Health

Memijat Bayi Saat Demam, Bolehkah?

Begitu banyak manfaat yang timbul dari proses memijat bayi secara rutin, diantaranya adalah meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh pada bayi serta membuat tumbuh kembang bayi lebih bagus. Namun mommies, bolehkah bayi dipijat saat demam?

Penyebab Demam

Setiap bayi pasti pernah mengalami kondisi demam dimana suhu tubuhnya mencapai 38° Celcius atau lebih. Penyebabnya pun beragam antara lain :

  • reaksi pasca imunisasi
  • bayi telah menghabiskan terlalu banyak waktu di luar rumah saat cuacanya sedang terik
  • bayi terindikasi penyakit tertentu seperti infeksi saluran kemih (ISK), infeksi telinga, pneumonia, meningitis dan penyakit serius lainnya.

Saat demam, sudah barang tentu si bayi akan lebih rewel dari biasanya. Ibaratnya orang dewasa jika sedang sakit, pasti merasa gelisah. Sama halnya dengan bayi, kualitas tidurnya akan menjadi tidak optimal dan nafsu makannya menurun. 

Cara Menurunkan Demam

Dilansir dari situs Parenting Firstcry menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan demamnya yaitu :

  • tetap berikan ASI eksklusif untuk menghindari dehidrasi pada bayi
  • kompres menggunakan air hangat atau air biasa
  • selalu siap sedia termometer digital untuk memonitor progres suhu tubuh bayi. Sebelum digunakan, bersihkan termometer dengan desinfektan atau alkohol kemudian dicuci dengan air dingin
  • kenakan pakaian yang ringan dan nyaman

Pijat Bayi Saat Demam, Bolehkah?

Banyak orangtua yang mempunyai anggapan keliru bahwa memijat bayi saat demam bisa menurunkan suhu tubuh saat demam. Dokter spesialis anak Rumah Sakit St. Carolus Jakarta pun mengungkapkan pendapatnya tentang hal ini :

“Demam itu sebenarnya reaksi tubuh untuk melawan penyakit dan kuman yang mencoba masuk ke dalam tubuh. Sejauh yang saya pelajari, pijat hanya untuk bayi yang kondisinya sehat agar manfaatnya pijat bisa optimal bagi bayi. Jadi memang sebaiknya pijat pada bayi dilakukan saat bayi dalam kondisi sehat dan bahagia.”

Sumber : 

https://www.google.com/amp/s/id.theasianparent.com/pijat-bayi-saat-demam/amp

Aprilia Tika

Seorang ibu dari tiga anak yang menyukai dunia kepenulisan dan kerja sosial. Selain bertugas menjadi pendamping hidup seorang prajurit abdi negara, beberapa tahun terakhir ini ia pun mulai mengabdikan diri dengan berkontribusi di berbagai komunitas dan organisasi. Motto hidupnya selama ini adalah 'Never put off till tomorrow what you can do today'
Follow Me:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *