Kuliah Whatsapp

Melahirkan Tanpa Rasa Sakit – Resume Kulwapp #8 Mommiesharing

Narasumber : Meryn Wismandari; ( Bidan, Praktisi Hypnobirthing, Fasilitator Prenatal Gentle Yoga)

 

“Kok bisa ya lahiran nggak sakit, gimana caranya?”

Berawal dari hasil kontrol yang kurang baik di usia kehamilan 36 minggu hingga dokter memutuskan untuk rawat inap dan rencana operasi Caesar, membuat Mombid (Mommies Bidan) Meryn merasa setiap ibu hamil harus mempersiapkan semua proses kelahiran bayinya yang nyaman, tanpa sakit, dan minim trauma. Karena proses kelahiran nyaman itu tidak instan, harus diupayakan, dan pengendalian diri saat proses persalinan itu juga perlu dilatih. Mombid Meryn pun akhirnya mencari semua informasi tentang melahirkan nyaman, dan mengikuti kelas prenatal yoga, kelas hypnobirthing. Sehingga di kelas hypnobirthing terjawab sudah, bahwa persalinan itu butuh persiapan. Persiapan tentang body, mind and soul.

Persiapan fisik (body) meliputi latihan pernapasan, olahraga ringan, pijat, dan konsumsi makanan sehat. Mental (mind) ibu pun perlu dipersiapkan dengan rutin melakukan relaksasi hypnobirthing, meditasi, afirmasi positif, dan menjaga ketenangan jiwanya (soul) dengan doa dan keyakinan penuh. Persiapan mental ibu menjadi hal penting yang akan mempengaruhi kesuksesan gentle birth ini. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah pengetahuan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan gentle birth.

Gentle artinya lembut, Birth artinya kelahiran. Jika digabungkan bisa berarti lahir dengan penuh kelembutan. Siapa yang lahir? Yang lahir bukan hanya bayi saja tetapi ibu, ayah bahkan keluarga yang “dilahirkan” kembali dan mengalami transformasi yang luar biasa, dan proses ini terjadi sangat lembut dan minim akan trauma.

 


SESI TANYA JAWAB

 

  1. Moms A – Banten – 18week

Pertanyaan :

MomBid, bagaimana dengan kehamilan yg diketahui plasenta previa bahkan total, apakah masih bisa lahiran normal? atau bagaimana caranya untuk mengupayakan agar terhindar dari hal tersebut? Karena pasti kalo seorang ibu hamil saat dinyatakan sesuatu yg kurang baik kan pasti panik dan baper duluan.. mohon penjelasannya.

Jawaban :

Plasenta previa total sampe di akhir kehamilan tidak dapat lahir secara normal ya mom, karena posisinya menutupi jalan lahir. Namun jika masih di TM1 diketahui plasenta di bawah masih ada kemungkinan untuk bergeser keatas. Selalu lalukan hypnobirthing, ajak bicara plasentanya, afirmasikan yg positif ya mom.

  1. Moms B – Probolinggo Jatim – 10w

Pertanyaan:

Saya punya riwayat keguguran pada kehamilan pertama (tp tidak sampai kuret) dan SC pada kehamilan kedua. Anak saya skrg umur 2y8m dan sekarang saya sedang hamil 10w. Pengennya sih waktu melahirkan nanti VBAC ya.

Apa mungkin merasakan Gentle birth kalau VBAC? Kalau bisa, apa saja yg harus saya persiapkan? Mengingat riwayat-riwayat yang saya punya tadi. Olahraga seperti Yoga itu boleh saya lakukan saat umur kehamilan berapa?

Terima kasih

  1. Steffiani – Serang – perencanaan hamil anak ke 2

Pertanyaan:

Mombid, saya sedang merencanakan untuk anak ke 2 (usia anak pertama sudah 2y9m), anak pertama saya lahir SC. Apa yang harus saya persiapkan untuk kehamilan ke 2 ini jika saya ingin melahirkan secara normal?

Jawaban:

Hai mommies VBAC warrior harus semangat memberdayakan diri yah

Tipsnya

  • Belajar dari persalinan sebelumnya
  • Cari info tentang VBAC
  • Cari gruo-grup support VBAC (ig, kulwap,wag dll)
  • Cari provider yg pro-normal
  • Cek kondisi jahitan operasi SC amankah untuk lahir pervaginam ini bisa diketahui dari usg di usia 28w atau 36w tergantung provider
  • Siapkan tubuhnya, yoga aman mulai 20w
  • Siapkan mentalnya

Usaha tidak akan mengkhianati hasil ya..Semangaaat mommies

  1. Moms D- Mojokerto- 30w/15m

Pertanyaan:

Bagaimana memaksimalkan induksi alami di minggu-minggu menjelang persalinan karena saya termasuk pasangan LDM, dan nanti suami pulang ketika persalinan. Karena pada kehamilan pertama saya dulu makanan tidak terlalu efektif, hingga saya minim ilmu pasca induksi dan tidak menambah pembukaan dan berakhir SC.

Jawaban:

Moms D juga VBAC warrior, dan LDM sama suami. Bisa lakukan induksi alami  mulai dari 36w ya. Macam-macam kok induksi alami itu yg penting harus happy. Paling pengaruh adalah pikirannya, supaya hormon oksitosin muncul. Nonton drma korea bisa jadi induksi alami lho kalau mom happy. FYI, VBAC tidak boleh induksi buatan ya karena kontradiksi, jadi yang alami saja.

