Health Mommies News

Langka! Tenaga Medis Kesulitan Mendapatkan Alat Pelindung Diri (APD Kesehatan), Ketahui Beragam Jenisnya

Wabah Virus Corona atau Covid-19 masih menjadi topik hangat di seluruh dunia. Bahkan jumlahnya semakin bertambah. Indonesia yang juga merupakan negara yang terkena Covid-19 tengah mengalami masa sulit dalam menghadapi wabah tersebut.

 

Hingga hari ini (30/03/2020), jumlah orang Indonesia yang terinfeksi sebanyak 1414 dengan total 122 orang meninggal dunia dan 75 orang sembuh. Meningkatnya jumlah pasien menyebabkan pentingnya peran tenaga medis sebagai garda depan untuk melawan Covid-19. Sayangnya, muncul banyak berita tentang kekurangan alat pelindung diri kesehatan atau apd kesehatan bagi tenaga medis.

 

Selain gejala sosial berupa panic buying (pembelian berlebihan karena panik), Covid-19 juga menyebabkan adanya penimbunan  alat pelindung diri yang seharusnya digunakan oleh tenaga medis. Faktanya apabila Anda bukan tenaga medis, kita dapat melindungi diri kita dengan rajin mencuci tangan dan menggunakan masker kain. 

 

Tenaga medis menggunakan apd kesehatan hanya sekali pakai karena tingkat kontaminasi dan resiko penyebaran virus yang tinggi. Oleh karena itu jumlah apd yang dibutuhkan sangat tinggi. Apakah mommies tahu apakah apd yang dimaksudkan? Sesuai peraturan Menteri Kesehatan Nomor 8 Tahun 2010, apd adalah alat untuk mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh.

 

Pentingnya penggunaan apd ketika sedang bekerja karena dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja maupun keamanan bagi pekerja, termasuk tenaga medis. Apd sendiri ada berbagai macam tergantung pada fungsinya, yaitu :

 

  • Alat pelindung kepala

Alat pelindung ini berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan, pukulan, atau cedera kepala. Alat ini juga mampu melindungi kepala dari radiasi panas, api, percikan bahan kimia, atau suhu ekstrem.

Alat pelindung kepala biasanya terdiri dari helm pengaman (safety helmet), topi atau tudung kepala, dan pelindung rambut.

 

  • Alat pelindung mata dan muka

Alat pelindung mata yang umumnya digunakan adalah kacamata khusus atau spectacles dan googles. Sedangkan alat pelindung muka terdiri dari tameng muka (faceshield) atau full face masker.

 

  • Alat pelindung telinga

Alat ini biasanya berupa sumbat telinga atau penutup telinga yang berfungsi untuk melindungi telinga dari kebisingan atau tekanan udara.

 

  • Alat pelindung saluran pernapasan

Jenis alat pelindung yang satu ini merupakan apd kesehatan yang wajib dikenakan oleh tenaga medis. Alat ini berfungsi untuk melindungi alat pernapasan dengan cara menyalurkan udara bersih atau menyaring paparan zat atau benda berbahaya agar tidak terhirup dan masuk ke dalam tubuh. Contoh jenis apd ini yaitu masker.

 

  • Alat pelindung tangan dan kaki

Alat ini berfungsi untuk melindungi tangan dan kaki agar aman dari benda-benda berbahaya. Alat pelindung tangan biasanya berbentuk sarung tangan dan terbuat dari berbagai macam material sesuai dengan kebutuhan. Sementara itu, alat pelindung kaki biasanya berbentuk sepatu karet (boot) atau safety shoes. 

 

  • Pakaian pelindung

Pakaian pelindung merupakan salah satu jenis apd kesehatan yang penting. Pakaian pelindung biasanya dapat berupa rompi, celemek, jaket, dan pakaian terusan.

Hazmat suit medis

 

  • Sabuk, tali pengaman, dan pelampung

Ketiga jenis alat pelindung diri berikut ini merupakan apd yang wajib digunakan bagi pekerja yang bekerja dalam kondisi ekstrem atau berbahaya.

 

Alat pelindung diri merupakan bagian dari senjata yang diperlukan oleh tenaga medis sebagai garda depan melawan wabah virus Covid-19. Sampai saat ini perusahaan tekstil dan produsen apd kesehatan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan apd bagi tenaga medis. Semoga Covid-19 segera teratasi ya, mommies.

 

Sumber :

 

Sumber gambar :

Ciptaningtyas D. A. Ikaningrum

Seorang Ibu muda yang ingin sepenuhnya membersamai anak di rumah dan menjadikan rumah sebagai tempat bermain yang menyenangkan.
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *