Mommies Info

Menu Lezat Pencegah Baby Blues Syndrome, Pasta Tuna Bayam Aglio Olio

Hi mommies…
Hangat diingatan kita bahwa ada bayi lelaki dari China bernama Xiao Bao yang menjadi korban kekerasan dari ibunya sendiri. Diduga sang Ibu melakukan kekerasan tersebut karena sang Ibu sedang menderita baby blues syndrome.
Apa sih baby blues syndrome? Dan mengapa baby blues sering menyerang kaum Ibu yang baru saja memiliki anugerah seorang bayi?
Baby Blues Syndrome merupakan suatu keadaan psikologis sementara setelah melahirkan, ketika seorang Ibu baru mengalami perubahan suasana hati yang mendadak, merasa sangat bahagia, kemudian sangat sedih, menangis tanpa alasan yang jelas, merasa tidak sabar, sangat mudah tersinggung, resah, cemas dan merasa kesepian. Biasanya, baby blues pulih dengan sendirinya, namun tanpa penanganan yang tepat, sindrom ini bisa menjadi depresi dan bisa membahayakan nyawa Ibu, bahkan anaknya.
Beberapa cara dapat mengurangi baby blues syndrome ini diantara laim adalah perhatian dari orang orang disekelilingnya terutama suami, seperti dampingan selalu untuk sang Ibu, istirahat yang cukup, serta asupan makanan yang tepat agar mampu mengurangi efek depresi yang dirasakan olehnya.
Salah satunya adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3. Pada umumnya, omega-3 memang bisa mengobati gangguan mood. DHA dan EPA, adalah dua jenis asam lemak omega-3 yang paling penting, karena membantu proses sintesis neurotransmiter di otak. Neurotransmiter yang dimaksud adalah hormon-hormon kebahagiaan seperti dopamin, monoamin, dan serotonin.
Selain omega 3 diperlukan juga vitamin B. Seorang Ibu yang baru saja mengalami proses melahirkan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen dan makanan yang mengandung asam folat dan riboflavin (vitamin B2) jika ingin mencegah dan mengurangi gejala baby blues, seperti serelia, gandum, bayam, brokoli, roti, susu, dan yoghurt.

Nah mommies..kali ini mommiesharing akan membagikan resep yang kaya akan omega 3 dan juga kaya akan riboflavin. Yakni kombinasi antara ikan tuna yang kaya akan omega 3 serta spaghetti dan bayam yang kaya akan riboflavin.

Pasta Tuna Bayam Aglio Olio
Bahan :
½ bungkus spaghetti
1 kaleng tuna
Segenggam bayam, cincang halus
2 siung bawang putih, geprek cincang
5 buah cabe rawit, iris tipis
4 sdm olive oil
Garam dan Gula secukupnya
Keju cheddar / quick melt / parmesan parut secukupnya
Cara Membuat :

  1. Rebus spagheti hingga aldente (tidak terlalu lunak/keras) angkat, perciki dengan olive oil secukupnya.
  2. Tuang 4 sdm olive oil dengan bawang putih cincang ke dalam wajan, nyalakan dengan api kecil sehingga bawang putih tumis dengan aroma yg sempurna dan minyak akan menyerap wangi dari bawang putih tersebut.
  3. Setelah tumisan sempurna, masukkan irisan cabe rawit hingga harum.
  4. Masukkan tuna, tumis sebentar hingga bumbu menyerap kedalam tuna.
  5. Kemudian masukkan bayam. Tumis kembali hingga bayam layu.
  6. Tambahkan sedikit air, +/- 10 ml tunggu hingga mendidih masukkan spagheti, garam dan gula. Aduk hingga merata.
  7. Gunakan api kecil, tutup sebentar selama 2 menit. Angkat.
  8. Tambahkan parutan keju kedalam spagheti yang masih panas.

 

Selamat mencoba Mommies😊

 

Marga Priistanti P

Marga Pristanti Pertiwi

Marga Pristanti Pertiwi

I am a mother of double T who has a hobby of crocheting and cooking tries to give the best for her little family and wants to share the taste of kitchen happiness through writing ❤
Follow Me:

Related Posts