Ibu & Anak Parenting

Penyebab Kenakalan Remaja Terus Terjadi ! Dan Apa Solusi dari Orangtua ?

Haii Mommies.. Beberapa hari yang lalu public sempat dihebohkan dengan kasus Audrey. Sampai semua orang dari semua kalangan turut mengecam kejadian tersebut, ada yang mengunjungi Audrey langsung di Rumah Sakit, ada yang membuat petisi online untuk di tanda tangani, bahkan hingga muncul tagar #JusticeforAudrey yang beberapa hari setelahnya muncul tagar tandingan #Audreyjugabersalah.

Sebagai orang tua, kita tentu miris melihat pergaulan anak jaman sekarang. Anak – anak yang seharusnya bisa berperilaku positif karena sudah dewasa, justru malah bertingkah brutal. Terlepas dari siapa yang salah dari kasus Audrey, dari kasus Audrey kita bisa mengambil banyak pelajaran. Tulisan ini sebagai bahan kita sharing mengenai bagaimana kenakalan remaja bisa terjadi. Sebelum kita sharing mengenai penyebab mengapa akhir-akhir ini banyak terjad kenakalan remaja, kita coba cari tahu dahulu tentang apa itu kenakalan remaja.

Definisi Kenakalan Remaja

Menurut Kartono, seorang ilmuwan sosiologi mendefinisikan kenakalan remaja  merupakan gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya, mereka mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang.

Penyebab Kenakalan Remaja

Ada beberapa sebab mengapa kenakalan remaja bisa terjadi. Menurut Kartono kenakalan remaja mengalami kenaikan jumlah dalam kualitas kejahatan sejalan dengan perkembangan teknologi, indutrialisasi dan urbanisasi. Berikut yang menjadi penyebab kenakalan remaja antara lain :

  1. Kurangnya kasih saying dan pengawasan dari orang tua
  2. Pergaulan dengan lingkungan yang salah
  3. Penyalahgunaan dari perkembangan teknologi
  4. Kurangnya nilai-nilai agama yang dianut
  5. Kebebasan yang berlebihan
  6. Masalah yang dipendam

Senada dengan Kartono, menurut Riza Amaliya, M.Si dosen psikologi STKIP Muhamadiyah Sampit menjelaskan bahwa sebenarnya dalam kamus psikologi tidak ada nakal. Anak nakal itu merupakan anak yang berulah untuk mendapatkan hak perhatian yang terenggut paksa karena keegoisan orang tua. Mereka merupakan anak yang salah didik. Karena anak perempuan yang kurang pelukan, ciuman dan pujian ayahnya sejak kecil akan bermetamorfosa menjadi gadis – gadis beringas yang kasar. Sehingga pola asuh yang terbaik bukan hanya menjadi tugas ibu saja, namun juga harus berimbang. Sebab empati, sosialisasi, kemandirian, dan ketegasan hanya laki – laki yang bisa mengajarkan.

Masih menurut Riza Amaliya, penyebab terjadinya kenakalan remaja ini disebabkan beberapa hal, diantaranya :

  1. Dari sisi keluarga. Saat ini banyak sekali para mommies yang sibuk mengaktualisasikan dirinya diluar rumah seperti arisan, hangout, shopping dan lain- lain apalagi ditunjang dengan semakin majunya teknologi membuat para mommies seringkali sibuk dengan gadget nya hingga abai dengan anak. Hal ini membuat anak krisis perhatian intrinsic seperti pelukan, kasih sayang, komunikasi efektif.
  2. Banyak orang tua yang memberikan fasilitas kemudahan bagi anak. Sehingga anak menjadi generasi instan yang kurang memahami proses. Akibatnya jika anak merasa tersakiti membuat anak menjadi potong kompas untuk menyelesaikan salah satu caranya dengan main hakim sendiri.
  3. Games. Saat ini banyak games yang berisi kekerasan. Misalnya PUBG. Hal ini secara tidak langsung dapat mengubah perilaku menjadi lebih brutal.

Solusi Agar Tidak Terjadi Kenakalan Remaja

Menurut Riza Amaliya, solusi agar tidak terjadi kenakalan remaja antara lain :

  1. Orang tua dan sekolah harus sinergis. Karena pendidikan untuk anak bukan hanya disekolah saja. Namun orang tua juga harus ikut ambil bagian didalamnya.
  2. Anak harus mendapat pola asuh yang tepat sejak dini, dimana pola asuh ini berimbang antara bapak dan ibunya.
  3. Lingkungan pergaulan yang tepat juga dapat menghindarkan anak dari perilaku menyimpang.
  4. Penggunaan gadget yang dibawah pengawasan orang tua.
  5. Orang tua baiknya lebih mendekatkan diri lagi dengan anak. Karena anak akan menjadi lebih terbuka dengan orang tua.

Nah Mommies sekarang udah ada sedikit gambaran kan mengapa akhir – akhir ini perilaku menyimpang seperti kenakalan remaja baik itu bullying, pelecehan sexual, tawuran semakin banyak. Sebab jika sudah terjadi, artinya framing pemikiran dan perilakunya sudah tidak normal lagi. Terkadang hukuman tidak memberi efek jera, justru akan menjadikan anak semakin dendam. Semoga dari kasus ini bisa meningkatkan awareness kita sebagai orang tua untuk lebih menyediakan waktu lebih banyak bersama anak. Sehingga anak menjadi dekat dengan orang tua. Jangan lupa untuk memberi anak pelukan sebanyak mungkin yah Mommies agar anak tetap merasa aman di dekat orang tuanya.

 

Salam Hangat Penuh Cnta

 

Hafida

 

Source:

Riza Amaliya, M.Si dosen psikologi STKIP Muhamadiyah Sampit

Kartono, Kartini, D.R. 2008. Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta : Raja Grafindo

Hafida Satya Aryani

Hafida Satya Aryani

Mom of Precious Child. Full Stay at Home Mom

Related Posts