menyelenggarakan acara ‘Open House’ dengan tujuan agar para orangtua calon murid berkesempatan mengetahui ‘isi’ sekolah.
Jarak tempuh dari rumah ke sekolah juga perlu jadi pertimbangan. Jangan sampai anak terlalu lelah hanya karena lamanya waktu tempuh.
Pun jika moms memilih sekolah yang anaknya harus tinggal di asrama, ada baiknya cek kebersihan lingkungan dan cermati menu makan terlebih dahulu.
Bila sudah ‘sreg’ dengan pilihan sekolah, segera kumpulkan data perihal biaya-biaya yang diperlukan, mulai dari uang pangkal, biaya buku hingga biaya daftar ulang.

2. Jangka Waktu

Semakin panjang jangka waktu yang moms miliki, maka semakin ringan beban untuk mengumpulkan uang. Mulai sekarang, mari hitung berapa tahun lagi anak akan sampai pada tingkatan sekolah mulai dari sekolah dasar hingga tingkat universitas.
Tak ada salahnya moms meminta data biaya sekolah yang dituju dalam rentang waktu tiga tahun ke belakang guna melihat kenaikan biaya pendidikan di sekolah tersebut per tahunnya. Namun jika enggan melakukannya, moms bisa menggunakan asumsi kenaikan biaya pendidikan sebesar 20% per tahun untuk jenjang TK sampai SMA dan 15% untuk Kuliah.
Loh, besar banget ya?
Hmm.. Sepertinya lebih baik mempersiapkan jumlah yang lebih besar dibandingkan menghitung dengan asumsi persentase yang lebih kecil, sebagai antisipasi biaya-biaya dadakan yang biasanya muncul misalnya, kegiatan ekskul atau biaya studi wisata.

3. Produk Investasi

Ada beberapa produk investasi yang tersedia sebagai pilihan moms untuk sarana perencanaan dana pendidikan sang buah hati, diantaranya :

 

  1. Tabungan dan Asuransi Pendidikan
    Produk ini banyak ditawarkan oleh pihak bank maupun pihak asuransi. Ada beberapa pilihan besaran biaya dan periode jangka waktu, sehingga nanti ketika anak mencapai usia sekolah tertentu akan keluar sejumlah uang yang telah diinvestasikan.  
  2. Emas.
    Estimasi tingkat keuntungan yang bisa diperoleh dengan produk ini mencapai 25%. Emas dapat membantu moms mempersiapkan dana pendidikan dengan jenjang waktu kurang dari tiga tahun. 
  3. Reksadana Saham
    Produk ini juga dapat digunakan sebagai kendaraan investasi untuk perencanaan dana pendidikan di atas tiga tahun. Besarnya tingkat profit dan panjangnya waktu pencapaian bisa membantu moms dalam mempersiapkan dana pendidikan dengan jumlah yang tak terlalu besar.

    Setiap produk investasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing juga risiko yang berbeda-beda. Hal paling penting yang perlu kita teliti adalah pahami produknya terlebih dahulu.

    Ingat, moms.
    Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai persiapan biaya pendidikan untuk sang buah hati tercinta. Jika belum, lakukanlah sekarang juga.
    Semoga bermanfaat.
    Terima kasih.

    Sumber :
    Dr. Seto Mulyadi & Lutfi T. Rizki. 2012. Financial Parenting. Jakarta: Noura Books.
Aprilia Tika Primasanti

Aprilia Tika Primasanti

Seorang ibu yang bersemangat belajar untuk menjadikan hidupnya bahagia dengan membersamai keluarga dan semaksimal mungkin ingin bermanfaat dan membawa perubahan menuju lebih baik.

Related Posts