Ibu & Anak

Kenali Apa Itu Defisiensi Vitamin D?

Haii Mommies.. Sudah tahu kan Moms pentingnya Vitamin D bagi tubuh kita? Bukan saja bagi bayi tapi bagi orang dewasa bahkan ibu menyusui vitamin ini sangat kita butuhkan loh Moms.. Mengapa vitamin ini begitu penting sih untuk tubuh kita? Yuk Moms kita coba cari tahu soal vitamin D.

Manfaat Vitamin D :
Ini dia Moms beberapa manfaat dari Vitamin D :

1. Mengatasi Depresi

Vitamin D berperan dalam perkembangan dan fungsi otak. Ketika vitamin D di dalam tubuh seseorang tercukupi, risiko depresi bisa berkurang.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker payudara, kanker usus besar dan kanker prostat dapat dicegah dengan memenuhi aasupan vitamin D. Karena hormon aktif vitamin D yang disebut calcitriol selain mampu memperlambat perkembangan pembuluh darah baru di jaringan kanker, juga dapat mengurangi perkembangan sel kanker serta mengurangi penyebaran sel kanker.

3. Bermanfaat bagi ibu hamil

Kekurangan vitamin D pada ibu hamil berdampak janin terkena resiko rakhitis. Sebuah penelitian menunjukkan rendahnya vitamin D pada wanita hamil dapat meningkatkan resiko kehamilan seperti preeklampsia, infeksi bacterial vaginosis, diabetes gestasional, dan kelahiran premature. Namun kelebihan vitamin D pada saat hamil juga dapat meningkatkan resiko alergi pada anak.

4. Mencegah diabetes

Jika kadar vitamin D dalam tubuh terlalu rendah, hal itu bisa berdampak pada toleransi glukosa dan produksi insulin.

5. Menurunkan resiko penyakit jantung

Manfaat vitamin D lainnya adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Jika kadar vitamin D dalam tubuh rendah hal itu akan menimbulkan masalah seperti serangan jantung dan stroke.

6. Meningkatkan sistem imunitas

Sebuah penelitian menemukan kurangnya vitamin D berisiko terkena multiple sclerosis dan beberapa penyakit tiroid, penyakit Crohn, artritis hingga psoriasis.

7. Meningkatkan kekuatan tulang

Manfaat vitamin D yang paling besar adalah untuk menjaga kekuatan tulang. Vitamin D membantu proses penyerapan kalsium dari dalam makanan. Sedangkan bagi lanjut usia, vitamin D dapat mencegah tulang rapuh.
Bagi anak-anak vitamin D digunakan untuk membentuk tulang yang kuat dan mencegah terjadinya rakhitis (tulang anak menjadi lunak dan terjadi kelainan bentuk).

Sebuah penelitian menunjukkan manfaat vitamin D dan kalsium secara bersamaan akan menurunkan angka kejadian patah tulang. Vitamin D digunakan untuk penyerapan kalsium. Kalsium sendiri merupakan nutrisi utama penyusun tulang. Tanpa adanya kecukupan vitamin D menyebabkan tubuh tidak bisa membentuk hormon calsitriol yang memadai untuk menyerap kalsium dari makanan.

Gejala kekurangan Vitamin D :

1. Pada bayi : Bayi yang kekurangan vitamin D kategori berat ditandai dengan defisiensi kalsium yang dapat menyebabkan gangguan, seperti kejang, kaku otot, dan kesulitan bernapas.

2. Pada anak – anak : Anak-anak dengan defisiensi vitamin D umumnya mengalami gangguan pertumbuhan di tulang tengkorak dan kaki yang lunak. Bentuk kaki terlihat melengkung atau bengkok. Kondisi ini bisa berakibat nyeri pada tulang kaki, nyeri otot, dan melemahnya otot-otot yang disebut dengan rakhitis.

3. Pada dewasa : kekurangan vitamin D pada orang dewasa pada tingkatan yang ringan menyebabkan kelelahan, nyeri samar-samar, dan perasaan kurang sehat. Sedangkan, kekurangan vitamin D dalam kondisi berat dapat mengakibatkan osteomalacia yang ditandai dengan munculnya rasa sakit saat menahan beban berat dan melemahnya kondisi tubuh sehingga kesulitan bangun dari tempat tidur, sulit menaiki tangga, atau cara berjalan yang sempoyongan.

Sebenarnya vitamin D dianggap sebagai pro-hormon karena vitamin ini mampu diproduksi oleh tubuh manusia. Dengan bantuan sinar matahari, vitamin D yang diserap melalui kulit dibentuk di dalam tubuh.

Tiga Sumber Utama Vitamin D :

1. Sinar matahari
2. Makanan
3. Suplemen

Beberapa Makanan Tinggi Vitamin D:

1. Daging merah
2. Hati
3. Tuna
4. Salmon
5. Kuning telur.

Pencegahan Defisiensi Vitamin D :

1. Pemenuhan gizi dari makanan sehari – hari
2. Sunbathing
3. Konsumsi suplemen tambahan vitamin D
4. Jika dirasa diperlukan, konsultasikan dengan dokter ya Mommies untuk memperoleh penanganan serta dosis suplemen tambahan yang tepat disesuaikan dengan kondisi, usia, dan tingkat keparahan akibat kekurangan vitamin D.

 

Salam Hangat Penuh Cinta

 

Hafida

 

 

Ditinjau oleh: dr. Allert Noya

Hafida Satya Aryani

Hafida Satya Aryani

Mom of Precious Child. Full Stay at Home Mom

Related Posts