Ibu & Anak

Kenali Perbedaan Campak dan Roseola beserta Penanganannya

Haii Mommies… Kali ini kita sharing lagi yuk tentang campak. Beberapa waktu yang lalu banyak banget nih yang bingung gara – gara anak demam terus muncul ruam merah. Campak atau roseola nih?? Supaya mommies semua ngga ngira – ngira lagi, yuk kita sharing bareng – bareng apa itu campak dan roseola.

Roseola
Roseola infantum merupakan infeksi virus yang umumnya menyerang anak usia 7-13 bulan, dan 90 persen kasus roseola terjadi pada anak usia di bawah 2 tahun. Penyebab roseola adalah human herpes virus (HHV) type 6.
Gejalanya diawali dengan demam tinggi yang umumnya berlangsung sekitar 3—7 hari. Anak bisa tampak rewel dan nafsu makannya menurun. Beberapa anak tampak dengan gejala batuk pilek, atau pembesaran kelenjar di leher. Setelah fase demam ini terlewati, biasanya anak sudah mulai tampak sehat dan normal kembali. Demam pada roseola turun dengan tiba-tiba. Nah, saat inilah seketika muncul ruam kemerahan di dada, dan menyebar ke seluruh tubuh. Sebagian orang tua mengira anaknya terkena campak, padahal bukan campak. Karena gejala roseola dan campak sepintas sangat mirip.

Campak
Campak adalah infeksi menular yang disebabkan oleh virus dalam keluarga paramyxovirus yang biasanya ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita atau lewat udara. Virus menginfeksi saluran pernapasan dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh.
Gejalanya demam tinggi hingga 40 derajat celcius, diikuti dengan mata merah dan berair, pilek, batuk kering, lelah, serta nafsu makan yang menurun. Dua atau tiga hari setelah gejala campak awal tersebut muncul, muncul bintik-bintik putih keabuan di mulut dan tenggorokan.
Setelah itu, muncul ruam berwarna merah kecoklatan yang diawali dari sekitar telinga, kepala, leher, dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Umumnya muncul sekitar empat hari setelah gejala campak awal muncul dan dapat bertahan selama 5 hingga 6 hari. Sementara demam tinggi akibat penyakit ini biasanya akan mulai turun pada hari ketiga setelah ruam muncul.

Perbedaan Campak dan Roseola :
Pada roseola, ruam kemerahan mulai muncul tepat saat demam sudah turun, anak pun tampak sehat, normal. Pengobatan roseola hanya untuk meredakan gejalanya, yaitu saat anak mengalami demam, perbanyak minum untuk menghindari dehidrasi. Sementara pada campak, gejala awalnya bisa berupa demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan mata bisa menjadi merah dan berair. Setelah beberapa hari, ruam merah-kecoklatan muncul dan menyebar ke seluruh tubuh, yang bisa berlangsung sekitar 5 hari. Anak tetap terlihat sakit ketika ruam ini muncul, dan masih disertai demam. Pada campak juga bisa ditemukan koplik spot, yaitu titik kecil yang ada di dalam rongga mulut, di bagian pipi yang berwarna kemerahan dengan warna biru-putih ditengahnya.

Pengobatan Penyakit Campak dan Roseola :
1. Perbanyak istirahat untuk memulihkan kondisi
2. Perbanyak asupan cairan
3. Perkuat imunitas tubuh dengan konsumsi makanan maupun minuman tinggi vit C
4. Untuk mengurangi rasa gatal tetap boleh dimandikan dengan air hangat agar anak merasa nyaman dan badan menjadi bersih.
5. Batasi kontak dengan banyak orang
6. Ruam kemerahan biasanya akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu salep atau obat khusus. Namun jika dirasa mengganggu dan membuat anak merasa kurang nyaman boleh dikonsultasikan dengan DSA masing – masing.
7. Jangan lupa untuk melakukan imunisasi campak (MMR) di usia 9 bulan, ulangan di usia 2 tahun dan 6 tahun sebagai upaya pencegahan dari penyakit campak yang bisa terjadi komplikasi berat.

Nah sekarang mommies sudah tahu kan apa perbedaan penyakit campak dan roseola. Jangan lupa yah moms jaga kebersihan lingkungan sekitar agar imun anak tetap bagus, perbanyak asupan cairan dan makan anak dengan makanan bernutrisi, serta jangan lupa segera bawa ke dokter jika anak panas tinggi dan terlihat lemas. Semoga anak – anak kita selalu diberikan kesehatan yah Moms.. Amiin..

 

Source: dr Agung Zentyo Wibowo

 

Salam Hangat Penuh Cinta

Hafida

Hafida Satya Aryani

Hafida Satya Aryani

Mom of Precious Child. Full Stay at Home Mom

Related Posts