  1. Moms E- Serang – 7w/2y

Pertanyaan:

Proses kelahiran anak pertama di klinik bidan dan saya KPD. Akhirnya sama bidan saya dikasih obat induksi diinfokan dari bidannya selama 12 jam anak harus dilahirkan khawatir ketubannya habis, untuk anak kedua ini saya pengen proses alami tanpa adanya induksi, apa yang harus dilakukan ya mombid?

Jawaban :

KPD (ketuban pecah dini) adalah ketuban pecah duluan sebelum bayinya lahir. Tenang ya mommies ketuban juga salah satu tanda persalinan. Ketuban pecah masih bisa ditunggu 24 jam untuk tindakan selanjutnya. Jadi selama 24 jam ditunggu agar bisa lahiran normal

Penyebab ketuban pecah dini :

  1. Infeksi
  2. Cedera fisik / jatuh
  3. Bayi kembar, big baby, polihidramnion
  4. Perokok aktif/pasif, ngedrug
  5. Pernah biopsi serviks ketika hamil
  6. Riwayat ketuban pecah dini di persalinan sebelumnya
  7. Perdarahan ketika hamil
  8. Kelainan plasenta
  9. Posisi janin yg kurang optimal
  10. Bb ibu kurang dari IMT ( kurus)
  11. Tensi tdk terkontrol
  12. Pernah melakukan operasi di Rahim

 Untuk menghindari KPD, jaga pola makan, jaga personal hygiene, lakukan induksi alami mulai 36w, siapkan tubuh dan pikirannya ya moms.

  1. Moms F – Malang – 24w

Pertanyaan:

Kalau untuk persiapan selain mental, olahraga selain yoga ada lagi tidak mombid yang bisa dilakukan sendiri dirumah.

Jawaban :

Olahraga selain yoga, peregangan, powerwalk, renang, squat usia 36 weeks, naik turun tangga. Harus gerak ya mommies no mager.

  1. Moms G

Pertanyaan:

Pelatihan hypnobirting paling efektif dimulai dari usia kehamilan berapa ya mombid? untuk planning VBAC apakah dapat diupayakan dari sebelum hamil? Jarak idealnya berapa tahun mombid? Dan bagaimana mengatasi trauma proses persalinan pertama yang dlu upaya normal berujung SC?

Jawaban :

Hypnobirthing dari awal hamil sudah boleh ya, semakin sering kita berlatih akhirnya kita bisa jadi kebiasaan dan nantinya sudah autopilot tubuh meresponnya. VBAC bisa diupayakan sebelum hamil misalnya apa? Menjaga jarak kehamilan jadi supaya tidak terlalu berdekatan. Dan jarak minimal 2 tahun, dipastikan jarak itu aman namun dilihat juga luka bekas jahitan yang dalam terlebih dulu. Untuk trauma healing dapat dihilangkan dengan hypnobirthing moms

 

  1. Moms H

Pertanyaan:

Saya pernah denger dokter SPOG bilang kalau mau VBAC tetap harus persalinan di rumah sakit alias jangan di bidan, betulkah? Tapi kenapa msh ada juga bidan yang melayani VBAC ya? Dan seberapa penting doula itu?

Jawaban :

Persalinan VBAC harus di rumah sakit dan ditolong oleh dokter, ini benar sekali karena persalinan VBAC ini adalah persalinan yg beresiko. Doula sejati adalah suami, jadi berdayakan suaminya juga ya. Kalau mau pake jasa doula ya silahkan.

  1. Moms I

Pertanyaan:

Saya ada rencana untuk hamil kembali. Dua kali persalinan kemarin saya dengan induksi. Adakah kiat-kiat yang bisa dilakukan agar persalinan nanti saya lalui secara alami? Karena saya pernah dengar kalau sekali induksi maka persalinan selanjutnya kemungkinan akan diinduksi lagi. Oh ya, kemarin kasusnya 2x induksi karena bukaan macet dan hamil lewat 42w belum ada bukaan.

Jawaban :

Untuk setiap kehamilan dan persalinan berbeda ya meski satu rahim. Ubah mindsetnya dulu. Persalinan anak pertama induksi, anak kesua tidak harus di induksi. Sebaiknya kita bisa belajar dari kasus persalinan yang pertama. Jadi siapkan fisik dan pikirannya dulu ya.

  1. Moms J

Pertanyaan:

Untuk pelatihan hypnobirthing apa bisa dilakukan tanpa tatap muka, hanya melalui internet/buku? Mengingat pelatihan seperti itu biayanya tidak sedikit.

Jawaban :

Bisa moms tp ya kurang maksimal. Ada kok praktisi yg bikin kelas online untuk hypnobirthing jd tetep bisa tatap muka.

 


Kesimpulan dari seluruh sesi kuliah whatsapp kali ini adalah persalinan itu nyaman, aman, minim trauma yg bisa diupayakan sejak awal kehamilan.

 

Lamtiyah Ikha Indriyana

Lamtiyah Ikha Indriyana

Ibu satu anak yang masih belajar dan berusaha mengelola waktu, tenaga dan pikiran demi menjadi ibu dan istri terbaik untuk keluarga

Related Posts