Kehamilan

Manfaat Prenatal Gentle Yoga Untuk Persiapan Persalinan Normal

Prenatal Gentle Yoga adalah jenis yoga yang didesain khusus untuk ibu hamil untuk mempersiapkan proses persalinan yang nyaman. Mengapa prenatal gentle yoga penting untuk ibu hamil? Karena selama masa kehamilan, tubuh ibu banyak mengalami perubahan dan tidak jarang menimbulkan banyak keluhan-keluhan. Di sini prenatal gentle yoga membantu ibu hamil untuk mengurangi keluhan-keluhan tersebut dan mempersiapkan proses persalinan sesuai apa yang diharapkan. Tentu saja, kebanyakan wanita mengharapkan proses persalinan normal bukan?

Prenatal yoga atau senam hamil dan semacamnya mungkin tidak dilakukan oleh ibu-ibu hamil di zaman nenek atau orangtua terdahulu. Tapi orang zaman dulu bisa melahirkan dengan normal, lancar, dan selama kehamilan maupun setelah melahirkan tidak banyak keluhan. Iya, sebab wanita zaman dahulu banyak geraknya. Bangun jam 4 pagi dan segera mengerjakan pekerjaan rumah, berjalan kaki ke manapun, pokoknya banyak geraknya.

Nah, kalau wanita zaman sekarang untuk pergi dengan jarak 100 meter saja sudah menggunakan sepeda motor. Bahkan, untuk memindahkan channel televisi saja menggunakan remote kontrol. Sudah bisa dibayangkan kan seberapa geraknya? Makanya, ibu hamil zaman now seringkali mengalami keluhan-keluhan saat kehamilan.

Berdasarkan pengalaman saya mengikuti kelas prenatal gentle yoga ketika hamil anak pertama saya, banyak manfaat yang saya peroleh.

Manfaat Prenatal Gentle Yoga

1. Pikiran menjadi lebih tenang dan relaks. Sebelum mengikuti kelas yoga, pikiran saya sudah ke mana-mana terkait proses persalinan. Yang takut sakit dijahit lah, takut nanti disuruh C-section lah, dan masih banyak lagi. Tapi, setelah ikut kelas yoga beda sekali efeknya. Pikiran negatif berubah jadi positif dan rasanya tidak takut dengan proses persalinan.

2. Tubuh menjadi lebih bugar dan tidur terasa lebih nyenyak. Keluhan tidak bisa tidur selama hamil berkurang setelah menjalankan yoga.

3. Keluhan sakit pinggang berkurang dan fisik terasa lebih kuat. Karena selama yoga dituntut untuk selalu memperbaiki sikap tubuh. Seringkali ibu hamil mengalami sakit pinggang karena sikap tubuh yang kurang tepat.

4. Tubuh jadi seimbang dan posisi janin optimal pada masanya.

5. Pola nafas jadi teratur sehingga tetap tenang dan nyaman ketika kontraksi datang dan lebih siap dalam proses persalinan.

6. Menjadi lebih bahagia dan senantiasa berpasrah pada Sang Pemberi Hidup.

Banyak sekali manfaat yang dirasakan bagi ibu hamil yang menjalankan yoga kehamilan. Semoga sharing saya di atas bermanfaat bagi ibu hamil yang membutuhkan pandangan bagaimana cara mempersiapkan persalinan normal yang nyaman, aman, dan lancar.

Semoga bermanfaat.

Ziana Walida

Ziana Walida

Fulltime mother & fulltime learnerđź’•
Follow Me:

Related Posts