Health

Kenali Jenis Makanan Penyebab Bau Mulut agar Puasa Anda Lebih Terjaga

Kenali Jenis Makanan Penyebab Bau Mulut agar Puasa Anda Lebih Terjaga – Awal tahun 2020 hingga kini berita tentang Covid-19 masih menjadi berita terhangat di seluruh dunia, bahkan tak terasa bulan suci ramadhan yang biasanya ramai di Indonesia sedikit meredam kegembiraannya. Mudik dilarang, larangan keluar rumah pun sudah ada, sehingga keriuhan bulan ramadhan sedikit berkurang.

Awal puasa ramadhan 2020 di Indonesia ditetapkan oleh pemerintah jatuh pada hari Jumat (24/4/2020). Penetapan tersebut berdasarkan perhitungan hisab dan pemantauan hilal. Bulan ramadhan adalah bulan suci dimana umat muslim menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh dan diakhiri dengan iedul fitri. Bagaimana puasa Anda, mommies?

Selain menahan hawa nafsu, puasa juga menahan haus dan lapar. Puasa memberikan banyak efek positif dalam tubuh manusia, namun ada beberapa hal yang seringkali membuat kurang nyaman ketika berpuasa seperti bau mulut. Pernahkah Anda merasa terganggu dengan bau mulut ketika berpuasa, mommies? Penyebab bau mulut bisa dari beberapa hal, salah satu yang paling mudah dideteksi adalah jenis makanan yang dikonsumsi.

Bau mulut yang diakibatkan oleh makanan dapat kita hindari walau ada beberapa bahan makanan yang hampir mustahil untuk tidak digunakan dalam memasak. Berikut adalah jenis makanan yang dapat mengakibatkan bau mulut terutama saat berpuasa:

  • Bawang-bawangan

Bawang penyebab bau

Jenis bahan makanan yang satu ini tentu merupakan bahan makanan yang tergolong wajib kan mommies? Terutama bawang merah dan bawang putih. Sayangnya, kedua jenis bahan ini memiliki bau yang cukup tajam dan menjadi salah satu penyebab bau mulut terutama jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

  • Keju

Makanan yang berasal dari susu ini juga memberi efek bau mulut lho. Tapi sepertinya keju bukan merupakan bahan makanan wajib bagi kebanyakan orang Indonesia sehingga mudah untuk dihindari.

  • Ikan-ikanan

Jenis makanan ini pasti sudah banyak yang tahu mengenai baunya yang cukup tajam. Bahkan sebelum dimasak pun sudah tercium baunya yang khas.

  • Makanan bercitarasa pedas

Makanan pedas penyebab bau mulut

Sebagian orang Indonesia memiliki kegemaran mengonsumsi makanan pedas. Walaupun nikmat, makanan pedas dapat menjadi penyebab bau mulut Anda. Selain itu apabila mengonsumsi makanan pedas di saat puasa terutama sahur dapat menyebabkan asam lambung meningkat lho, mommies

  • Jus jeruk, soda, dan kopi

Sebagai tambahan, ketiga jenis minuman seperti jus jeruk, soda, dan kopi juga dapat menyebabkan bau mulut terutama ketika Anda berpuasa. 

Makanan dan minuman tertentu yang kita konsumsi akan masuk ke aliran darah dan dibawa ke ginjal hingga menjadi penyebab bau mulut yang tak sedap. Meskipun beberapa jenis makanan menyebabkan bau mulut, selama kita mengonsumsi dengan jumlah yang wajar dan tetap mempertahankan kesehatan mulut maka bau mulut Anda dapat diminimalisir. Semoga bermanfaat.

 

Sumber : 

Sumber gambar :

Ciptaningtyas D. A. Ikaningrum

Seorang Ibu muda yang ingin sepenuhnya membersamai anak di rumah dan menjadikan rumah sebagai tempat bermain yang menyenangkan.
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *