Mommies Daily

Kebakaran Hebat Terjadi Akibat Bocah Main Korek Api : Berikut 3 Tips Agar Anak Bijak Menghadapi Bahaya Api

Kebakaran melanda kawasan padat penduduk di daerah Taman Sari Jakarta Barat pada Minggu (6/102019) lalu. Dilansir dari antaranews.com, penyebab kebakaran diduga karena seorang bocah bermain korek api di dekat kasur rumah sehingga rumah tersebut menjadi terbakar. Api merambat cepat karena angin kencang sehingga turut membakar rumah-rumah disekitarnya. Butuh waktu kurang lebih lima jam dan 27 unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api di tempat kejadian. Kerugian akibat kebakaran ini ditaksir mencapai Rp 8 miliar.

Mommies tentu tidak ingin hal serupa terjadi kan? Nah supaya anak bijak dalam menghadapi api, berikut Mommiesharing berikan beberapa tips yang bisa dilakukan :

Jelaskan kepada Anak tentang Api dengan Bijak
Anak-anak memang memiliki rasa penasaran yang tinggi terhadap hal-hal yang ada di sekelilingnya. Karena itu, mereka cenderung ingin mencoba menyentuh atau bermain dengan hal-hal yang menarik perhatian mereka, misalnya seperti api.
Nah pada saat seperti ini mommies harus siap untuk menjelaskan dengan baik mengenai api, mulai dari fungsinya, cara yang benar untuk memakainya, hingga bahayanya. Mommies bisa menunjukkan pada anak barang-barang yang bisa menghasilkan api dan mengajarkan untuk tidak mendekati barang-barang tersebut tanpa didampingi mommies atau dads.

Awasi Buah Hati Kita
Hal selanjutnya yang harus mommies lakukan adalah mengawasi anak dengan baik saat mereka menunjukkan ketertarikan pada api. Mommies bisa mengajak mereka memasak untuk memuaskan keingintahuan mereka sambil bercerita kalau tidak boleh mendekati api saat tidak ada orangtua. Selain mampu membuat anak faham, hal ini juga dapat menggeser fokus anak dari api sebagai objek ke memasak yang merupakan fungsi dari api.

Ajak Anak Melihat Pemadam Kebakaran
Salah satu hal yang paling efektif dalam mengajarkan anak untuk tidak bermain api adalah dengan memperlihatkan profesi penanggulangan api yaitu pemadam kebakaran. Mommies bisa mengajak anak untuk menonton kartun seputar pemadam kebakaran yang sedang beraksi memadamkan api. Bila memungkinkan, mommies juga bisa mengajak anak ke acara yang berhubungan dengan penanggulangan kebakaran supaya anak bisa melihat sendiri cara bijak dalam menangani api.

Masih banyak hal lain yang dapat mommies lakukan untuk mencegah anak ketagihan bermain api. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.

Referensi :
https://www.google.com/amp/s/m.antaranews.com/amp/berita/1101324/kronologis-dugaan-bocah-main-korek-sebabkan-kebakaran-di-taman-sari

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *