Mommies Daily

Kaldu Iga Sapi – Resep Mpasi Terbaru

Assalamualaikum wr wb mommies 😁

Pernahkah mommies kebingungan membuat beef stock atau kaldu sapi yang memiliki rasa yang segar dan juga ngaldu banget rasanya? Atau ingin buat stok banyak untuk disimpan dikulkas agar lebih ringkas?

Nah kali ini saya akan bahas bagaimana cara membuat kaldu sapi dengan menggunakan iga sapi. Tetapi sebelumnya saya akan bahas apa saja yang terkandung didalam iga sapi yang sangat worth it buat si kecil ya mom.

Iga sapi atau beef ribs mengandung zat besi yang jumlahnya 480 ,7 mg/ 3 ons. Zat besi tersebut membantu memproduksi myoglobin dan tentu saja hemoglobin dalam sel darah merah.zat besi juga membantu mengikat oksigen lalu meneruskannya ke seluruh tubuh.

Penambahan sumber pangan yang kaya akan zat besi ini sangat penting bagi si kecil yang baru mulai mpasi dan hanya minum ASI untuk menghindari gejala anemia pada si kecil. Iga sapi juga mengandung protein yang tinggi yakni setara 7gr dari 3 ons iga sapi.

Selain itu kandungan kalori pada iga juga sangat tinggi dalam 100 gram iga sapi , terkandung kalori 254 kkal. Kalori dibutuhkan si kecil untuk beraktifitas agar tidak mudah lelah, lemah atau lesu. Kalori juga bisa menggerakkan sistem organ otak,paru-paru,jantung, hati dan ginjal dengan baik.

Baik mom saya akan share resep kaldu iga sapi

Bahan :

  • 500 gr iga sapi
  • 2 butir bawang bombay
  •  5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 batang daun bawang
  • 1 buah wortel, potong
  • 2 buah tomat, potong
  •  Pala bubuk secukupnya
  • Merica secukupnya (optional)
  • Olive oil secukupnya
    • 2,5 lt air

Cara Membuat :

  1. Haluskan bawang bombay,bawanh putih,bawang merah dan daun bawang.
  2. Tumis menggunakan olive oil tambahkan pala bubuk dan merica bubuk, tumis hingga wangi.
  3. Tuang air pada panci presto, masukkan iga sapi, wortel, tomat dan bumbu yang sudah ditumis.
  4. Tutup dengan rapat panci presto, masak hingga 75 menit. Diamkan hingga uap hilang kurang lebih 30 menit.
  5. Ambil daging iga yang terpisah dari tulangnya, tomat,dan wortel. Untuk baby dibawah 1th bisa diblender daging, tomat, dan wortelnya kemudian ditambahkan ke bubur tim dan diberi kuah kaldu. Sedangkan untuk toddler daging dapat dicincang lebih kecil dan kuah kaldu dapat ditambahkan dengan gula garam untuk disajikan bersama nasi hangat.
  6. Kaldu dapat disimpan didalam botol atau jar dengan masa simpan 1 minggu dikulkas ya mommies

Selamat mencoba

Marga Pristanti Pertiwi

Marga Pristanti Pertiwi

Marga Pristanti Pertiwi

I am a mother of double T who has a hobby of crocheting and cooking tries to give the best for her little family and wants to share the taste of kitchen happiness through writing ❤
Follow Me:

Related Posts